Tanda – Tanda Kiamat Menurut Islam

 Islam

tanda-tanda-kiamatMenelisik Tanda – Tanda Kiamat Menurut Islam. Sebagai hamba Tuhan yang beriman kita mesti tahu dan beriman tentang adanya hari akhir atau hari kiamat. Hari kiamat adalah hari akhir dari semua kehidupan yang ada di seluruh muka bumi. Segala apa yang ada dalam dunia akan hancur. Tidak ada satupun orang yang akan terhindar dari kiamat pada saat itu. Seperti yang sudah diketahui semua kalangan manusia bahwa kiamat itu pasti akan terjadi.

Namun dalam prakteknya, tidaklah ada satupun mahluk Tuhan yang tahu akan tanda-tanda kiamat yang akan menimpa muka bumi ini seperti yang telah disebutkan dalam Allah dalam Surat al-A’raf ayat 187. “Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat, kapankah terjadinya? Katakanlah sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat hanya ada pada sisi Tuhanku. Tiada seorang pun yang mengetahui waktu kedatangannya selain Dia.” Meskipun terjadinya kiamat adalah rahasia Allah, namun Allah juga menyampaikan beberapa tanda-tanda kiamat kepada umat manusia.

Adapun tanda-tandanya antaranya muncul Dajjal yang akan menguasai dunia dan menyesatkan umat manusia kedalam kemusyrikan dan keburukan. Kemudian, tanda-tanda lain yang muncul adalah keluarnya binatang melata yang dikenal dengan sebutan Dabatul Ardh. Tanda-tanda kiamat yang lain dalam pengetahuan Islam adalah turunnya Nabi Isa kemuka bumi serta munculnya yakjuj dan makjuj. Semua tanda-tanda kiamat tersebut sudah disampaikan oleh Nabi Muhammad kepada seluruh umat manusia agar mereka lebih mengetahui akan kiamat, sehingga mereka dapat memperbaiki hidupnya.

Pada masa sekarang banyak sekali terjadi tanda-tanda kecil kiamat yang juga dijelaskan dalam Islam, slah satu contohnya adalah banyaknya kaum laki-laki yang bergaya atau berdandan sperti layaknya wanita dan juga sebaliknya. Dengan majunya perkembangan kehidupan manusia sekarang ini, tanda-tanda kiamat itu semakin banyak muncul. Semua tanda-tanda kiamat pada dasarnya sudah disampaikan oleh Allah dan utusannya, Nabi Muhammad. Namun, apakah manusia menyadarinya ataupun tidak itulah yang menjadi masalah.

Tanda-tanda kiamat sudah sangatlah jelas, bak tertuang dalam Al-Qur’an maupun dalam hadist. Bagi umat manusia yang berfikir, maka mereka akan segera memperbaiki diri hingga pada akhirnya mereka tidak akan menemui kematiannya pada hari kiamat. Orang-orang beriman sudah pasti akan mempercayai adanya kiamat atau hari akhir, khususnya kita sebagai umat Islam yang beriman kepada Allah SWT maka sangatlah wajib untuk mempercayai adanya hari akhir. Sebagai hamba yang baik, hendaknya kita bisa bersikap lebih baik agar pada hari akhir nanti kita akan menjadi hamna Allah yang mendapt syafa’at dan terbebas dari siksa api neraka. Melakukan kewajiban dengan baik sebagai hamba Allah dan menjauhi laranganya adalah jalan terbaik agar kita terhindar dari segala azab yang pedih dari Allah dihari akhir nanti. Mematuhi perintahnya dan menjauhi larangannya adalah apa yang mesti kita tegakkan mulai dari sekarang.

Related Posts