Macam-Macam Jenis Senam Lantai & Sejarahnya + Video

Macam-Macam Jenis Senam Lantai & Sejarahnya + Video

Senam lantai mempunyai banyak gerakan yang bermanfaat bagi tubuh, agar terhindar dari cedera lakukan pemanasan dan pendinginan. Macam-macam dan jenis senam lantai dirangkum dalam pembahasan dengan beberapa runut paragraf teratur. Olahraga tidak sesimpel yang dibayangkan, ternyata olahraga ini terbagi menjadi beragam seperti berenang, senam, aerobik, yoga dan masih banyak lagi. Meskipun berbeda, namun semuanya memiliki satu tujuan yang sama, yakni membentuk dan menjaga tubuh agar selalu sehat serta bugar. Kali ini kita akan mengupas lebih dalam mengenai senam lantai. Dari namanya saja sudah terbayang bahwa gerakan senam ini dilakukan diatas lantai yang beralaskan matras atau permadani. Salah satu bagian dari rumpun senam ini juga dikenal dengan nama senam bebas. Sebab dapat dikerjakan kapan saja dan tidak menggunakan atau membawa alat bantu apapun. Berikut ulasan lebih dalamnya.

Sejarah Senam Lantai

Sejarah senam bebas ini belum diketahui secara pasti, mengingat banyak perbedaan dari berbagai sumber. Namun pada abad ke 20, senam mulai populer dan menyebar diseluruh penjuru dunia. Di masa itu perkembangan olahraga sangat maju dengan pesat, dan mempunyai banyak cabang senam. Senam bebas merupakan olahraga yang dilakukan diatas permukaan matras berukuran 12 x 1 meter. Senam ini masuk ke Indonesia pada zaman penjajahan Jepang, saat itu tentara PETA mulai memperkenalkan senam yang dulu dikenal dengan nama senam Talso. Saat tahun 1963 pertama kali digelar pertandingan kejuaraan pesta olahraga Internasional GANEFO (Games The New Amarging Force). Dan senam terus berkembang di Indonesia hingga saat ini.

 

Manfaat Senam

Sama halnya dengan olahraga lainnya, senam juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Gerakan senam ini memang tidak membutuhkan alat bantu apapun, namun tetap mengikuti aturan, karena dapat beresiko terjadinya cidera. Untuk menghindari terjadinya cidera sebelum senam harus melalui pemanasan terlebih dahulu, lalu melakukan gerakan senam dengan benar. Adapun manfaat senam lantai adalah sebagai berikut.

–      Menjaga kebugaran tubuh

Kebugaran tubuh yang prima dapat membuat badan terasa sehat, meningkatkan semangat dan tubuh kita tidak mudah capek atau pegal – pegal.

–      Kesehatan tubuh lebih terjaga

Seseorang yang rajin berolahraga biasanya tidak mudah sakit, dimana hal ini terjadi karena adanya pembakaran lemak berlebihan pada tubuh. Penumpukan lemak pada tubuh dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti kolesterol, jantung, stroke, gula, diabetes dan berbagai macam lainnya.

–      Memperbaiki bentuk tubuh

Selain fitness, ternyata senam lantai dapat berguna juga untuk memperbaiki bentuk tubuh seseorang. Tubuh yang awalnya kurang proporsional akan berubah menjadi lebih proporsional dan meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

–      Mengurangi berat badan

Manfaat ini yang paling terasa bila kita berolahraga secara teratur. Agar penurunan berat badan dapat berjalan dengan baik, selain berolahraga jangan lupa untuk menjaga pola makan anda.

–      Memperkuat tulang

Ternyata gerakan senam bebas dapat berguna untuk pencegahan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Dengan melakukan senam bebas, kita dapat terhindar dari osteoporosis karena tulang semakin kuat.

 

Peraturan Dan Macam-Macam Gerakan Senam

Sama seperti olahraga lainnya, senam bebas juga memiliki peraturan dalam berolahraga ini. Gerakan senam bagi putra dilakukan dalam waktu 90 detik, sedangkan untuk putri dilakukan dalam waktu 70 detik. Adapun macam-macam gerakan senam lantai ini adalah sebagai berikut.

  1. Rol depan

Rol depan adalah gerakan berguling kearah depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang). Terdapat dua cara bila ingin berlatih gerakan ini, cara pertama dengan guling ke depan dengan posisi awal jongkok dan kedua dengan posisi berdiri.

  1. Rol belakang

Gerakan ini sama halnya dengan rol depan, hanya saja berbalik arah dengan menggulingkan badan ke belakang, dimana posisi badan tetap harus membulat seperti kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, kepala ditundukkan hingga dagu melekat pada dada.

  1. Lompat harimau

Dari namanya berarti gerakan ini menyerupai harimau, tepatnya seperti harimau yang ingin menerkam mangsanya. Anda dapat memulai gerakan ini dengan mengambil jarak beberapa langkah dari penanda dan bersiap untuk berlari. Hampir mendekati penanda anda segera melompat dengan kedua kaki melewati penanda, jatuh ke matras dan langsung melakukan rol depan, tak ketinggalan sikap akhirnya adalah berdiri tegak.

  1. Headstand

Menjaga keseimbangan tubuh adalah satu diantara banyaknya manfaat senam bebas ini, gerakan headstand menjadi gerakan yang bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuh. Headstand adalah gerakan senam yang posisi keseimbangannya memanfaatkan kekuatan kedua lengan dan kepala (otot leher) sebagai titik tumpu. Cara melakukan senam ini diawali dengan sikap jongkok, menempatkan kedua telapak tangan dan kepala dilantai. Secara perlahan angkat badan dan kaki untuk memindahkan titik tumpu pada otot leher dan tangan, sehingga badan dan kaki berada dibagian atas.

  1. Handstand

Hand stand adalah sikap tegak dengan bertumpu pada titik kedua tangan, kedua kaki rapat dan lurus ke atas. Berbeda dengan senam lantai lainnya, hand stand sebaiknya dilakukan di atas landasan atau alas yang keras seperti lantai. Hal ini ditujukan untuk memudahkan kita dalam bertumpu bila dibandingkan melakukannya diatas matras atau kasur.

  1. Meroda

Sikap meroda hampir sama dengan hand stand, hanya terdapat perbedaan didalamnya. Bila sikap hand stand kaki dan badan harus rapat, sedangkan meroda kaki, dan tangan harus terbuka lebar dan berposisi menyamping. Gerakan selanjutnya dengan mengayunkan badan kemudian berdiri diatas tangan, menjatuhkan kaki dan berdiri tegak kembali.

  1. Loncat kangkang

Gerakan senam ini dengan cara melompati suatu alat dan bertumpu pada alat tersebut. Dalam melakukan olahraga ini dapat menggunakan peti lompat atau dengan teman yang berposisi membungkuk. Kemudian kita mengambil ancang-ancang untuk berlari, memegang tumpuan dengan kedua tangan sambil melompat.

  1. Lompat jongkok

Gerakan selanjutnya ini sama dengan lompat kangkang, yang membedakan peti loncatnya. Lompat jongkok mempunyai peti lompat yang lebih panjang dibandingkan loncat kangkang. Sehingga jarak kuda – kuda untuk berlari juga lebih jauh, sebab diperlukan dorongan lebih kuat ketika melompat.

  1. Kayang

Anda pasti sudah tidak asing dengan kayang, senam ini sangat bermanfaat untuk kelenturan badan. Kayang merupakan posisi badan bertumpu pada empat titik dalam keadaan terbalik, dengan merenggangkan perut dan panggul. Nilai dari gerakan kayang ini adalah menempatkan kaki lebih tinggi dan memberikan tekanan pada bahu serta sedikit pinggang.

Video Teknik Dasar Senam Lantai

Itulah ulasan lengkap kita mengenai sejarah, manfaat dan beragam jenis gerakan senam lantai yang dapat anda ketahui. Perlu diingat sekali lagi gerakan senam tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh kita, tapi jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum senam dan pendinginan setelahnya. Sehingga ketika melakukan senam akan terhindar dari berbagai cidera yang mungkin terjadi. Melakukan senam ini harus didampingi oleh orang terlatih dan pandai dibidangnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi anda mengenai senam, terima kasih dan salam sehat selalu.