Pengertian Belajar Mengajar dan Pembelajaran

Pengertian Belajar Mengajar dan Pembelajaran. Dalam hal dunia pendidikan kita akan terbiasa mendengar kata seperti kata belajar, mengajar dan pembelanjaran. Ketiga kata tersebut memiliki kata dasar yang sama yaitu “ajar”. Namun apakah kita tahu makna sebenarnya dari kata belajar, mengajar dan pembelanjaran. Yang pertama akan dibahas mengenai pengertian belajar. Buat kalian para pelajar ketika ditanyai apa pengertian belajar itu mungkin akan menjawab pengertian belajar dalam bahasa yang sederhana dan cenderung dalam pengertian yang sempit.

Jawabannya beragam, namun paling umum akan menjawab belajar yaitu menuntut ilmu atau ada juga yang menjawab belajar merupaka proses kita untuk mengetahui sesuatu. Jawaban tersebut memang tidak ada yang salah. Karena itu adalah pemahaman sederhana kita tentang apa itu belajar. Namun alangkah lebih baik jika kita memahami pengertian belajar menurut para ahli, diantaranya:

  • Mohammad Surya
    Belajar merupakan suatu proses usaha individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku baru secara keseluruhan sebagai hasil refleksi dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungan sekitar.
  • Wingkel
    Belajar itu merupakan salah satu proses psikologi didalam interaksi individu dengan lingkungannya yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, keterampilan dan juga sikap.
  • Ernest R. Hilgard
    Belajar adalah suatu proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja yang nantinya menimbulkan perubahan.

Dari pengertian belajar menurut 3 ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian belajar adalah suatu proses di dalam interaksi antara individu dengan lingkungannya yang nantinya akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam diri kita.

pengertian-belajar

Setelah kita mengetahui pengertian dari belajar, kita akan beralih ke pengertian mengajar. Mengajar menurut Tyson dan Caroll adalah suatu proses hubungan timbal balik yang terjadi antara guru dan siswa yang menuntuk keduanya untuk aktif dalam melakukan proses belajar. Berbeda dengan Tordif yang berpendapat bahwa mengajar adalah perbuatan yang dilakukan seorang pendidik yang dalam hal ini adalah guru dengan tujuan untuk membantu siswa dalam memudahkan proses belajar. Dari kedua pengertian mengenai mengajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa mengajar adalah aktivitas dimana seorang guru mengajarkan sesuatu pada siswanya. Tapi saat ini muncul konsep baru tentang mengajar yaitu bagaimana seorang pengajar dapat membina siswanya tentang bagaimana belajar, berfikir dan menyelidiki sesuatu.

Setelah mengetahui pengertian dari belajar dan mengajar, selanjutnya kita akan mempelajar pengertian dari pembelajaran. Oemar malik dalam Sanjaya(2008:6) mendefinisikan pembelajaran sebagai suatu kombinasi terorganisir yang didalamnya meliputi unsur-unsur manusiawi, material, perlengkapan dan prosedural yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi dapat dipahami bahwa pembelajaran adalah kegiatan belajar mengajar yang didalamnya menuntut interaksi antara siswa dan guru yang melibatkan keterampilan kognitif(penguasaan ilmu dan keahiran) dan potensi untuk menciptakan kondisi aktif.

Didalam proses pembelajaran itu sudah mencakup proses belajar dan mengajar. Dapat dikatakan pula jika pemeblajaran itu merupakan kombinasi antara proses belajar dan mengajar.

Demikian lah artikel tentang “Pengertian Belajar Mengajar dan Pembelajaran”