Intip Yuk 8 Negara Terkaya Di Dunia, Indonesia Keberapa ya?

 Pernik

Negara terkaya di dunia semua mempunyai sumber kekayaan dan gaya masing-masing untuk memperkuat perekonomian. Dalam dunia ini, kita terbagi dari berbagai belahan dunia dengan keragaman yang berbeda. Bukan sekedar beragam dalam masyarakatnya saja, namun juga berbeda dari sumber kekayaannya. Mengurutkan negara terkaya di dunia memang bukan perkara mudah, semua harus ditentukan berdasarkan indikator dan peringkat GDP Perkapita atau pendapatan Nasional Bruto Perkapita yang dihasilkan oleh suatu negara setiap tahunnya. Secara teori, GDP (Gross Domestic Product) atau pendapatan nasional bruto per capita merupakan sebuah tolak ukur yang dapat digunakan dalam menentukan tingkat pendapatan nasional sebuah negara. Ingin tahu urutan negara terkaya? Simak lebih lanjut.

Daftar Negara Terkaya
  1. Luksemburg

Pada urutan pertama data dari bank dunia, Luksemburg menjadi negara terkaya dengan pendapatan domestik bruto per kapita sebesar US$ 110.664,8 atau setara dengan 1.438.642.400 per tahun (nilai tukar rupiah 14.000 per US$). Dapat disimpulkan bahwa negara dengan luas sekitar 2.586 kilometer ini setiap penduduknya memiliki pendapatan 1 milyar per tahunnya dan mampu mendistribusikan pendapatan negara secara baik ke setiap penduduknya. Selain pendapatan nasional terbesar, dari segi perekonomian negara ini juga memiliki tingkat inflasi rendah dan pengangguran yang rendah juga. Dan dari sektor industri, mayoritas di dominasi oleh industri karet, baja dan lainnya.

  1. Norwegia

Bagian utara Norwegia dikenal dengan nama Tanah Matahari Tengah Malam, karena berlokasi di ujung paling utara bumi. Jangan heran bila anda berada disana saat musim panas matahari tidak akan pernah tenggelam dan di musim dingin matahari tidak akan pernah muncul sama sekali. Negara yang berada di semenanjung skandinavia ini menempati urutan kedua negara terkaya di dunia. Semua berdasarkan GDP per kapita sebesar US$ 102.832 atau setara dengan Rp. 1.336.816.000 per tahunnya. Mempunyai kemampuan pendapatan ini disebabkan karena perekonomian yang stabil. Norwegia memiliki dataran yang sebagian besar didominasi oleh pegunungan yang indah untuk dilihat.

  1. Qatar

Kemunculan Qatar di urutan negara terkaya cukup mengagetkan banyak pihak, setelah tujuh negara memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Qatar ialah salah satu negara dikawasan Timur Tengah yang berada di semenanjung kecil Jazirah Arab. Awalnya perekonomian Qatar difokuskan pada perikanan dan mutiara, namun industri mutiara ini jatuh karena muncul budidaya mutiara oleh jepang. Transformasi ekonomi terjadi pada masa penemuan keberadaan minyak bumi yang melimpah. Tercatat pendapatan GDP per kapita masyarakat Qatar mencapai US$ 93,714.1 bila dikurs dalam rupiah sebesar Rp. 1.218.283.300 dengan jumlah penduduk mencapai 2 juta jiwa. Pemasukan utama Qatar sendiri adalah eksport minyak dan gas bumi.

  1. Singapura

Daftar negara terkaya di dunia ternyata datang dari Negara tetangga kita Singapura dengan negara berpenghasilan besar setiap tahunnya. Melihat negara tetangga ini, memang sudah tidak diragukan lagi sebagai negara termaju ditingkat Asia tenggara. Singapura berhasil menunjukkan bahwa negara kecil mampu menjadi negara berpenghasilan besar seperti Luksembrug. Destinasi wisata Singapura selalu ramai pengunjung dari berbagai wisatawan luar negara. Tercatat pendapatan GDP per kapita Singapura mencapai US$ 82,763 bila dikonversi ke mata uang rupiah sekitar 1,1 miliar per tahunnya.

  1. Kuwait

Kawasan Timur Tengah kembali berada di tangga atas, negara berbentuk monarki tersebut memiliki pendapatan yang fantastis setiap tahunnya. Beberapa tahun ini penduduk Kuwait mampu membangun perekonomian kuat bagi negaranya. Minyak bumi melimpah menjadi eksplorasi utama negeri ini, sekitar 95% ekspor minyak bumi menjadikan Kuwait negara kaya. Tercatat bahwa Kuwait memiliki cadangan minyak 10% dari total kebutuhan minyak dunia. kekayaan Kuwait bahkan dapat disejajarkan dengan negara Timur Tengah yang kaya lainnya seperti Arab dan Qatar. Pendapatan per kapita negara ini ditahun 2016 lalu sebesar US$ 73,246 atau dalam mata uang rupiah berkisar 975 juta setiap tahunnya. Kekayaan negara yang juga menjadi kekayaan rakyat tersebut membuat penduduk Kuwait makmur dan semakin maju.

  1. Brunei Darussalam

Negara tetangga dengan luas wilayah kecil ini menempati urutan selanjutnya sebagai negara berpenghasilan besar. Menjadi satu dengan pulau Kalimantan, Brunei memiliki pemerintahan yang sangat kuat. Hasil alam yang melimpah membuat Brunei mampu bersaing, minyak mentah dan gas alam menjadi ekspor terbesar yang mampu menguatkan negara ini. Pada tahun 2016, pendapatan perkapita penduduknya meraih US$ 71,185 yang setara dengan 947 juta per tahun. Brunei dikenal dengan negara yang tenang dan sangat jarang diberitakan. Membuat Brunei semakin fokus dalam mengembangkan hasil bumi mereka. Kewirausahaan asing dan domestik, regulasi serta langkah-langkah kesejahteraan pemerintah dan tradisi negara juga menjadi faktor menguatnya perekonomian Brunei Darussalam.

  1. Uni Emirat Arab

Arab sudah dikenal dengan kekayaannya yang luar biasa, dan menjadi negara paling kaya di dunia sebagai negara penghasil minyak terbesar. Mempunyai luas 83.600 km2 dengan jumlah penduduk lebih dari 9,2 juta jiwa dan berpenghasilan besar, menjadikan Arab sebagai negara lebih maju dibandingkan Timur Tengah lainnya. Selain dari sektor hasil alam, Arab juga mengembangkan ekonominya dari sektor wisata. Pembangunan infrastruktur terus berkembang dan membuat negara semakin maju. Sektor wisata seperti banyaknya pulau buatan juga memberikan daya tarik tersendiri. Dapat kita lihat Dubai sebagai salah satu kota termaju di dunia menjadi bagian dari Uni Emirat Arab. Bahkan penghasilan dari sektor telekomunikasi dan pelayanan saja mampu menghasilkan pendapatan sekitar US$ 67,674 atau setara dengan mata uang rupiah sebanyak 946 juta.

  1. Swiss

Swiss berbatasan dengan negara Prancis, Jerman, austria dan Italia. Berbatasan dengan beberapa negara tetangga, membuat Swiss mempunyai empat bahasa resmi yakni Prancis, Jerman, Italia dan Romansh. Meskipun wilayahnya terdiri dari pegunungan alpen, tapi Swiss mampu menjadi 9 besar negara terkaya di dunia. Negara ini sangat terkenal dengan kualitas jam tangannya, jam tangan keluaran Swiss selalu menjadi bahan rebutan semua pecinta jam dari seluruh penjuru dunia. Selain itu Swiss juga menjadi pusat investasi dan pusat perbankan terbaik di dunia. Dalam bidang ekonomi Swiss juga melakukan ekspor bahan kimia dan mesin industri. Hal tersebut membuat pendapatan negara semakin kuat dan mencapai US$ 57,235.

  1. Amerika Serikat

Siapa yang tidak mengenal negara adidaya tersebut, negara ini dari masa ke masa selalu masuk menjadi negara kaya. Negara berjuluk Paman Sam ini merupakan negara dengan perekonomian termaju di dunia. Meskipun negara padat penduduk yakni 310 juta jiwa, buktinya Amerika mampu menjadi negara yang maju serta kuat. Hasil perekonomian bersumber dari sumber daya alam melimpah, infrastruktur maju dan produktivitas tinggi. Industri perfilman pun tak luput dari sorotan seperti Hollywood. Pendapatan per kapita penduduk disana sebesar USD 54,630 atau setara dengan 760 juta per tahun.

118. Indonesia

Itulah sederet urutan negara terkaya di dunia yang telah anda simak, semua negara mempunyai style dan usaha masing – masing untuk memperkuat perekonomian negara mereka sendiri. Lalu negara kita berada di urutan berapa? Indonesia berada di urutan 118 dengan GDP per kapita sebesar US$ 3,475 artinya setiap tahun berkisar 45 juta dan setiap bulannya rata-rata 3,7 juta. Apakah gaji kalian mencapai 3,7 juta? Atau masih kurang? Minta atasan atau bos kalian untuk menaikkannya hehe.

Related Posts