Manajemen Sumber Daya Manusia

 Edukasi

Sumber Daya ManusiaIstilah manajemen sumber daya manusia biasa disingkat dengan MSDM. Konsep Manajemen sumber daya manusia ini terbilang baru untuk diperbincangkan. Mungkin sekiar tahun 2000an baru dimunculkan. Banyak para ahli yang mulai mendefinisikan manajemen sumber daya manusia, sehingga muncul beragam pengertian dari MSDM.

Adapun beberapa ahli yang mencoba mendefinisikan manajemen sumber daya manusia, diantaranya:

1. Drs.Malayu S.P.Hasibuan
Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu atau seni yang mengatur hubungan serta peranan dari tenaga agar bisa efektif dan efisien dalam membantu mewujudkan tujuan perusahaan.
2. Mathis dan Jackson
Manajemen sumber daya manusia adalah rancangan sistem yang lebih bersifat formal dalam sebuah organisasi yang berfungsi untuk memastikan penggunaan potensi yang ada pada diri manusia secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan organisasi itu sendiri.
3. A.F. Stoner
Manajemen sumber daya manusia adalah prosedur atau cara yang dilakukan secara berkelanjutan dengan tujuan untuk memasok orang-orang yang tepat atau berkompeten pada suatu posisi jabatan dimana organisasi tersebut membutuhkannya.

Dari beberapa pengertian MSDM menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia adalah bagaiman mengatur penggunaan potensi yang ada pada manusia tersebut secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan dari suatu organisasi atau perusahaan. Adapun tujuan utama dari adanya manajemen sumber daya manusia menurut Schuler dalam Edy Sutrisno(2010:8) yaitu memperbaiki tingkat produktivitas dan kualitas kerja serta meyakinkan suatu organisasi dalam memenuhi aspek-aspek legal. Selain tujuan utama, MSDM ini juga memiliki tujuan umum yaitu memastikan organisasi tersebut dapat mencapai keberhasilannya.

Henry Simamora menjabarkan tujuan adanya MSDM ini dalam 4 aspek yaitu:

· Sosial, bertanggug jawab secara sosial pada kebutuhan masyarakat dan juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat
· Organisasional , memiliki sasaran formal yang dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuannya
· Fungsional, mempertahankan peran dari sumber daya manusia pada tahapan yang sesuai dengna kebutuhan organisasi tersebut.
· Pribadi, mencapai tujuan dari seseorang itu sendiri melalui kegiata yang dilakukannya dalam sebuah organisasi.

Menurut Mathis dan Jackson, dalam manajemen sumber daya manusia ada sekitar tujuh aktifitas. Pertama adalah perencanaan dan analisis sumber daya manusia. Melalui perencanaan, nantinya para manajerdapat mengantisipasi hal-hal yang berpengaruh pada tuntutan karyawan. Kedua adalah kesetaraan kesempatan kerja yang dapat berpengaruh pada aktifitas sumber daya manusia lainnya. Ketiga, pengangkatan pegawai yang bertujuan memberikan persediaan yang cukup bagi individu yang berkompeten dalam mengisi lowongan pekerjaan.

Keempat yaitu pengembangan sumber daya manusia yang berorientasi pada perekrutna karyawan baru yang meliputi ketrampilan pekerjaan. Kelima, yaitu pemberian kompensasi dan tunjangan sebagai apresiasi keberhasilan karyawan. Keenam, pemberian jaminan kesehatan, keselamatan dan keamanan pada karyawan. Ketujuh adalah penanganan hubungan karyawan dan buruh secara efektif demi kesuksesan bersama.

Semoga artikel ” Manajemen Sumber Daya Manusia” bermanfaat.

Related Posts