5 Fungsi Manajemen + Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

5 Fungsi Manajemen + Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi baik itu besar atau kecil pasti memerlukan manajemen untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut. Apabila sistem manajemen tersusun dengan baik dan berjalan sesuai dengan prosedur, kemudian dari masing – masing penanggung jawab dapat melaksanakan manajemen organisasi maka organisasi tersebut pun akan berkembang pesat dan mengalami kemajuan. Adanya manajemen dalam organisasi tersebut memiliki banyak fungsi bagi organisasi tersebut. Adapun fungsi manajemen tersebut berguna untuk sebagai acuan perusahaan atau organisasi khususnya manajer agar cita – cita atau tujuan dari perusahaan atau organisasi dapat tercapai.

Pengertian Manajemen

Bagi perusahaan yang telah tertata dan tersusun rapi organisasinya, pasti sudah tidak asing tentang manajemen. Namun bagi organisasi kecil – kecilan mungkin istilah manajemen masing – masing sedikit kurang dimengerti. Apa itu manajemen ?

Banyak orang berbeda dalam mendefinisikan arti manajemen itu sendiri, namun memiliki arti fungsi manajemen yang sama. Sebenarnya kata manajemen merupakan kata serapan dari kata management yaitu sebuah kata dari bahasa Perancis Kuno yang berarti seni atau tehnik dalam melaksanakan dan mengatur sesuatu. Dalam ilmu organisasi ada beberapa pengertian manajemen berdasarkan pendapat dari pakar. Diantara pengertian tersebut adalah :

  1. Pendapat Ricky W. Griffin

Manajemen menurut pendapat dari Ricky W. Griffin adalah sebuah proses dari suatu perencanaan, pengorganisasian, pengawasan sumber daya sehingga sasaran dan tujuan dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Efektif berarti sasaran dan tujuan dapat dicapai sesuai berdasarkan apa yang direncanakan. Kemudian efisien maksudnya dalam sebuah manajemen tentunya ada pembagian tugas, dan tugas tersebut telah dikerjakan sesuai prosedur yang direncanakan.

  1. Pendapat Marry Parker Follet

Manajemen menurut pendapat Marry Parker Follet adalah dalam melaksanakan pekerjaan digunakan sebuah tehnik atau seni yaitu meminta bantuan atau bekerja sama dengan orang lain. Sehingga untuk mencapai tujuan dan fungsi manajemen, seorang manajer perusahaan tidak hanya melakukannya sendiri namun dibantu oleh orang lain yang cara kerjanya diaturdan diawasi oleh manajer tersebut sehingga sasaran dan tujuan dari pekerjaan dapat dicapai dengan waktu yang telah ditargetkan.

  1. Pendapat G. R. Terry

Pengertian manajemen menurut G. R. Terry adalah suatu pekerjaan yang melibatkan beberapa orang yang membentuk suatu kelompok dengan sistem pengorganisasian di mana di dalam pengorganisasian ini terdapat kerangka kerja, bimbingan agar tujuan organisasi tersebut dapat tercapai dan berjalan lancar.

Pengertian Fungsi Manajemen

Sebuah organisasi atau perusahaan tentunya memiliki fungsi manajemen yang digunakan sebagai seni atau tehnik untuk mencapai tujuan dan cita – cita organisasi atau perusahaan tersebut. Apabila masing – masing fungsi manajemen tersebut telah berjalan lancar dan dikerjakan oleh masing – masing penanggung jawab dengan baik otomatis dapat dipastikan organisasi atau perusahaan tersebut akan cepat mencapai tujuan yang diharapkan. Kemudian apa itu yang dimaksud dengan fungsi manajemen ?

Pengertian fungsi manajemen adalah unsur dasar yang harus ada dalam suatu perusahaan atau organisasi yang menjadi acuan seorang manajer atau pemimpin agar tujuan dan cita – cita suatu organisasi atau perusahaan tersebut dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.Dalam sistem manajemen, setiap orang atau individu yang terlibat dalam organisasi tersebut akan menerapkan fungsi manajemen yang mengandung unsur – unsur pembelajaran bagaimana upaya agar apa yang di cita – citakan atau suatu organisasi benar – benar tercapai dan mendatangkan manfaat.

 

Macam – Macam Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen memiliki peran penting bagi berlangsungnya suatu organisasi atau pun perusahaan. Fungsi manajemen merupakan kunci keberhasilan sebuah organisasi atau perusahaan. Apabila fungsi manajemen telah dapat terlaksana dengan baik dan tanggung jawab oleh masing – masing individu yang terlibat di dalamnya, besar kemungkinan organisasi atau perusahaan tersebut akan berhasil dalam meraih tujuan. Adapun dalam sebuah organisasi terdapat 5 fungsi manajemen yang dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. Lima fungsi manajemen tersebut adalah planning atau perencanaan, organizing atau pengorganisasian, directing atau pengarahan, coordinating atau pengkoordinasian dan controlling atau pengawasan.

  1. Fungsi manajemen planning atau perencanaan

Fungsi manajemen yang pertama adalah planning atau perencanaan. Perencanaan dalam fungsi manajemen berarti membuat program – program yang akan dilaksanakan dalam waktu yang akan datang. Tentu saja program – program tersebut harus diimbangi dengan perencanaan langkah atau cara agar organisasi dapat mencapai sasaran dan tujuan. Selain itu, dalam fungsi manajemen perencanaan juga harus dicari mengenai besar kecilnya resiko dan hambatan dalam mewujudkan perencanaan tersebut. Dalam perencanaan, seorang manajer harus benar – benar memiliki arah visi misi yang jelas tentang organisasi yang dikelolanya.

  1. Fungsi manajemen organizing atau pengorganisasian

Organizing atau pengorganisasian merupakan fungsi dari manajemen yang kedua. Dalam melaksanakan tugas seorang manajer pastinya tidak dapat dikerjakan sendiri, seorang manajer akan melibatkan banyak individu yang dipercaya untuk membantu tugasnya. Namun di dalam melaksanakan tugas – tugas tersebut juga harus didukung oleh perencanaan yang matang dan fasilitas yang memadai. Ketiga komponen suatu organisasi tersebut harus berjalan selaras dan saling mendukung agar tujuan bersama dalam organisasi dapat tercapai.

  1. Fungsi manajemen directing atau pengarahan

Fungsi manajemen yang berikutnya adalah directing atau pengarahan. Dalam sebuah organisasi pasti melibatkan kerjasama antar pemimpin atau manajer dengan individu bawahan – bawahannya yang mana dalam dalam melaksanakan tugas yang diberikan harus sesuai dengan arahan dan bimbingan dari pemimpin atau manajer yang telah membuat perencanaan yang matang dan telah mempertimbangkan segala resiko dan hambatan yang mungkin terjadi. Oleh karena itu penting sekali adanya pengarahan sehingga tujuan dan cita – cita bersama dapat segera terwujud.

  1. Fungsi manajemen coordinating atau pengkoordinasian

Setelah perencanan yang matang, adanya kerjasama yang bagus dalam masing – masing individu organisasi dan pengarahan yang bijak, maka adanya pengkoordinasian dalam suatu organisasi sangat dibutuhkan. Hal ini untuk menciptakan kesinkronan dalam melaksanakan masing – masing tugas dalam organisasi yang telah dibina. Pengkoordinasian memang merupakan hal yang paling penting dalam organisasi, karena pengkoordinasian menjadi sarana penghubung antar fungsi manajemen yang satu dengan fungsi manajemen yang lain. Diharapkan dengan adanya pengkoordinasian maka apapun permasalahan dari organisasi dapat dipecahkan bersama.Sehingga tujuan, target dan sasaran serta manfaat dari suatu organisasi dapat diwujudkan bersama.

  1. Fungsi manajemen controlling atau pengawasan

Fungsi manajemen yang terakhir adalah controlling atau pengawasan. Dalam sebuah organisasi tentunya pengawasan memiliki peranan yang cukup penting untuk mewujudkan cita – cita bersama. Setelah organisasi memiliki sistem koordinasi yang bagus, maka dalam pelaksanaan tugas tersebut tentunya memerlukan pengawasan agar tugas dapat terselesaikan dengan hasil yang baik dan benar. Dengan pengawasan sebagai fungsi manajemen diharapkan bentuk penyimpangan tugas dan hambatan dapat segera teratasi, dan seorang manajer beserta bawahanya tersebut dapat mengkoreksi kekurangan kemudian membenahinya sehingga apa yang diinginkan dalam suatu organisasi dapat segera terwujud.

Apabila semua anggota organisasi baik pemimpin atau manajer maupun individu – individu bawahannya mengetahui, memahami dan menerapkan fungsi manajemen, maka besar kemungkinan organisasi yang dibinanya akan berkembang cukup baik dan selalu mengalami kemajuan ke arah yang lebih baik. Cita – cita bersama dalam organisasi pun dapat terwujud dengan segera dan hasil yang memuaskan.