Definisi Organisasi Dalam Pandangan Mahasiswa

Definisi OrganisasiDefinisi Organisasi Dalam Pandangan Mahasiswa. Organisasi adalah suatu wadah yang menampung lebih dari satu orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Sebenarnya organisasi-organisasi tidak hanya berada pada tingkat dimana seorang siswa berubah menjadi sebutan mahasiswa. Pada tingkat SMP dan juga SMA terdapat juga organisasi seperti OSIS, namun mengapa pada tingkat menjadi mahasiswa organisasi menjadi hal yang penting?

Berawal dari menjadi mahasiswa, maka menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mudah, mahasiswa tidak sama lagi dengan pelajar biasa. dan pada saat menjadi mahasiswa, rasa social yang tinggi harus lebih diterapkan, dan mahasiswa harus lebih peka terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitar, utamanya pada masyarakat kalangan menengah ke bawah. Pada tingkat mahasiswa, organisasi di kampus tidak hanya menjadi wadah pembelajaran, namun mahasiswa dilatih untuk lebih mandiri dan berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Ketika berada pada tingkatan ini, organisasi tidak bisa dilepaskan dari peran mahasiswa. Bahkan peran organisasi sangat penting untuk mahasiswa, namun ternyata semakin berkembangnya zaman, semakin sedikit pula mahasiswa yang sadar akan perannya dan melupakan organisasi. Bahkan saat ini organisasi dianggap sebagai suatu hal yang tidak penting dan hanya mengganggu pelajaran kuliah saja, sehingga hanya sedikit mahasiswa yang mau masuk dalam sebuah organisasi dan kemudian banyak mahasiswa yang menjadi mahasiswa apatis. Beda halnya dengan mahasiswa yang peduli dan mau mengikuti organisasi yang ada di kampus.

Di dalam organisasi, mental seorang mahasiswa akan diuji dan tentunya seorang mahasiswa yang sering ikut campur dalam dunia organisasi akan memiliki mental yang kuat. Selain itu dalam sebuah organisasi tentunya ada banyak orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut dan akan banyak pendapat yang berbeda, sehingga disinilah tantangan bagaimana menghadapi orang-orang yang ada disekitar. Dalam kehidupan kampus, dikenal sebuah sebutan yakni organisasi mahasiswa. Organisasi mahasiswa adalah organisasi yang anggotanya berisikan mahasiswa.

Dan dalam organisasi mahasiswa, organisasi dibagi menjadi dua lagi, yaitu organisasi internal kampus dan organisasi eksternal kampus. Organisasi internal kampus lebih memberikan sarana kepada mahasiswa sebagai pengembangan diri ke arah perluasan wawasan dan menyiapkan mahasiswa untuk siap turun langsung berhadapan dengan masyarakat di masa mendatang. . Pada faktanya memang di dalam catatan sejarah tidak ada yang menuliskan sebuah kampus atau universitas maju karena organisasi yang ada didalamnya.

Jika diartikan dari fakta tersebut bahwa sebenarnya sebuah organisasi tidak memiliki peran penting dalam kemajuan suatu universitas. Terang saja banyak yang menolak terhadap pendapat ini. dan tentunya jika hanya ungkapan pendapat yang menolak argument tersebut, itu tidak ada artinya. Sehingga butuh pembuktian dan usaha nyata dan menunjukkan bahwa argumen tersebut tidaklah benar.

Terima kasih telah membaca “Definisi Organisasi Dalam Pandangan Mahasiswa”.