9 Contoh Surat Resmi Yang Baik & Benar Sesuai EYD

9 Contoh Surat Resmi Yang Baik & Benar Sesuai EYD

Dalam dunia arsiparis, surat dikatakan resmi apa bila berhubungan dengan kedinasan atau kelembagaan. Hubungan itu bisa dilakukan dari lembaga kepada lembaga. Misalnya lembaga pemerintah mengirimkan surat kepada lembaga swasta yang lain mengenai kegiatan tertentu. Kegiatan tersebut dapat juga dilakukan oleh lembaga tertentu kepada perorangan. Contohnya adalah lembaga pemerintah mengundang seseorang untuk menghadiri acara tertentu, atau perusahaan memanggil pelamar kerja untuk mengikuti tes interview, dan konteks yang lainnya. Konteks tersebut bisa jadi sebaliknya, perorangan mengirimkan surat lamaran kerja. Ini adalah yang paling sering dilakukan dimana banyak para pencari kerja di Indonesia yang gencar mengirimkan surat lamaran. Surat itu harus memenuhi persyaratan resmi dalam penulisan surat. Mereka yang membuat surat, harus mengetahui tentang pembuatan surat dalam bentuk baku. Lebih baik mempelajari contoh surat resmi sebelum membuat dan mengirimkan surat agar hasil surat dipastikan baik dan benar.contoh-surat-resmi

Pembuatan surat itu harus memenuhi konteks bahasa Indonesia dengan standar EYD. Dari segi kata-kata lebih baik yang sering dipakai dalam surat-menyurat. Sesuai dengan KBBI lebih baik. Kata yang digunakan harus sopan dan tidak berbelit-belit . Susunan bahasa harus ditandai dengan tanda baca yang tepat. Pada dasarnya, tanda baca merefleksikan cara untuk membaca.

Ejaan dan tanda baca yang salah dapat mempengaruhi makna dalam surat. Penyusunan kalimatnya harus logis dan menarik. Ini artinya, dalam dunia resmi tidak ada maksud tersembunyi di balik kata-kata pada surat tersebut. Itu hanya menghasilkan makna yang ambigu sehingga pembaca menafsirkan makna yang salah. Susunannya dikemas dalam bentuk ringkas, jelas, dan eksplisit. Tidak perlu anda memperpanjang tulisan seperti bercerita.

Formasi surat yang formal dimana-mana sama. Itu harus dilengkapi dengan kepala surat, tanggal, nomor, lampiran, perihal, dan alamat pada bagian atas surat. Itu menunjukkan bahwa surat memiliki kelengkapan atribut yang lengkap. Dari segi konten, paragraf terdiri dari salam pembuka, paragraf pembuka, paragraf isi, paragraf penutup dan salam penutup. Itu adalah pokok dari surat. Pada bagian itu, terdapat modifikasi struktur sesuai dengan kebutuhan dan tujuan surat. Untuk atribut akhir, surat harus dilengkapi dengan jabatan tanda tangan, tembusan, dan nama jelas. Itu semua merupakan susunan formasi surat pada umumnya.

Dengan mengacu pada contoh surat resmi di atas, sudah dipastikan surat akan diterima oleh pihak manapun. Itu semua adalah syarat baku dan tidak boleh ditinggalkan. Selebihnya, anda harus selalu selektif dan berhati-hati dalam membuat surat. Sudah banyak terjadi pegawai diberhentikan karena surat yang dibuat salah. Sudah banyak pelamar tidak diterima karena surat tidak memenuhi kriteria perusahaan. Penting sekali untuk disimak dan dipelajarai mengenai pengetahuan membuat surat formal. Maka dari itu, contoh surat di atas sangat memberikan informasi dan menginspirasi anda untuk membuat karya surat formal yang lebih baik.

Seperti Apa Surat Resmi yang Baik dan Benar?

Surat resmi sering kita jumpai dalam berbagai kesempatan. Apalagi saat kita bekerja atau terikat pada instansi resmi seperti instansi pendidikan, sekolah, intansi pekerjaan, maupun organisasi resmi lainnya. Walaupun penggunaan surat menyurat sudah jarang dilakukan karena orang lebih suka menggunakan aplikasi chatting secara real time, namun hal-hal yang bersangkutan dengan instansi resmi tetap menggunakan surat resmi dalam berbagai hal.

Surat resmi biasa digunakan untuk memberikan informasi atau pemberitahuan , permohonan, petunjuk,kesepakatan, lampiran bahkan undangan kepada antar instansi lain ataupun dari instansi kepada perseorangan. Penggunaan surat resmi ini bertujuan untuk menghormati penerima dan juga terkesan lebih sopan dibandingkan dengan surat biasa. Surat resmi biasanya ditulis sedemikian rupa baik karena surat tersebut mewakili citra dari sebuah instansi.

Selain penggunaannya yang bersifat formal , surat resmi memberikan kesan profesional, resmi dan keabsahannya pun lebih terjamin. Selain itu,penggunaan struktur surat yang lebih terorganisir dan bahasanya pun lebih formal, tertata rapi dan baik sesuai kaidah bahasa indonesia atau EYD yang benar. Memberikan perintah, pemberitahuan bahkan undangan menggunakan surat resmi kepada pihak terkait penerima pun akan lebih senang dan merasa dihormati dan dihargai bahkan tersanjung.

Surat resmi sendiri biasanya di lengkapi dengan kop surat dari instansi terkait, nomor surat, salam pembuka dan penutup, bahkan tandatangannya pun disertai dengan cap dari instansi terkait. Surat resmi biasanya ditulis secara lugas dan tidak bertele-tele dan tentunya tidak menggunakan bahasa sehari-hari yang santai dan terkesan tidak sopan.

Untuk struktur penulisan surat resmi dari tiap instansi berbeda-beda meski begitu penggunaan bahasa dan strukturnya hampir sama. Ada beberapa macam surat resmi diantaranya surat dinas biasanya berkaitan dengan surat resmi sekolah, maupun instansi pemerintahan, surat kesepakatan antar instansi, surat perjanjian, hingga surat rujukan atau permohonan dari lembaga / instansi sebuah perusahaan. Namun pada intinya surat resmi tersebut memiliki ciri-ciri yang hampir sama. Bagian yang tidak kalah penting adalah kesan profesional yang ditimbulkan dari surat resmi.

Begitu pentingnya surat resmi bagi nilai atau citra sebuah instansi pada instansi atau kepada pihak lainnya. Membuat kita mestinya tahu cara menggunakan serta menulis surat resmi. Jangan lupa juga gunakan bahasa resmi yang formal sesuai kaidah bahasa yang benar supaya lebih sopan dan resmi.

Karena sebuah profesional atau nilai instansi banyak ditentukan dari bagaimana cara mereka berkomunikasi terhadap pihak lain. Komunikasi sangat beerpengaruh dalam membangun citra intansi yang baik.Oleh karena itu, komunikasi menggunakan surat resmi harusnya mengandung hal yang resmi dengan menggunakan bahasa resmi dan struktur yang resmi pula. Demikian sedikit ulasan dan contoh surat resmi semoga dapat bermanfaat.

Selanjutnya:┬áContoh Cv – Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja Super Kreatif