12 Contoh Recount Text: Pengertan, Ciri-Ciri, Struktur DLL

Bahasan kita kali ini mengenai contoh recount text dan pemaparan lainnya. Istilah recount sebenarnya berasal dari bahasa Perancis, counter, yang mempunyai dua arti yaitu menghitung ulang serta menceritakan sebuah cerita. Jadi, bagi anda yang bingung karena seringkali mendengar kata recount yang digunakan untuk istilah bahasa Inggris dalam pengitungan ulang suara pemilu, dan juga dipakai dalam salah satu materi dari pelajaran bahasa Inggris khususnya materi genre of text, maka anda tidak perlu merasa bingung lagi. Hal ini karena memang istilah recount digunakan untuk kedua arti tersebut. Untuk membedakannya, anda cukup melihat tema pembicaraan atau konteksnya. Dalam artikel ini, recount yang akan dibahas lebih mengarah pada salah satu jenis teks. Untuk memahami jenis teks tersebut, tentunya contoh recount text akan sangat membantu, namun ada baiknya jika kita mengetahui beberapa informasi dasar tentang teks recount terlebih dahulu.

Contoh recount text: tujuan teks recount

Tujuan komunikatif dari teks recount yaitu untuk menceritakan kejadian atau pengalaman serta peristiwa yang telah terjadi di masa lampu secara berurutan atau secara kronologis untuk tujuan entertain atau menghibur para pembaca atau pendengarnya.

Contoh recount text: generic structure/struktur umum teks recount

Sama halnya dengan jenis teks yang lain, recount juga mempunyai beberapa bagian penting. Bagian-bagian tersebut antara lain:

     Orientation: di bagian ini, para penulis akan memulai atau membuka suatu cerita dengan mengenalkan beberapa latar belakang informasi yang dapat menjawab beberapa pertanyaan seperti kapan dan dimana peristiwa atau kejadian yang diceritakan dalam teks tersebut terjadi di masa lampau.

     Events: Bagian yang selanjutnya dinamakan events. Setelah menceritakan identitas atau latar belakang pelaku, setting waktu, dan tempatnya, di bagian ini berulah para penulis biasanya mulai menceritakan jalannya peristiwa secara kronologis atau urut.

     Reorientation: Bagian yang satu ini adalah bagian terakhir dari struktur teks recount. Banyak orang yang menjelaskan bahwa bagian ini berhubungan erat dengan rangkuman yang berisi pengulangan di bagian orientation. Namun bagi sebagian yang lain, reorientation diartikan sebagai bagian conclusion atau kesimpulan atau penutup yang mengekspresikan pendapat pribadi para penulis tentang peristiwa atau pengalaman yang sudah diceritakan di bagian sebelumnya. Contohnya, jika teks recount berisi tentang pengalaman pribadi penulis saat berlibur, maka di bagian reorientation, sang penulis tersebut akan menyimpulkan kesan tentang liburannya yaitu ingin pergi lagi ke tempat tersebut karena mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Contoh recount text: ciri-ciri teks recount

Agar lebih mudah untuk mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk contoh singkat recount text atau tidak, anda bisa mengenalinya dari ciri-ciri yang dimiliki oleh teks recount. Ciri-ciri tersebut antara lain:

     Mempunyai judul yang merangkum atau mewakili isi teks.

     Karena recount teks menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman yang sudah terjadi di masa lampau, maka teks yang satu ini selalu menggunakan past tense. Dalam bahasa Inggris biasanya ditandai dengan beberapa keterangan waktu seperti bulan lalu (last month), minggu lalu (last week), dan lain sebagainya.

     Karena peristiwa diceritakan secara kronologis atau berurutan, maka teks recount sering menggunakan beberapa kata sambung yang dapat menghubungkan peristiwa-peristiwa dalam waktu. Dalam bahasa Inggris, kata sambung tersebut antara lain, first, before, after, then, when, later, as next, dan lain sebagainya.

     Teks recount biasanya menceritakan atau menggambarkan peristiwa tertentu. Sehingga, banyak menggunakan kata kerja atau verb, kata keterangan atau adverb yang dapat menggambarkan secara lebih rinci dan detail tentang bagaimana kata kerja dilakukan.

Mengenal jenis-jenis contoh recount text

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teks recount merupakan salah satu jenis teks yang ada dalam bahasa Inggris yang menceritakan kembali tentang pengalaman-pengalaman atau kejadian-kejadian di masa lampau. Dalam contoh recount text, kita bisa menyimpulkan bahwa teks recount bertujuan untuk menghibur para pembaca atau memberikan informasi sehingga tidak terdapat konflik didalamnya.

Perlu diketahui bahwa teks recount mempunyai beberapa jenis. Contoh macam-macam recount text antara lain:

     Personal recount

Seperti namanya, jenis teks recount yang satu ini menceritakan kembali tentang pengalaman pribadi yang dialami oleh sang penulis.

     Factual recount

Jenis teks recount selanjutnya disebut dengan factual recount yang merupakan laporan peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi. Contoh dari factural recount yaitu laporan kepolisian, laporan percobaan ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

     Imaginative

Jenis teks recount yang satu ini cukup mirip dengan naratif karena menggunakan imajinasi. Namun, imaginative recount yaitu membuat cerita yang bersifat imaginative kemudian menuliskan kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi.

Contoh recount text: ciri kebahasaan pada teks recount

Ketika membaca teks recount, anda akan menemukan beberapa ciri kebahasaan. Ciri-ciri tersebut yaitu:

     Menggunakan kalimat dengan bentuk past tense karena menceritakan peristiwa yang sudah terjadi. Seperti yang kita tahu, past tense merupakan salah satu aturan grammar dalam bahasa inggris yang digunakan untuk menceritakan sesuatu yang terjadi di masa lampau.

     Menggunakan action verbs. Dalam bahasa Inggris, contoh dari action verb diantaranya slept, wrote, bought, went, dan lain sebagainya. Action verb merupakan kata kerja yang berupa action atau mengerjakan (melakukan) sesuatu.

     Menggunakan adverbial phrase dan adverbs. Keduanya digunakan untuk mengungkapkan cara, tempat, dan juga waktu. Contohnya dalam bahasa Inggris yaitu quickly, at school, yesterday, dan lainnya.

     Menggunakan time connectives dan conjunction. Keduanya digunakan untuk mengurutkan kejadian atau peristiwa. Contohnya after, that, and, but, dan masih banyak lainnya.

Mungkin sebagian dari pembaca masih bingung perbedaan antara teks naratif dan teks recount. Keduanya memang jenis teks narasi. Pada dasarnya, teks narasi adalah salah satu jenis teks yang menceritakan cerita di masa lalu. Agar bisa memahami lebih jauh tentang teks recount, sebaiknya anda sering membaca contoh recount text baik dalam contoh singkat atau cerita panjang. Di samping itu, di dalam teks recount tidak terdapat complication atau komplikasi seperti yang ada di teks naratif karena tujuan dari teks recount adalah menghibur ataupun memberikan informasi kepada para pembacanya tanpa ada konflik. Ini juga merupakan salah satu yang membedakan keduanya.

Silahkan Simak Beberapa Contoh Recount Text (Tentang Pengalaman DLL) Dibawah ini :

⭐⭐⭐⭐⭐

⭐⭐⭐⭐⭐

⭐⭐⭐⭐⭐

⭐⭐⭐⭐⭐

⭐⭐⭐⭐⭐

⭐⭐⭐⭐⭐

⭐⭐⭐⭐⭐

⭐⭐⭐⭐⭐

⭐⭐⭐⭐⭐

⭐⭐⭐⭐⭐

⭐⭐⭐⭐⭐

Teks recount memang salah satu sub materi penting yang ada di dalam bahasa Inggris dan seringkali digunakan sebagai salah satu jenis soal yang ada di beberapa ujian baik ujian nasional ataupun ujian sekolah. Teks recount tidak terdapat dalam materi bahasa Indonesia meskipun pelajaran tersebut juga berisi tentang bagaimana cara menjelaskan atau menceritakan peristiwa atau kejadian di masa lampau. Dengan mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan yang digunakan dalam contoh recount text, anda akan terbiasa dan lebih memahami bahwa suatu teks disebut sebagai recount jika memenuhi unsur-unsur kebahasaan yang mengikutinya. Selain ciri-ciri kebahasaan, anda juga harus fokus terhadap tujuan teks. Untuk poin yang satu ini perlu dianalisis secara teliti karena hampir mirip dengan teks narrative. Jika anda menemukan dua teks yang sama-sama menceritakan peristiwa masa lampau, tinjaulah isi ceritanya. Jika tidak ada konflik di dalamnya, maka teks tersebut termasuk recount.