Contoh Descriptive Text, Pengertian Dan Ciri-Cirinya

Contoh descriptive text akan membantu kamu untuk membuat jenis teks ini dengan lebih mudah. Simak pula macam dan ciri teks untuk tambahan pengetahuan. Dalam pembelajaran bahasa, tentu kita akan melihat beberapa jenis kalimat atau paragraph. Biasanya, jenis-jenis kalimat tersebut akan di gunakan dengan tujuan yang berbeda sebagai salah satu alat komunikasi sebagaimana fungsi bahasa secara umum. Nah, salah satu jenis teks atau kalimat yang seringkali di gunakan dalam pembelajaran bahasa adalah teks deskriptif atau descriptive text. Seperti namanya, descriptive text secara umum berfungsi to describe something. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa detail dan juga contoh descriptive text agar kamu bisa membuat teks dengan baik dan benar.

Pengertian Teks Deskripsi

Untuk bagian awal, kita harus mengenal apa itu teks deskripsi. Pengetahuan awal ini sangat penting untuk bekal saat kita ingin belajar lebih lanjut mengenai jenis teks yang satu ini. Lantas, apa pengertian descriptive text tersebut? Sebagaimana sudah di singgung sebelumnya bahwa teks deskripsi berfungsi untuk mendeskripsikan atau menjelaskan suatu objek. Nah, dengan tujuan singkat tersebut, dapat di lihat bahwa teks deskripsi adalah suatu teks atau paragraph yang di dalamnya terdapat beberapa penjelasan mengenai objek, tempat, alat, benda, dan lain sebagainya. Teks deskripsi ini di sajikan kepada pembaca agar para pembaca mendapatkan informasi yang mereka butuhkan terkait objek yang sedang di amati.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Nah, setelah membahas tentang pengertian dari teks deskripsi, kita akan melihat bagaimana sih ciri dari jenis teks yang satu ini. Dengan mengetahui ciri dari teks deskripsi, tentu saja kamu akan menjadi lebih mudah untuk membuat teks sebagaimana yang kamu inginkan untuk menggambarkan suatu objek yang kamu pilih. Berikut ada beberapa ciri dari teks deskripsi yang sebaiknya kamu tahu dan hafalkan!

  • teks deskripsi berisi tentang penggambaran atau penjelasan dari suatu objek yang sudah kamu pilih; tidak terbatas pada salah satu objek
  • penggambaran atau penjelasan dari suatu objek tersebut di tulis secara detail. Hal ini berarti penjelasan tersebut akan memberikan informasi yang cukup mengenai suatu objek kepada pembaca sehingga mereka akan memahami seluk beluk terkait objek yang di jelaskan.
  • teks deskripsi akan membuat pembaca merasakan kehadiran objek yang ia baca. Dalam hal ini, pembaca seolah-olah melihat, merasakan atau mengalami secara langsung hal-hal yang di tuliskan dalam sebuah teks deskripsi tersebut.
  • teks deskripsi berisi paragraph dan kata-kata yang menjurus pada penjelasan yang mendetail, seperti bentuk, warna, bahan, atau hal lain. Semakin detail, tentu teks akan semakin baik dan mudah di mengerti oleh para pembaca.

Contoh Descriptive Text Beserta Artinya :

Struktur dalam teks deskripsi

Saat kita belajar ilmu bahasa, tentu saja salah satu hal yang tidak bisa di pisahkan adalah pembahasan mengenai struktur bahasa. Nah, dalam hal ini, karena stuktur merupakan hal penting, sebelum melihat contoh descriptive text, akan lebih baik jika kita membahas tentang struktur yang ada di dalam sebuah teks deskripsi. Setidaknya, ada beberapa struktur yang harus ada saat kamu hendak membuat sebuah teks deskripsi. Nah, apa saja bagian strukturnya?

  • Identifikasi. Pada bagian ini, teks berisi tentang penentuan dari identitas objek yang hendak di bahas. Identifikasi objek secara menyeluruh agar teks yang di sajikan menyajikan sebuah informasi yang lengkap dan mudah di pahami.
  • Klasifikasi. Bagian struktur dari teks deskripsi yang kedua adalah klasifikasi. Nah, stuktur dari teks deskripsi ini berisi tentang unsur penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok. Unsur tersebut di susun berdasarkan kaidah atau standar yang tentu sudah di tetapkan sebelumnya.
  • Deskripsi. Bagian ketiga adalah deskripsi. Nah, bagian ini berisi tentang gambaran atau pemaparan dari objek atau topik yang di angkat dalam pembahasan teks deskripsi. Bagian ini tentu merupakan bagian yang paling penting karena berisi tentang informasi-informasi yang di butuhkan.

Jenis Teks Deskripsi

Secara umum, teks deskripsi di bedakan dan di kembangkan menjadi tiga jenis teks. Tentu saja, ketiga jenis teks deskripsi ini memiliki detail yang sedikit berbeda dan struktur yang berbeda pula. Nah, dengan memahami jenis teks deskripsi tersebut, tentu saja penulis akan menjadi lebih mudah untuk menyampaikan isi teks yang hendak mereka tulis. Ketiga jenis teks deskripsi yang harus di ketahui adalah teks deskripsi spatial, subjektif dan juga objektif. Simak pembahasan beberapa teks tersebut di bawah ini.

  • Teks deskripsi subjektif

Jenis teks deskripsi subjektif adalah suatu teks deskripsi yang dalam penggambaran suatu objek yang sudah di pilih, di dasarkan atas pendapat, kesan, pemikiran atau hal lain yang di miliki oleh penulis paragraph tersebut secara langsung.

  • Teks deskripsi spatial

Bentuk kedua dari teks deskripsi adalah teks deskripsi spatial. Nah, apa arti dari jenis teks yang satu ini? Teks deskripsi spatial merupakan jenis teks deskripsi yang cukup spesifik dalam pembahasan. Jenis teks ini fokus membahas objek hanya berupa benda, tempat, ruang, dan hal lainnya.

  • Teks deskripsi objektif

Diantara jenis teks deskripsi yang ada, nampaknya jenis teks deskripsi objektif memiliki range yang sangat luas dan juga lebar. Nah, seperti namanya, dasar dari jenis teks ini adalah objektivitas. Dalam hal ini, penggambaran objek teks deskripsi di lakukan sesuai dengan keadaan objek sebenarnya tanpa ada opini dari penulis yang di landaskan pada pendapat subjektif. Nah, dengan teks jenis ini, pembaca akan membayangkan sendiri keadaan objek yang di tuliskan tersebut. Teks ini cenderung lebih banyak di gunakan dalam teks deskripsi.

Contoh Teks Deskripsi Berdasar Jenis

Setelah membahas beberapa pengertian, jenis dan hal lain sebagainya, di bawah ini kita akan melihat beberapa contoh descriptive text yang di bedakan menurut jenis dari teks tersebut. Klasifikasi ini tentu saja akan membantu kamu untuk mengidentifikasi jenis teks deskripsi yang hendak di buat.

  • contoh teks deskripsi subjektif

Warung kopi bersaudara adalah salah satu warung kopi yang baru berdiri di daerah Yogyakarta. Warung kopi ini menggunakan konsep desa dalam furniture dan tata letaknya. Namun, jangan salah, suasana desa yang di bangun akan membuat pelanggan merasa nyaman dan seolah berada di rumah sendiri. Selain itu, beragam variasi kopi jawa yang tersedia akan memanjakan lidah bagi penikmat kopi. Harganya pun tergolong standar untuk warung kopi yang menjual kopi murni.

  • contoh teks deskripsi spatial

Ruangan ini menjadi tempat yang paling istimewa bagiku. Luasnya memang tidak terlalu luas, hanya 4 meter persegi. Namun, di dalamnya terdapat rak-rak yang menyimpan buku koleksiku. Buku-buku tersebut berjejer secara rapi dengan aroma kertas yang khas. Warna sampul buku seolah menjadi ide dekorasi yang unik dan menarik.

  • contoh teks deskripsi objektif

Arsenal adalah tim sepakbola di Inggris. Klub ini memiliki sejarah yang panjang dan banyak pemain bintang di hasilkan darinya. Henry dan Patrick Viera adalah salah satu dari beberapa pemain bintang.

Nah, beberapa hal mengenai descriptive text di atas dapat menjadi acuan. Simak beberapa contoh descriptive text dan buatlah teks deskripsi yang kamu suka.