Arti Pancasila dan Fungsinya

Arti PancasilaArti Pancasila dan Fungsinya (13/05). Pancasila adalah suatu hal yang sangat sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti ‘Panca : lima’ dan ‘sila : dasar/asas’, sehingga Pancasila berarti lima dasar/asas. Arti mendasar yang dimiliki Pancasila juga telah dijelaskan secara detail di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Dengan arti yang dimiliki Pancasila, fungsi yang dimilikinya pun tidak hanya satu, sebagai dasar negara dan sebagai ideologi bangsa. Pancasila sebagai dasar negara berfungsi sebagai pandangan hidup dan perjanjian luhur bangsa, ciri khas jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia dan sebagai sumber hukum.

Pancasila sebagai pandangan hidup dan perjanjian luhur bangsa menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa demi mencapai kesejahteraan hidup bagi seluruh warga negara Indonesia yang memiliki keanekaragaman suku, budaya, agama dan kepercayaan. Selain itu Pancasila sebagai dasar negara yang berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum, dimana segala peraturan yang berlaku bersumber dan berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Dengan adanya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, membuat bangsa ini mampu berdiri kokoh dan mampu menjalankan struktur pemerintahan dengan jelas sesuai dengan arah yang akan dituju.

Pondasi kenegaraan yang kokoh menjaga berkembangan bangsa agar tidak terombang-ambing dengan adanya perkembangan dan tantangan dari berbagai aspek yang datang secara terus menerus. Sehingga bangsa ini mampu mencapai cita-cita dan tujuan awalnya untuk menciptakan kondisi masyarakat yang adil dan makmur di segala bidang. Sedangkan fungsi Pancasila sebagai ideologi bangsa yang berupa ide/cara berpikir yang berlandaskan kepada nilai-nilai dan lima asas yang dimiliki Pancasila. Pancasila sebagai ideologi bangsa sangat mempengaruhi tindak perbuatan, pola pikir serta tata cara pengambilan keputusan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, yang bersifat dinamis, terbuka dan selalu menyesuaikan pelaksanaannya dengan kondisi yang ada.

Pancasila sebagai ideologi bangsa juga selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia serta teknologi yang selalu berkembang dari tahun ke tahun, yang harus tetap selaras dengan nilai-nilai dasar ideologi Pancasila. Dalam perkembangan dan pelaksanaannya, ideologi Pancasila mengatur beberapa ruang lingkup kehidupan yang memiliki hubungan dengan norma bermasyarakat, serta pola/cara berpikir yang realistis dan idealis.

Pancasila sebagai ideologi bangsa juga menjadi dasar pola pikir yang realistis dan idealis menjadikan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara memiliki tolak ukur realita kehidupan yang berjalan sesuai aturan dan menjadi cermin dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa adalah pilihan yang selaras dengan kehidupan bangsa Indonesia, karena Pancasila mampu mengatasi keanekaragaman kultur dan budaya masyarakat Indonesia dan memiliki toleransi terhadap perbedaan yang ada. Selain itu Pancasila tidak menghapus atau menghilangkan perbedaan kultur dan budaya yang ada, akan tetapi menyatukan semuanya menjadi satu kesatuan.