Teori Evolusi dan Bukti Terjadinya

Teori evolusiTeori Evolusi dan Bukti Terjadinya Evolusi(15/05). Saat menempuh pendidikan di jenjang sekolah, apakah saat di bangku SD, SMP ataupun SMA, kita pasti pernah mendengar kata ‘evolusi’ yang kita dapatkan dalam ilmu pendidikan.

Evolusi yang kita ketahui biasanya mencakup pada evolusi yang terjadi pada makhluk hidup dan berlangsung dalam tempo waktu yang lama, hingga berjuta-juta tahun yang dirangkum dalam teori evolusi. Evolusi sendiri merupakan proses perubahan yang terjadi pada suatu makhluk hidup. Perubahan yang terjadi ini berlangsung secara bertahap-tahap hingga kondisi yang komplek dalam kurun waktu yang sangat lama.

Evolusi yang terjadi juga dapat berlangsung dari satu generasi hingga sampai pada beberapa generasi berikutnya, yang mencakup perubahan gen, kondisi fisik dan cara bertahan hidup. Beberapa ahli menyatakan perubahan pada evolusi disebabkan oleh adanya mutasi dan proses adaptasi pada suatu makhluk hidup. Teori evolusi yang menjelaskan mengenai proses yang terjadi pernah dikemukakan oleh beberapa ahli. Teori evolusi yang paling terkenal adalah teori evolusi Darwin. Pada teori ini, dikemukakan bahwa evolusi terjadi sebagai akibat dari terjadinya proses seleksi alam dimana, makhluk hidup yang paling kuatlah yang mampu bertahan hidup dan terus tumbuh dan berkembang biak menghasilkan generasi-generasi berikutnya.

Selain itu, teori evolusi ini juga menjelaskan, suatu makhluk hidup berkembang biak dengan cara reproduksi dan itu menjalankan proses tersebut dibutuhkan energi yang berasal dari sumber makanan dan ruang gerak untuk hidup. Sifat-sifat dan ciri khas yang dimiliki suatu makhluk hidup diwariskan kepada generasi berikutnya secara mendetail, dan dalam perkembangannya terdapat kemungkinan sifat dan ciri khas yang diwariskan tersebut mengalami perubahan/mutasi. Teori evolusi lain yang pernah dikemukakan pada ahli adalah penjelasan mengenai evolusi dipengaruhi oleh kondisi alam dan lingkungan di sekitar tempat tinggal, yang membawa efek perubahan pada kondisi fisik suatu makhluk hidup.

teori-evolusi-2016Perubahan kondisi fisik yang terjadi berupa perkembangan hingga batas maksimal kepada organ-organ tubuh yang berperan penting dan sering digunakan. Sedangkan organ atau bagian tubuh lainnya yang jarang digunakan akan mengalami perubahan fungsi atau hilang sama sekali. Teori evolusi juga menjelaskan bahwa proses evolusi yang terjadi juga dipengaruhi oleh perubahan yang terjadi pada struktur daratan dan lautan. Adanya beberapa bagian belahan bumi yang mengalami penurunan permukaan air laut, menyebabkan makhluk hidup yang ada pada daerah tersebut harus mengalami evolusi agar mampu menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan baru dengan permukaan air laut yang lebih rendah.

Sedangkan pada beberapa bagian belahan bumi yang mengalami kenaikan permukaan air laut, makhluk hidup yang tinggal pada daerah tersebut harus mampu menyesuaikan diri untuk tinggal di perairan. Setelah mengetahui teori evolusi yang menjelaskan bagaimana proses evolusi itu terjadi, kita memiliki pertanyaan mengenai apa bukti yang bisa menjelaskan adanya proses evolusi tersebut. Bukti akan terjadinya proses evolusi bisa kita ketahui dari adanya penemuan fosil-fosil makhluk hidup yang berumur jutaan tahun dan adanya bagian-bagian tubuh yang tersisa dan berbeda dengan makhluk hidup yang serupa pada jaman sekarang.