Teori Darwin dan Penyangkalannya

 Edukasi

Teori DarwinTeori Darwin dan Penyangkalan Terhadap Teorinya (19/05). Dalam dunia pendidikan tentu saja kita pernah mendengar mengenai teori evolusi makhluk hidup dengan teori evolusi yang paling terkenal adalah teori evolusi yang dikemukakan oleh Charles Darwin. Teori evolusi ini dikenal dengan nama teori Darwin. Siapakah Charles Darwin? Charles Darwin adalah seorang berkebangsaan Inggris asli yang mengemukakan teori evolusi, dimana evolusi itu dipengaruhi oleh perubahan gen dan garis keturunan dan proses terjadinya terjadi melalui seleksi alam.

Teori Darwin kini dipelajari di dalam ilmu pengetahuan Biologi. Dalam teori Darwinnya, Charles Darwin menyebutkan mengenai evolusi. Apakah pengertian dari evolusi tersebut? Evolusi adalah proses perubahan yang terjadi pada suatu atau ekosistem makhluk hidup,dimana perubahan yang terjadi berlangsung dalam beberapa tahap dan membutuhkan jangka waktu yang sangat lama. Jangka waktu yang dibutuhkan ini bisa mencapai jutaan tahun lamanya. Evolusi juga dapat berlangsung dari satu generasi hingga ke beberapa generasi berikutnya, yang mencakup perubahan komposisi DNA, struktur gen, kondisi fisik dan cara makhluk hidup tersebut bertahan hidup.

Proses mutasi dan adaptasi juga diperkirakan mempengaruhi proses evolusi. Teori evolusi Darwin yang dikemukakan oleh Charles Darwin menjelaskan mengenai proses evolusi tersebut terjadi sebagai akibat dari terjadinya proses seleksi alam dimana makhluk hidup yang paling kuatlah yang mampu bertahan hidup, untuk terus tumbuh dan berkembang biak hingga menghasilkan generasi-generasi berikutnya. Proses berkembang biak yang ada pada evolusi suatu makhluk hidup menurut teori Darwin adalah dengan reproduksi. Dan untuk melakukan proses reproduksi tersebut dibutuhkan energi yang dihasilkan dari makanan, serta ruang hidup untuk bergerak dan berkembang biak.

Teori Darwin juga menyatakan bahwa sifat dan ciri khas yang dimiliki suatu makhluk hidup diwariskan kepada generasi berikutnya secara mendetail melalui gen dan dalam perkembangannya terdapat kemungkinan sifat dan ciri khas yang diwariskan tersebut mengalami mutasi sebagian atau keseluruhan. Sehingga dari teori yang disampaikannya, Charles Darwin menyimpulkan bahwa makhluk hidup yang ada dan berkembang di jaman sekarang adalah berasal dari makhluk hidp yang ada dan hidup dari jaman sebelumnya/dahulu kala.

Meskipun teori Darwin adalah teori evolusi yang paling terkenal dan dinilai berbagai pihak sebagai satu-satunya teori evolusi yang dapat diterima dengan logika, masih ada beberapa pihak dan ahli ilmu pengetahuan yang meragukan dan menyangkal teori Darwin ini. Penyangkalan tersebut datang dari pihak yang memiliki kepercayaan bahwa teori Darwin ini tidak memiliki bukti ilmiah yang kiat, dan makhluk hidup yang ada saat ini tidak memiliki hubungan dengan makhluk hidup dari jaman sebelumnya, alias makhluk baru yang diciptakan oleh penciptanya. Selain itu penyangkalan terhadap teori Darwin ini juga menyatakan bahwa makhluk hidup yang pernah ada tidak pernah mengalami perubahan atau mutasi gen ataupun secara fisik.

Related Posts