9 Teknik Dasar Dalam Sepak Bola (Disertai Video)

9 Teknik Dasar Dalam Sepak Bola (Disertai Video)

Teknik dasar sepak bola merupakan suatu kemampuan atau skill yang semestinya dipelajari dengan benar dan tutorial kali ini lengkap dengan video yang membuat anda mudah mengikuti instruksinya. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan melakukan olahraga, maka seseorang akan memilih tubuh yang sehat. Salah jenis olahraga yang terkenal di dunia ini adalah sepak bola. Olahraga yang satu ini merupakan jenis permainan yang mengandalkan kerjasama tim. Dalam permainan sepak bola ini, suatu tim dinyatakan menang jika mampu mencetak gol ke gawang tim lawan lebih banyak. Untuk dapat bermain sepak bola dengan baik, maka seorang pemain harus menguasai teknik dasar sepak bola. Dengan menguasai teknik dasar bermain sepak bola, maka kan memudahkan pemain tersebut untuk membantu tim memenangkan pertandingan sepak bola.


 

Teknik Dasar dalam Bermain Sepak Bola

Dalam sebuah permainan sepak bola, skill atau kemampuan seorang pemain merupakan suatu hal yang pokok. Selain kerjasama tim yang solid, setiap pemain harus mampu menguasai teknik dasar permainan sepak bola dengan baik. Dengan kemampuan setiap individu dalam menguasai teknik dasar permainan sepak bola dengan baik dan benar, maka akan lebih memudahkan tim untuk mencetak gol. Berikut ini beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus dikuasai oleh setiap pemain.

  1. Menendang Bola

Salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain sepak bola adalah menendang bola. Seorang pemain bola harus dapat menendang bola dengan baik. Dengan kemampuan menendang bola yang baik dari setiap individu dalam sebuah tim, maka akan mempermudah sebuah tim untuk memenangkan suatu pertandingan. dalam menendang bola ini, seorang pemain dapat melakukan dalam beberapa. Berikut ini cara – cara menendang bola.

Cara menendang bola yang pertama adalah dengan menggunakan kaki bagian dalam. Salah satu teknik menendang bola yang satu ini banyak dilakukan oleh para pemain. Dalam melakukan tendangan dengan menggunakan kaki bagian dalam ini, seorang pemain bola harus memposisikan tubuhnya untuk sedikit condong ke belakang, sehingga kan lebih mudah untuk mengarahkan bola tepat ke sasaran.

Cara yang kedua adalah menendang dengan kaki bagian luar. Menendang bola dengan kaki bagian luar ini biasanya dilakukan untuk jarak tendangan yang dekat. Teknik menendang bola dengan kaki bagian luar ini dapat digunakan untuk mengoper bola kepada rekan satu tim.

Teknik berikutnya dalam menendang bola adalah dengan menggunakan punggung kaki. Cara menendang bola dengan punggung kaki ini akan menghasilkan jarak tendangan yang jauh. Teknik dasar sepak bola ini juga dapat untuk mengoper bola kepada rekan yang jauh.

  1. Menggiring Bola

Teknik berikutnya dalam permainan sepak bola adalah menggiring bola atau sering disebut dengan dribbling. Menggiring bola atau dribbling adalah sebuah gerakan dengan membawa bola yang bertujuan untuk menuju daerah lawan. Kemampuan dalam menggiring bola wajib dikuasai oleh seorang pemain. Dribbling berguna saat seorang pemain tidak mendapat teman yang dapat dioperi bola atau jika pemain lain dioperi bola, maka pemain tersebut terjebak dalam posisi off side. Berdasarkan situasi, menggiring bola ini terbagi atas dua macam, yaitu speed dribling dan closed dribbling.

Speed dribbling merupakan salah satu cara menggiring bola. Cara melakukan speed dribbling ini yaitu dengan menendang bola jauh kedepan, kemudian pemain tersebut mengejar. Teknik menggiring bola yang satu ini sangat cocok digunakan ketikamembawa bola yang berada jauh dengan pemain lawan.

Cara menggiring bola yang kedua adalah dengan closed dribbling.Teknik dasar sepak bola yan  satu ini dilakukan jika kita berada dekat dengan pemain lawan. Dalam melakukan teknik yang satu ini, seorang pemain harus mengontrol bola agar selalu dekat dengan kaki. Jarak maksimal bola dengan kaki maksimal 1 meter. saat melakukan teknik ini, pemain dituntut agar mampu menjaga bola supaya tidak direbut oleh pemain lawan.

  1. Menghentikan Bola

Teknik dasar dalam sebuah permainan sepak bola berikutnya adalah menghentikan bola. Menghentikan bola merupakan sebuah cara yang digunakan pemain untuk mengontrol laju bola.Selain hal tersebut, menghentikan bola juga bertujuan untuk mengatur tempo permainan, merubah arah laju bola, dan untuk mengontrol bola sebelum melakukan umpan.

Untuk menghentikan laju bola ini terdapat berbagai macam cara. Adapun cara tersebut antara lain dengan menggunakan dada, perut, paha, kaki bagian dalam, kaki bagian luar, punggung kaki, dan telapak kaki. Untuk menghentikan bola yang melaju datar di tanah lapangan, pemain dapat menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, punggung kaki, dan telapak kaki. Sedangkan untuk bola yang melaju di udara, para pemain sepak bola dapat menggunakan perut, dada, dan paha. Dengan demikian, maka kesebelas pemain sepakbola harus menguasai teknik yang satu ini.

  1. Memberikan Umpan

Memberikan umpan merupakan salah satu jenis teknik dasar bermain sepak bola. Dalam istilah permainan sepak bola, memberikan umpan sering disebut dengan passing. Selain di tuntut mampu untuk dribbling, seorang pemain juga harus mampu untuk memberikan umpan kepada rekan satu tim yang tidak dijaga dengan ketat oleh lawan. Dengan kemampuan passing yang baik, maka akan memudahkan tim untuk menjebol gawang lawan.

Untuk melakukan passing ini terdapat tiga cara, yaitu dengan menggunakan punggung kaki, kaki bagian dalam, dan kaki bagian luar. Teknik mengumpan dengan punggung kaki digunakan untuk passing jarak jauh dan laju bola pun agak deras, sehingga pemain yang diberi umpan harus mengejarnya secepat mungkin.

Cara memberikan umpan berikutnya yaitu dengan memakai kaki bagian dalam. Teknik passing yang satu ini sangat cocok untuk jarak yang dekat antar pemain. Laju bola untuk teknik umpan ini tidak begitu deras. Sedangkan teknik yang ketiga yaitu dengan kaki bagian luar. Cara ini untuk memberikan umpan kepada pemain lain yang jarak agak dekat.

  1. Menyundul Bola

Teknik dasar sepak bola yang tidak kalah penting adalah menyundul bola. Dalam sebuah permainan sepak bola, menyundul bola atau sering disebut heading ini memiliki peran yang penting. Saat pertandingan sepak bola, menyundul bola mempunyai fungsi, yaitu untuk membuat gol, mengoper kepada teman, atau untuk mematahkan suatu serangan dari tim lawan. Saat melakukan heading ini, pemain sepak bola biasanya menggunakan dahi. Dengan menyundul bola menggunakan dahi, maka seorang pemain mampu mengarahkan bola dengan tepat.

  1. Merebut Bola (Intercepting)

Salah satu teknik permainan sepak bola yang satu ini berguna untuk menghalau atau mematahkan serangan lawan. Untuk dapat merebut bola dari kaki pemain lain, seorang pemain bola harus mampu membaca arah gerak lawan dan bola yang ia bawa. Dalam melakukan intercepting ini,pemain dapat langsung menghadang dari laju bola ataupun melakukan gerak tipu dalam merebut bola.

  1. Sliding Tackle

Sliding tackle merupakan salah satu teknik sapuan untuk merebut bola dari kaki lawan. Teknik yang satu ini sangat berisiko jika tidak dilakukan dengan pemain. Pemain yang melakukan sliding tackle yang tidak benar dapat membuahkan tendangan bebas atau pemain tersebut akan mendapatkan kartu kuning bahkan lebih buruknya mendapat kartu merah.

  1. Lemparan Kedalam

Teknik dasar pemain bola selanjutnya adalah lemparan kedalam. Lemparan kedalam dilakukan apabila bola keluar dari lapangan permainan. Untuk melakukan teknik ini, seorang pemain harus tetap menapakkan kedua kakinya di tanah saat melempar bola kedalam lapangan.

  1. Menangkap Bola

Menangkap bola merupakan salah satu teknik dasar sepak bola khusus untuk penjaga gawang. Dalam sebuah permainan sepak bola, hanya penjaga gawang yang diperkenankan untuk menyentuh bola saat permainan berlangsung. Dengan kemampuan menangkap bola yang baik, maka seorang kipper akan bisa menjaga gawang nya dari kemasukan gol.