Bagaimanakah Sejarah Sepak Bola Yang Ada Di Dunia?

 Edukasi

Sebelum membahas jauh tentang sejarah sepak bola, ada baiknya kita mengetahui tentang konsep sepak bola terlebih dahulu. Pada dasarnya, sepak bola terdiri dari dua buah kata, yaitu sepak dan bola. Menyepak atau sepak sendiri dapat diartikan sebagai menendang yang menggunakan kaki dan bola berarti alat dalam permainan yang mempunyai bentuk membulat dan terbuat dari material atau bahanbaku berupa kulit, karet, dan sejenisnya.

Di dalam konsep permainan sepak bola, suatu bola akan ditendang atau disepak oleh para pemainnya kesana kemari. Dengan kata lain, sepak bola merupakan suatu jenis permainan yang dimainkan dengan cara menyepak atau menendang bola kesana kemari serta dilakukan oleh para pemain dengan target atau sasaran berupa gawang serta bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam gawang pihak lawan main. Sepak bola merupakan suatu permainan yang dimainkan dan dijalankan dalam sebuah tim atau regu dimana setiap tim terdiri dari 11 orang, termasuk juga 1 orang sebagai penjaga gawang atau biasa di sebut sebagai kiper. Permainan yang satu ini membutuhkan ketrampilan khususnya pada gerak tungkai dan kaki. Sedangkan untuk si penjaga gawang, ia diperbolehkan menggunakan tangannya selama berada di area gawang yang dijaga. Namun jika sudah keluar area gawang, maka ia tidak boleh memegang bola dan jika hal tersebut terjadi, maka hal tersebut termasuk pelanggaran.

Permainan sepak bola mempunyai tujuan untuk mencetak gol atau memasukkan bola ke gawang lawan. Selain itu, para pemain harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga gawangnya sendiri supaya tidak terjadi adanya gol di gawangnya. Permainan sebaik bola dimainkan dengan dua babak atau sesi permainan. Setiap babak memiliki waktu 45 menit. Terdapat waktu istirahat setelah babak pertama berakhir yaitu selama 10 menit. Salah satu tim akan keluar sebagai pemenang bila berhasil mencetak suatu gol ke dalam gawang pihak lawan yang memiliki selisih nilai gol yang lebih tinggi.

Sejarah sepak bola dunia

Berbicara tentang sejarah permainan sepak bola, dimulai ketika masuk pada peradaban Romawi kuno, China, serta Yunani. Permainan dilakukan dengan menggiring bolamenujuke suatu sasaranoleh para pemain. Pada abad pertengahan, permainan sepak bola dimainkan dengan pemain dalam jumlah yang tidak ada batasannya. Bola yang digunakanpun terbuat dari bahan kulit binatang ataupun usus. Memasuki abad yang ke 20, sepak bola mempunyai beberapa peraturan resmi agar dapat menciptakan suatu permainan yang mampu dinikmati oleh semua masyarakat dunia. Permainan sepak bola padamasa kini merupakan permainan sepak bola yang lebih modern dengan mengikuti berbagai peraturan resmi. Pemain dituntut untuk mengetahui dan memahami peraturan tersebut serta mampu menguasai teknik-teknik dalam bermain yang handal supaya mampu melakukan teknik dalam bermain yang baik.

Sejarah sepak bola: sejarah kuno

Sejarah yang berkaitan tentang permainan sepak bola sebenarnya terbagi menjadi dua macam yaitu sejarah kuno serta sejarah modern. Untuk sejarah kuno sepak bola, telah diawali di negara China tepatnya ketika padai masanyaDinasti Han, yakni sekitar abad ke-2 atau ke-3 sebelum masehi. Sepak bola di zaman tersebut menggunakan bola yang terbuat dari kulit. Untuk memasukkan bola ke gawang sangat sulit karena para pemain harus memasukkannya pada suatu jaring yang berukuran kecil. Sepak bola dihadirkan oleh masyarakat yang pada waktu itu supaya tentara China dapat menjaga fisiknya dan bisa menjadi hiburan saat perayaan hari ulang tahun Kaisar. Menurut sejarah sepak bola, permainan ini dulunya disebut denganTsu Chu.

Selain terkenal di China, sepak bola bahkan menjadi salah satu permainan yang dimainkan oleh masyarakat Jepang. Permainan ini dilakukan dengan menggiring bola yang dibuat dari bahan kulit kijang. Di Jepang, permainan ini disebut dengan kemari. Permainan sepak bola yang sejenis kemudian ditemukan pula di beberapa negara seperti Inggris, Romawi, Amerika Tengah, Meksiko, bahkan hingga di Mesir kuno juga telah bermain sepak bola menggunakan bola yang berbahan dari karet.

Terdapat sejarah yang cukup menarik yaitu selama pemerintahan raja Edward yang ada di Inggris. Pada zamannya, muncul suatu pelarangan permainan sepak bola kerana terjadi banyak kekerasan yang bahkan mengarah kepada tindakan yang brutal karena tidak mempunyai aturan begitu jelas. Namun, pada masa Raja Edward III yaitu sekitar tahun 1369, larangan tersebut dicabut dan permainan sepak bola kembali diizinkan. Namun ternyata, permainan tersebut kembali mendapat larangan lambat laun oleh ratu Elizabeth I pada sekitar tahun 1572. Larangan terhadap permainan sepak bola itu dikeluarkan tanpa adakesepakatan yang disertai sanksi cukup keras dimana siapa saja yangbermain sepak bola, maka ia akan dipenjara. Selang beberapa tahun, angin segar kembali berhembus pada masa pemerintahan raja Charles II. Sekitar tahun 1680an, raja mencabut larangan bermain sepak bola dan sekaligus menyediakan perlindungan untuk siapa saja yang ingin bermain sepak bola di wilayah Inggris.

Sejarah sepak bola: sejarah modern

Untuk sejarah modern sendiri di mulai di negara Inggris yang ditandai dengan berdirinya suatu organisasi, football associstion melalui pertemuan yang dihadiri oleh 11 wakil. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Football Associstion Freemason’s Tavern, London, Inggris. Pertemuan ini merupakan momen penting bagi sejarah sepak bola karena pada saat itu ditetapkan mengenai peraturan tunggal dalam permainan sepak bola. Peraturan tersebut kemudian dihadiri oleh Asosiasi penyelenggara sepak bola Irlandis, Skotlandis, dan Wales. Keempat assosiasi tersebut kemudian membentuk IFAB atau International Football Associstion Board yang bertujuan untuk mengkoordinasikan peraturan dalam sepak bola di dunia.

Seiring dengan kemajuan dan perkembangan persepakbolaan dunia, lahirlah organisasi FIFA atau Federation International de Football Assosiation. Organisasi ini didirikan pada tanggal 21 Mei 1904di Paris, Prancis. Pertemuan yang menghasilkan organisasi internasional ini sudah dirumuskan oleh dua orang tokoh dalam sepak bola yakni Jules Rimet dan Henry Delaunay.Pertemuan ini dihadiri tujuh negara yakni Spanyol, Denmark, Swiss, Swedis, Belanda, dan Belgis. Menurut sejarah sepak bola, negara tersebut selanjutnya ditetapkan untuk menjadi anggota pertama dari organisasi FIFA yang diketuaiatau dipimpin Robert Guerin dari Prancis. Pada masa itu, kompetisi sepak bola masih dalam ruang lingkup olimpiade, tetapi seiring berjalannya waktu para anggotanya semakin bertambah.

Pada tahun 1904, Federation International de Football Assosiation(FIFA) ditugaskan untuk dapatmengembangkan sepak bola di dunia yang mempunyai slogan For The Game, For The World yang artinya sepak bola menjadi pemersatu antarabangsa-bangsa setelah perang dunia terjadi. Markas FIFA berada di kotaZurich, Swiss yang mana masyarakat luas bisa menyaksikan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh FIFA seperti pemberian gelar untuk para pemain terbaik, pengundian liga champion, dan lain sebagainya. Beberapa tugas FIFA meliputi pengaturan sistem transfer suatu pemain dari suatutimyang sedang dibela ke tim lainnya, mempromosikan sepak bola, mempublikasikan daftar tim dalam peringkat dunia versi FIFA setiap bulan, dan memutuskan gelar untuk para pemain terbaik dunia.

Sejarah terus berlanjut dimana pada sekitar tahun 1908, sepak bola masuk dalam olimpiade serta melakukan kegiatan turnamen pertama untuk piala dunia yang diadakan di Uruguay sekitar tahun 1930an. Diluar teknis dalam permainan ini, terdapat hal unik yang sangat penting bagi sejarah sepak bola yaitu keberhasilan dari BBC yang berhasil menjadi stasiun TV pertama yang berhasil menyiarkan permainan sepak bola pada tahun 1938 dan 1966. BBC juga menggunakan fitur replay disetiap gol yang telah terjadi pada siaran TV.

Related Posts