Rumus Rubik Lengkap Step by Step Untuk Pemula!

Rumus rubik ini bisa anda jumpai dalam tutorial yang mudah dan tidak berbelit-belit, sehingga cocok bagi pemula yang mulai tertarik dengan hal ini. Rubik adalah salah satu permainan yang di minati oleh berbagai kalangan. Tidak hanya anak-anak, bahkan beberapa orang dewasa masih sering memainkan permainan yang satu ini. Rubik dianggap salah satu permainan asah otak yang cukup menantang sehingga jika seseorang berhasil menyelesaikannya, akan ada semacam kebanggaan yang diperolehnya. Namun, rubik memang bukanlah permainan yang mudah. Beberapa orang mencoba dan masih selalu gagal dan ia tidak bisa menyelesaikannya. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal terkait rumus rubik yang sekiranya bisa membantu anda untuk menyelesaikan permainan asah otak ini dengan cukup mudah. Dengan rumus tersebut, tentu saja rasa penasaran anda dapat di hilangkan dan anda dapat memainkan permainan asah otak ini dengan lebih mudah serta menyenangkan. Simak beberapa penjelasan di bawah ini!

Memilih rubik yang mau di mainkan

Sebelum membahas tentang cara dan rumus memainkan rubik, anda harus memilih jenis rubik yang hendak anda mainkan terlebih dahulu. Di pasaran terdapat banyak sekali jenis rubik yang berbeda dan tentu saja memiliki cara penyelesaiannya yang berbeda-beda. Beberapa jenis rubik yang tersedia biasanya 2×2, 3×3, dan juga 4×4. Namun, kebanyakan orang lebih sering memilih rubik 3×3 sebagai pilihan karena rubik tersebut cenderung lebih mudah untuk di mainkan. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa tahapan cara memainkan rubik 3×3 yang mungkin anda belum tahu. Ada beberapa istilah yang perlu di pahami sebelumnya, yakni:

                U             : bagian atas di putar searah dengan jarum jam

                R             : bagian kanan di putar searah jarum jam

                L              : bagian kiri di putar searah jarum jam

                F              : bagian depan di putar searah jarum jam

Beberapa istilah tersebut harus dihafalkan terlebih dahulu. Namun, ketika ada tanda aksen, misalnya U’, maka anda harus memutarkannya sebalik jarum jam. Nah, sudah siap? Kita akan memulai pembahasan nya!

Cara penyelesaian rubik 3×3

Sebagaimana di jelaskan di atas, di kesempatan ini kita hendak membahas rumus rubik khususnya untuk rubik 3×3 yang cenderung lebih banyak di pilih oleh masyarakat secara umum. Nah, anda harus mengetahui bahwa akan ada beberapa tahapan cara untuk menyelesaikan rubik tersebut dan tentu saja anda harus mengikuti tahapan tersebut secara berurutan dari awal hingga akhir.

Tahap pertama

Dalam tahap pertama ini, apa yang harus anda lakukan adalah dengan membuat cross putih dan center berwarna kuning. Dalam hal ini, sudah di asumsikan bahwa anda sudah menghafal semua gerakan tersebut. Jika anda sudah berhasil membuat cross putih dan center berwarna kuning, maka samakan semua warna yang berada di sisi kakinya.Jika kaki rubik berwarna hijau, maka samakan warna dari sisi hijau tersebut dengan center yang berwarna merah.Putar 2 kali untuk menuju center dengan warna putih.

Tahap kedua

Setelah tahapan pertama usai, dengan pembentukan cross putih, maka cara kedua untuk menyelesaikan rubik 3×3 yang menantang adalah dengan menyelesaikan layer pertama rubik tersebut. Posisikan cross putih di bagian bawah dan temukan empat buah sudut yang memiliki warna putih. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan rumus F’ U’ F, R U R’, (R U’ R’) U2 (R U R’), dan R U R’ U’ R U R’ dalam tahap ini,

Setelah layer pertama selesai, maka anda tentu harus menyelesaikan layer kedua dari rubik 3×3 yang hendak anda selesaikan. Nah, untuk tahapan ini, anda bisa menggunakan rumus U R U’ R’ U’ F’ U F atau U’ L’ U L U F U’ F’.

Tahap ketiga

Nah, setelah tahapan kedua selesai, maka kita beranjak untuk menyelesaikan tahapan ketiga. Apa yang harus di lakukan di tahapan ketiga dalam rumus rubik 3×3 ini? Dalam tahapan ketiga, anda harus membuat cross pada bilah sisi atas rubik dengan rumus (F R U) (R’ U’ F’) untuk membentuk dua edge yang berseberangan. Untuk membuat edge yang bersebelahan, gunakan rumus (F U R) (U’ R’ F’). Ingat, anda tentu tidak boleh salah dalam menggunakan rumus pada tahapan ketiga ini karena jika anda salah rumus, maka anda harus mengulangnya dari awal lagi dan itu berarti rubik tidak akan cepat di selesaikan.

Tahap keempat

Di tahap keempat, anda harus mengubah posisi corner di layer atas dengan rumus R U R’ U R U2 R’. Namun, jika anda tidak berhasil mengubah layer tersebut, maka anda harus mengulangnya kembali dari awal. Hal ini sangat penting untuk di perhatikan karena akan sangat berpengaruh pada tahapan akhir dalam rubik 3×3 ini. Ini berarti, jika tahapan ini tidak berhasil, maka jangan harap anda bisa menyelesaikan rubik dengan baik. Justru, anda akan semakin bingung di tahapan akhir tersebut.

Tahap kelima

Ini adalah salah satu tahap akhir dalam rumus menyelesaikan rubik 3×3 yang harus anda lakukan. Nah, dalam tahap ini, anda harus merubah posisi corner dari layer ketiga agar semua sama dengan warna pada akhir rubik. Jika anda menemukan warna yang sama dan sedikit membingungkan, maka gunakan rumus (R U’ R) D2 (R’U R) D2 R2. Jika anda sudah melakukannya dengan benar langkah ini, sebenarnya hasil akhir rubik sudah terlihat dan hanya tinggal sedikit langkah saja untuk menyelesaikannya.

Tahap terakhir

Kini kita memasuki tahapan terakhir untuk menyelesaikan rubik 3×3 yang membuat kita penasaran sebelumnya. Nah, dalam tahapan terakhir ini, anda harus menyelesaikan tiga hingga empat edge yang masih memiliki warna yang berbeda. Perhatikan keseluruhan edge tersebut lantas jika edge memiliki warna searah jarum jam, maka gunakan rumus F2 U L R’ F2 L’ R U F2.

Namun, jika ternyata warna tersebut memiliki arah yang berlawanan, maka anda harus menggunakan rumus F2 U’ L R’ F2 L’ R U’ F2. Dalam tahap ini, anda memang membutuhkan ketelitian yang lebih.Karena yang tersisa hingga empat edge, maka sebaiknya anda mengulangi algoritma atau rumus tersebut beberapa kali hingga rubik 3×3 yang anda mainkan tersebut selesai dengan sempurna.

VIDEO TUTORIAL RUMUS RUBIK 3X3

    1. Video Pertama
    1. Video Kedua
    1. Video Ketiga

Tahapan-tahapan di atas merupakan rumus umum yang akan membantu anda untuk menyelesaikan rubik 3×3 yang mengasah otak anda. Mungkin, anda akan merasa kesusahan saat memainkannya meskipun sudah menggunakan rumus. Nah, hal ini di karenakan anda belum terbiasa.Selain mengetahui beberapa rumus rubik sebagaimana di jelaskan di atas, anda juga bisa meminta bantuan teman yang sudah memahami rubik dengan lancar dan belajarlah darinya. Praktek secara langsung dan berkala ini akan membuat anda semakin terbiasa hingga mudah menyelesaikan rubik tersebut. Semoga membantu.