Ragam Budaya Indonesia

 Edukasi

ragam-budaya-indonesiaRagam Budaya Indonesia sangat berwarna. Bukan hal yang salah jika Indonesia disebut-sebut sebagai Negara kaya di dunia. Dan seharusnya Negara Indonesia sudah tidak lagi menjadi Negara berkembang namun sudah menjadi Negara maju. Bagaimana bisa? Karena dari sumber daya alamnya sebenarnya Indonesia adalah Negara yang sangat kaya namun sayang pemanfaatannya tidak bisa membuat Negara Indonesia sejahtera. Indonesia terdiri dari berbagai macam pulau kecil dan tentunya dari berbagai macam penduduk tersebut, juga ada berbagai macam suku bangsa, berbeda bahasa dan berbeda tradisi.

Dan tentunya terdapat berbagai macam budaya Indonesia dari keseluruhan penduduk Indonesia. Pengertian budaya tidak hanya dapat digolongkan kepada hal yang berbau seni, namun berbagai macam kebiasaan atau tradisi dari suatu penduduk dapat dikatakan sebagai budaya. Begitu juga dengan tingkah laku kesehariannya dalam memenuhi kebutuhan hidup, bersosialisasi dengan masyarakat sekitar juga disebut sebagai budaya. Banyak hal yang mempengaruhi mengapa ada berbagai macam budaya di Indonesia, yaitu sejarah yang ada di Indonesia, dahulu kala banyak sekali kerajaan-kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia, hal ini mempengaruhi kekayaan budaya Indonesia.

Begitu juga dengan berbagai macam penyebaran agama yang terjadi di Indonesia juga menimbulkan dan mempengaruhi kebiasaan penduduk sekitar. Jika dilihat dari segi social maka penduduk Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan ras. Terbentuknya berbagai macam suku dan ras ini karena Indonesia terdiri dari banyak pulau, maka tentunya kehidupan social dari penduduk sekitar membentuk sebuah rasa tau suku. Dari perbedaan suku ini, maka tentunya terdapat perbedaan kebiasaan atau adat istiadat. Dan hal inilah yang disebut dengan budaya yang dihasilkan dari kehidupan social. Budaya selain dipengaruhi dari kehidupan social dari penduduk sekitar, juga dipengaruhi oleh teknologi.

Teknologi adalah suatu penemuan terhadap barang baru untuk mempermudah menjalani kehidupan. Yang dimaksud pengaruh dari segi teknologi ini adalah, penemuan terhadap barang baru dari kebudayaan itu sendiri, contohnya ialah senjata. Senjata ialah suatu barang yang digunakan untuk melindungi diri sendiri atau untuk melawan dan menyerang lawan. di setiap suku atau ras terdapat senjata khas suku itu sendiri. Diluar dari fungsi sejati dari senjata itu sendiri, sesungguhnya terdapatnya banyak senjata yang berasal dari berbagai macam suku menambah banyaknya budaya itu sendiri.

Selain itu, pakaian. Pakaian adalah suatu barang yang ditemukan atau diciptakan oleh manusia untuk menutupi tubuh atau badan. Dari setiap suku terdapat pakaian khas masing-masing daerah. Dari sekian banyaknya pakaian adat maka ini menjadikan budaya Indonesia semakin beragam. Namun saat ini pakaian adat semakin menghilang dari budaya masyarakat, hal ini karena tidak ada upaya untuk melestarikannya. Sebaiknya berbagai macam budaya yang ada di Indonesia dilestarikan agar Indonesia tetap menjadi Negara kaya akan budaya.

Related Posts