12 Contoh Puisi Tentang Alam + Tips Membuatnya

Beberapa contoh puisi tentang alam ini berisi kekaguman penulis terhadap keindahan alam yang diciptakan oleh Sang Maha Pencipta yang ditulis dengan kata-kata terbaik dan mampu menginspirasi yang membaca. Keindahan alam adalah salah satu anugerah tuhan yang maha kuasa. Panoramanya yang begitu eksotis dan indah membuat siapa saja akan berdecak kagum dan terbius dengan lukisan indah yang Tuhan berikan untuk bisa dinikmati oleh manusia. Seringkali kita menemui banyak orang yang gemar menuangkan kekagumannya terhadap alam yang indah melalui berbagai cara. Beberapa diantaranya dengan travelling atau langsung mengunjungi spot-spot keindahan alam, sebagian yang lain menuangkannya dalam perpaduan yang sempurna antara kanvas dan tinta. Selain itu, tidak sedikit orang yang mengekspresikan kekaguman tersebut melalui puisi tentang alam. Beragam jenis obyek bisa digambarkan oleh dengan mudah oleh penyair, orang yang gemar menulis puisi, melalui kalimat-kalimat yang dirangkai dengan indah.

Puisi tentang keindahan alam biasanya juga selalu berisi tentang kekaguman seseorang terhadap indahnya alam dan dapat dijadikan media untuk menyampaikan pesan tertentu kepada para pembacanya supaya senantiasa menjaga keindahan alam tersebut. Saat ini, dengan kondisi bumi kita yang semakin hari semakin tua ini, semakin banyak pula keindahan alam yang cukup mengkhawatirkan. Hal tersebut kemudian diperparah dengan adanya ulah tangan-tangan jahil manusia yang seringkali menyebabkan kerusakan pada alam seperti menebang pohon sembarangan, membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya. Melalui puisi yang berisi tentang keindahan alam, para manusia diharapkan bisa menyadari serta mempunyai keinginan untuk menjaga keindahan alam supaya tetap lestari sehingga anak cucu kelak tetap bisa menikmati alam yang indah ini serta tidak merasakan efek buruk dari kerusakan alam yang diakibatkan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab.

Contoh puisi tentang keindahan alam

Sebagai makhluk hidup, kerusakan yang terjadi di alam sebenarnya sangat mengancam kita. Dengan alam yang rusak, maka kestabilan ekosistem yang ada di bumi juga ikut terganggu. Alhasil, kita juga yang akan merasakan dampak buruk dari rusaknya lingkungan alam. Saat ini hal tersebut sudah terbukti dengan adanya fenomena global warming bahkan negara-negara tertentu juga sudah merasakan dampaknya secara langsung. Biasanya, sebuah puisi tentang alam akan membawa pesan-pesan positif tertentu kepada para pembacanya. Tak jarang para pembaca akan langsung tergugah dan ingin segera berkunjung ke spot keindahan alam tersebut setelah membaca puisi. Jika dilihat dari sudut pandang peluang pangsa pasar wisata, puisi sebenarnya bisa dijadikan salah satu media promosi suatu obyek keindahan alam supaya intensitas wisatawan yang berkunjung semakin meningkat. Apalagi saat ini persebaran melalui jejaring sosial semakin cepat sehingga peluang peningkatan pengunjung juga lebih besar.

Tips menulis puisi tentang alam

Sama seperti menulis jenis puisi lain pada umumnya, tentunya ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk menulis puisi yang berisi indahnya alam di sekitar kita. Langkah-langkah menulis puisi tentang alam tersebut meliputi:

     Mencari inspirasi yang ingin ditulis dalam sebuah puisi

     Mulai menulis sedikit demi sedikit

     Menulis puisi dengan mengumpulkan beberapa ide

     Menambahkan majas seperti metafora dan simile

     Meninjau kembali hasil puisi dan membagikannya

Hal-hal yang harus diperhatikan saat menulis puisi tentang alam

     Mencari inspirasi

Tak dapat dipungkiri memang jika mencari inspirasi atau ide bagi setiap penyair untuk menghasilkan sebuah puisi tentunya menjadi salah satu hal yang lumrah dilakukan. Hal ini bahkan sudah dilakukan sejak zaman Yunani kuno. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan inspirasi untuk menulis puisi. Salah satunya yaitu dengan menentukan tema. Jika alam merupakan tema yang masih terlalu luas untuk anda, sebaiknya anda bisa memulainya dengan mengamati peristiwa atau hal-hal yang ada di sekitar anda. Untuk menggali sebuah ide, anda juga bisa terlebih dahulu membaca beberapa karya puisi dengan tema alam sebelum menulis. Selain bisa mendapatkan inspirasi, membaca karya penyair hebat juga bisa membuka mata tentang hal-hal yang diungkapan dalam puisi tentang alam. Berkaitan dengan hal ini, anda bisa mengunjungi toko buku atau perpustakan di daerah tempat tinggal anda, meminjam buku tentang puisi baik dari kerabat atau teman, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengunjungi dan menikmati alam beserta pemandangannya. Jika fokus tema yang ingin ditulis dalam sebuah puisi adalah tentang keindahan alam, sudah sangat jelas jika bepergian dan mengunjungi langsung tempat wisata yang menawarkan keindahan tentunya adalah hal yang tepat untuk menggali inspirasi dan ide. Anda bisa berkemah, berjalan-jalan santai, atau bisa juga meluangkan waktu bersama teman atau keluarga untuk melihat hal-hal yang berkaitan dengan keindahan alam. Hutan, pegunungan , persawahan yang membentang, air yang mengalir, daun-daun hijau bisa menjadi inspirasi atau ide untuk menciptakan puisi yang berisi keindahan alam.

Contoh puisi tentang alam

Memang suasana alam yang ada saat ini tentu saja tidak seperti pada dongeng-dongeng. Sebenarnya anda tidak harus selalu mengunjungi pedesaan dengan hutannya yang hijau dan liar. Jika anda berada di sebuah kota, taman kota bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan ide membuat puisi yang cemerlang. Perjalanan yang anda tempuh menuju alam terbuka kerap kali menjadi ide-ide spontan di luar dugaan. Untuk itu, selalu perhatikan sekeliling dan cermatilah.

     Mencatat hasil pengamatan

Saat berada di alam terbuka, inspirasi dan ide tidak begitu saja datang dengan cepat. Tak jarang sebagian orang sulit mendapatkan inspirasi untuk menulis puisi. Jika anda mengalami hal ini, carilah waktu luang lain untuk kembali ke tempat tersebut. Jangan memaksakan untuk menulis puisi ketika tidak mendapatkan inspirasi meskipun sudah datang ke tempat dengan keindahan alam yang memukau. Perlu diketahui jika ide-ide yang brilian dan bagus tidak akan datang dengan dasar keterpaksaan. Saat merasa gundah, ide-ide dan inspirasi tentunya akan semakin menjauh.

Selain meluangkan waktu di lain hari, ada hal-hal lain yang bisa anda lakukan. Salah satunya yaitu selalu memperhatikan sekeliling dan cermati hal-hal yang dapat menarik perhatian anda. Angin, cuaca, kabut, ataupun pemandangan dapat menjadi sumber perhatian anda untuk mendapatkan inspirasi. Cobalah untuk merenungkan sesuatu, tenangkan pikiran anda dan fokus pada salah satu hal yang bisa membuat anda merasa bahagia, apa yang membuat anda datang ke alam terbuka. Bisa saja karena melihat fenomena atau keajaiban alam yang menakjubkan, anda kemudian ingat kepada Sang Pencipta Alam. Hal -hal tersebut sepertinya bisa memberikan banyak inspirasi dan ide yang menawarkan beragam makna untuk menuliskan puisi tentang alam.

Puisi merupakan perpaduan kata yang disusun sedemikian rupa menjadi sebuah kalimat serta memberikan makna tertentu. Saat anda mendapatkan beberapa kalimat atau kata ketika berada di alam, anda bisa mempertimbangkan bagaimana cara untuk merubahnya menjadi bait serta baris-baris puisi yang indah. Setelah menuliskan beberapa kalimat acak tersebut, anda bisa membacanya kembali. Renungkan serta bayangkan beberapa kata yang mungkin memiliki hubungan dengan kalimat-kalimat tersebut. Biasanya dibenak anda akan spontan muncul kalimat serta kata di luar dugaan yang tentunya berhubungan dengan apa yang anda dengar, lihat serta rasakan ketika berada di alam terbuka. Supaya mendapatkan makna yang lebih dalam lagi untuk puisi tentang alam, anda juga bisa menuliskan deskripsinya.