Pengertian Seni Rupa, Unsur-Unsur Seni + 4 Tokoh Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa, Unsur-Unsur Seni + 4 Tokoh Seni Rupa

Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang istimewa. Makhluk ciptaan Tuhan yang satu ini di karunia akal dan pikiran. Dengan menggunakan akal dan pikiran tersebut, maka manusia dapat menciptakan berbagai macam karya. Salah satu jenis karya yang dapat diciptakan oleh manusia adalah seni rupa. Pengertian seni rupa merupakan sebuah cabang dari seni yang dalam bentuk karyanya dapat dilihat dengan mata dan dapat diraba dengan tangan. Salah satu cabang seni yang satu ini sangat terkenal di dunia. Dari cabang seni yang satu ini telah menghasilkan berbagai barang yang memiliki nilai eksotis yang tinggi.

Pengertian Seni Rupa

Unsur Seni Rupa

 

Seni rupa adalah sebuah hasil karya ciptaan tangan manusia yang dapat dilihat dan juga dapat di raba. Dalam seni ini untuk menciptakan kesan yang dapat di tangkap indra, maka para senimannya mengolah konsep bidang, garis, titik, volume, bentuk, tekstur, warna dan pencahayaan dengan tetap memperhatikan keindahan dari hasil karya tersebut. Karya Seni rupa ini merupakan sebuah ciptaan yang sangat indah dan menarik. Dalam pembentukannya, seni rupa ini terdapat berbagai macam unsur. Unsur seni rupa merupakan suatu hal yang harus ada dalam sebuah karya seni rupa. Adapun Unsur-unsur dari seni rupa tersebut antara lain sebagai berikut ini.

  1. Garis

Salah satu unsur seni rupa adalah agaris. Garis merupakan hasil dari penggabungan beberapa titik. Garis merupakan salah satu unsur yang penting dalam sebuah seni rupa.Suatu garis dalam seni rupa akan menimbulkan kesan tertentu dalam hasil karyanya. Berdasarkan jenisnya, garis di bedakan atas garis lurus, garis garis panjang, garis melengkung, garis vertikal, garis patah-patah, garis horizontal, garis pendek, dan berbagai macam garis lainnya. Sedangkan berdasarkan wujudnya, suatu garis dalam seni rupa dibedakan atas garis nyata dan garis semu.

  1. Titik

Dalam sebuah pengertian seni rupa, titik merupakan salah satu hal dasar dalam pembentukan sebuah karya seni rupa yang eksotis. Unsur seni rupa yang satu ini merupakan dasar dari pembentukan sebuah garis. Dalam seni lukis, terdapat suatu teknik melukis dengan menggabungkan berbagai macam garis. Teknik ini dikenal dengan nama pointilisme.

  1. Bidang

Bidang termasuk dalam sebuah unsur seni rupa. Pengertian dari bidang yaitu suatu pengembangan dari sebuah garis yang membentuk suatu bidang yang melingkupi sisi suatu bagian pada seni rupa. Suatu bidang akan memiliki lebar dan panjang yang memiliki ukuran tertentu.

  1. Bentuk

Unsur dari sebuah seni rupa yang selanjutnya berupa bentuk.Definisi dari bentuk dalam sebuah karya seni rupa adalah gabungan dari berbagai bidang. Bentuk sendiri terdapat dua macam, yaitu bentuk geografis dan bentuk non geografis.

Bentuk geografis dalam pengertian seni rupa adalah suatu bentuk benda yang ada ukurannya. Dengan kata lain, bentuk geografis dalam penggambaran harus memiliki suatu ukuran. Contoh dari bentuk geografis yaitu kubus, balok, kerucut, tabung, dan bola.

Selain bentuk geografis, terdapat juga yang namanya bentuk nongeografis. Bentuk nongeografis adalah suatu bentuk karya seni rupa yang meniru atau mencontoh suatu benda di alam sekitar. Contoh dari bentuk jenis ini yaitu manusia, tumbuhan dan hewan.

  1. Warna

Salah satu unsur seni rupa yang pasti ada yaitu warna. Warna merupakan sebuah unsur dari seni rupa yang akan menimbulkan kesan indah dari sebuah barang seni. Dalam unsur karya seni yang satu ini terdapat dalam beberapa macam, yaitu warna primer (Merah, kuning, biru), Warna Sekunder, warna tersier, warna analogus dan warna komplementer.

  1. Ruang

Ruang juga termasuk dalam unsur seni rupa. Dalam dunia seni rupa ini, ruang merupakan suatu unsur yang mempunyai dua sifat. Untuk karya seni dua dimensi, ruang memiliki sifat semu, sedangkan untuk karya tiga dimensi, ruang mempunyai sifat yang nyata.

  1. Tekstur

Unsur sebuah seni rupa selanjutnya adalah tekstur. Tekstur memiliki pengertian suatu keadaan dan sifat yang ada di permukaan suatu karya seni rupa. Dalam sebuah karya seni rupa, setiap benda pastinya memiliki tekstur yang berbeda. Dalam hal seni rupa, tekstur terbagi dua, yaitu tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur nyata memiliki arti bahwa perabaan dan penglihatan sama, sedangkan tekstur semu merupakan sebuah tekstur yang antara penglihatan dan perabaan tidak sama.

  1. Terang dan gelap

Salah satu unsur yang pasti ada dalam sebuah seni rupa adalah terang dan gelap. Terang dan gelap adalah sebuah unsur seni rupa berdasar pada intensitas cahaya dalam karya tersebut. Untuk karya seni dua dimensi, biasanya unsur yang satu ini dibuat dengan gradiensi dan dengan memilih warna yang sesuai.

Tokoh Seni Rupa yang Terkenal Asal Indonesia

 

Indonesia merupakan salah satu negara yang yang mempunyai nilai seni tinggi. Banyak seniman terkenal yang lahir dari negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara ini. Salah satu cabang seni yang melahirkan seniman terkenal adalah seni rupa. Berikut beberapa seniman atau tokoh seni rupa terkenal asal Indonesia.

  1. Affandi Koesoema

Seniman asal Negara Republik Indonesia yang mendunia adalah Affandi Koesoema. Affandi Koesoema merupakan salah satu tokoh seni rupa dalam bidang lukisan. Ia merupakan pelukis pertama dari Indonesia yang mengharumkan nama negara di mata dunia. Seniman yang satu ini lahir pada tahun 1907 di Cirebon dan meninggal pada tanggal 23 Mei 1990. Semasa hidupnya, Affandi Koesoema telah menciptakan lebih dari 2000 lukisan. Adapun lukisan yang pernah dibuat oleh seniman ini antara lain Ajo Boeng tahun 1945, poster propaganda, dan masih banyak karya lainnya.

  1. Widayanto

Bagi penggemar seni keramik, pasti sudah tidak asing dengan seniman yang satu ini. Seniman tersebut bernama Widayanto. Widayanto merupakan salah satu seniman keramik yang terkenal. Hasil karya keramik buatannya sangat disukai oleh warga mancanegara. Widayanto memulai bisnis di bidang keramik inipadatahun 1985. Saat ini keramik buatan Widayanto telah dijual belikan di seluruh dunia.

  1. Nyoman Nuarta

Dari seni rupa patung, Negara Indonesia juga mempunyai seniman yang terkenal. Seniman tersebut bernama Nyoman Nuarta. Nyoman Nuarta adalah seorang seniman di bidang seni rupa patung yang lahir di bali pada tanggal 14 November tahun 1951. Seniman yang satu ini sangat terkenal di Indonesia karena hasil seni patungnya yang indah dan menawan. Seorang Nyoman Nuarta merupakan salah satu tokoh pelopor seni rupa jenis baru pada tahun 1976. Adapun karya dari tokoh seni rupa yang satu ini adalah Monumen Proklamasi Indonesia ( Jakarta), Patung Garuda Wisnu Kencana ( Bali), dan lain sebagainya.

  1. Basuki Abdullah

Salah satu toko seni rupa yang terkenal selanjutnya adalah Basuki Abdullah. Dia adalah seorang seniman dibidang seni lukis. Dalam bidang lukis ini, Basuki Abdullah merupakan tokoh yang terkenal dengan berbagai karya lukisannya yang sangat indah dan bernilai seni tinggi. Seniman ini lahir pada tanggal 27 Januari 1912 di Surakarta dan meninggal pada 5 November 1993. Adapun contoh lukisan yang dibuat oleh seorang Basuki Abdullah antara lain Balinese Beauty (1976) dan Kakak dan Adik (1978).

Dalam Pengertian seni rupa, melukis adalah salah kegiatan menggabungkan berbagai macam unsur seni rupa. Demikian rangkaian kilas pemahaman kita untuk hari ini, semoga bisa diambil manfaatnya.