Pelestarian Sumber Daya Alam

 Edukasi

sumber-daya-alamTuhan telah banyak memberikan karuniaNya kepada seluruh makhluk yang hidup di dunia, termasuk dengan begitu melimpahnya sumber daya alam yang ada di Indonesia, ini merupakan karunia yang harus benar-benar dijaga dan dimanfatkan dengan baik. Dalam menggunakan sumber daya alam, manusia tidak boleh senaknya, baik dalam menggunakan sumber daya alam yang bisa diperbaharui maupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Meskipun sumber daya alam tersebut dapat diperbaharui kembali, namun penggunaannya juga harus tepat, karena jika manusia tidak bisa memanfaatkannya dengan baik dan terlalu serakah maka seiring dengan berjalannya waktu, sumber daya alam tersebut juga akan menipis dan lama-kelamaan juga akan habis. Lalu apa tindakan yang sebenarnya harus dilakukan oleh manusia untuk melestarikan sumber daya alam? Sumber daya alam yang paling banyak dibutuhkan oleh manusia ialah air.

Air merupakan kebutuhan yang paling penting untuk melanjutkan kehidupan, maka dari itu keberadaannya harus dilestarikan, upaoya yang dapat dilakukan ialah dengan tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan air dengan hemat dan juga tidak mencemari lingkungan atau sungai-sungai dengan limbah pabrik. Selain itu menjaga hutan-hutan yang ada di Indonesia juga sangat penting. Dengan adanya hutan dan banyaknya pepohonan, hal ini akan mengurangi tingkat pencemaran udara. Saat ini umumnya di kota-kota besar, udara sudah tercemar dengan asap-asap kendaraan bermotor dan asap pabrik.

Untuk melestarikan hutan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yang pertama adalah reboisasi, reboisasi adalah melakukan penanaman kembali pada hutan-hutan yang sudah gundul, cara ini dikategorikan dalam penanaman kembali berskala besar, sedangkan dalam lingkup kecilnya disebut dengan penghijauan kembali yang dilakukan dengan cara melakukan penanaman dengan tanaman budidaya pada ladang atau halaman masyarakat. Selain itu tanaman atau pepohonan yang sudah tua dan mati sebaiknya diganti, hal ini disebut dengan rehabilitasi hutan.

Tanah juga harus tetap dijaga kesuburannya,karena banyak hewan yang hidupnya bergantung pada tanaman. Pelestarian tanah dapat dilakukan dengan cara menjaga unsure hara yang terkandung didalamya. Untuk melakukan hal tersebut maka dilakukan pemberian pupuk pada tanah. Untuk tanah yang berada pada lahan miring, sebaiknya dilakukan pembuatan terasering atau pematang untuk mencegah erosi. Pengawetan tanah juga sebaiknya dilakukan agar air yang terkandung pada tanah tidak terbuang percuma, atau agar air yang terkandung pada tanah tidak jauh turun berada di bawah permukaan tanah.

Pengawetan tanah ini dapat dilakukan dengan cara melakukan penanaman pohon-pohon yang besar, sehingga pohon yang besar tersebut dapat menyerap ai dan menyimpan air yang ada di tanah, dengan demikian maka air dapat tersimpan dan tidak mengalir ketempat lain sehingga air tidak terbuang percuma.

Related Posts