Nilai Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Nilai Nilai PancasilaNilai-nilai Pancasila (13/05). Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa yang digunakan oleh bangsa Indonesia. Pancasila hanya ada di negara Indonesia dan tidak akan ditemukan di negara lain di dunia ini. Nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalamnya, mencakup kepada nilai-nilai yang berhubungan dengan agama dan ketuhanan, nilai-nilai persatuan bangsa, serta nilai-nilai yang mengandung unsur keadilan dan kerakyatan yang berhak didapatkan oleh seluruh warga negara Indonesia.

Di negara Indonesia, nilai-nilai Pancasila digunakan sebagai landasan/dasar negara sekaligus sebagai ideologi bangsa. Nilai Pancasila sebagai dasar negara sekaligus berkedudukan sebagai filosofi bangsa, artinya Pancasila memiliki peranan penting dan vital untuk mengatur proses penyelenggaraan pemerintah dan sebagai pandangan/pedoman hidup seluruh warga negara Indonesia. Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara membuat bangsa Indonesia memiliki pondasi dan pendirian yang kokoh, untuk terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman yang selalu mengalami kemajuan dari tahun ke tahun.

Pendirian negara yang kokoh membuat bangsa ini tidak terpengaruh atau goyah dengan adanya gangguan dari pihak luar yang berusaha untuk mengganggu stabilitas bangsa. Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara sudah tertuang dalam Undang-undang Dasar 1945 yang menjelaskan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara yang berfungsi sebagai pandangan hidup bangsa dan merupakan ciri khas kepribadian bangsa Indonesia.
Nilai Nilai Pancasila
Ciri khas ini berupa adanya kesatuan dan persatuan bangsa yang tercipta dalam masyarakat yang berjumlah banyak dan bersifat heterogen, yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan kepercayaan serta budaya yang dianut oleh masyarakatnya. Selain itu, nilai-nilai Pancasila juga menjadi landasan/acuan setiap hukum yang berlaku di Indonesia. Hukum yang ada dan berlaku di negara ini harus berlandaskan kepada nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila yang tidak mengesampingkan faktor keadilan yang merata. Selain menjadi dasar negara, nilai-nilai Pancasila juga menjadi ideologi bagi bangsa Indonesia.

Ideologi ini mengacu kepada kelima sila Pancasila yang mampu merangkul seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa digunakan sebagai pedoman yang melandasi cara berpikir dan proses pengambilan keputusan dalam berbagai aspek kehidupan. Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa berada pada posisi tertinggi di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, yang berarti bahwa nilai-nilai Pancasila juga mengatur perilaku dan segala tindakan di dalam kehidupan tersebut.

Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi juga mencakup aspek kerohanian yang menjaga kekebasan setiap umat beragama untuk memeluk agama/kepercayaan dan beribadah secara aman yang sesuai dengan hati dan nurani bangsa. Dengan adanya nilai-nilai Pancasila yang berfungsi sebagai dasar negara dan ideologi bangsa, diharapkan nilai-nilai ini dapat digunakan sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari-hari dan setiap warga negara hendaklah dapat merealisasikannya sebagai perwujudan atas sikap berbakti kepada bangsa dan negara dan tidak melanggar satupun nilai-nilai Pancasila yang ada.