Niat Mandi Wajib + Doa & Tata Cara Mandi Junub Yg Benar

Niat Mandi Wajib + Doa & Tata Cara Mandi Junub Yg Benar

Niat Mandi Wajib memang harus dipelajari dari sekarang karena memang penting dan diperlukan. Doa dan tata cara mandi junub yang tepat juga harus diketahui sejak dini agar nanti bisa dipergunakan ketika waktunya telah tiba. Kami merangkumnya dengan baik dan sesuai dengan yang dipahami bersama selama ini.

Ada banyak hal yang perlu kita mengerti agar dapat menjalankan ibadah dengan baik dan benar. Dalam islam, ada istilah hadast besar dan hadast kecil yang harus dibersihkan sebelum melakukan ibadah dengan cara bersuci. Tata cara bersuci dari hadast besar dan hadast kecil tentunya akan berbeda. Untuk menghilangkan hadast kecil, kita perlu berwudlu untuk membuat kita suci dan dapat beribadah. Sedangkan untuk menghilangkan hadast besar, kita perlu melakukan mandi wajib. Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan mandi wajib mulai dari adab serta doa yang harus dibacakan, mari kita pelajari bersama di sini.

Pengertian Mandi Wajib dan Kapan Harus Dilakukan

Mandi wajib adalah cara yang harus dilakukan untuk menyucikan diri dari hadas besar. Mandi wajib ini merupakan mandi yang sangat penting bagi umat Islam karena berkaitan dengan menyucikan diri agar ibadah yang kita lakukan sah, selain juga harus suci dari hadast kecil. Adapun untuk Mandi wajib adalah mandi yang dilakukan setelah kita selesai haid, serta mandi yang dilakukan setelah kita melakukan hubungan suami istri.

Namun, tidak hanya karena dua hal tersebut di atas saja yang menyebabkan kita harus mandi wajib. Ada berbagai hal yang menyebabkan kita harus melakukan mandi wajib sebelum melakukan ibadah. Tujuan dari mandi wajib adalah untuk menyucikan diri dari hadas besar. Hadas besar sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal. Adapun beberapa hal yang menyebabkan kita memiliki hadas besar dan harus melakukan mandi wajib sebelum melakukan ibadah adalah sebagai berikut.

1. Melakukan hubungan suami-istri (bersetubuh)

Maksud dari bersetubuh adalah suami-istri yang melakukan hubungan dengan bertemunya kelamin wanita dengan kelamin laki-laki baik keluar mani ataupun tidak.

2. Keluar mani

Baik bagi laki-laki ataupun perempuan yang keluar mani yang diakibatkan karena hawa nafsu, membayangkan lawan jenis, atau menonton film (syahwat) ataupun karena mimpi basah wajib melakukan mandi wajib sebelum melakukan ibadah.

3. Setelah selesai masa nifas setelah melahirkan bagi wanita

Setelah melahirkan, wanita akan mengalami masa nifas. Panjangnya masa nifas biasanya sampai dengan 40 hari tergantung masing-masing individu.

4. Selesai menstruasi

Hal ini tentunya sudah banyak diketahui bahwa wanita selalu mengalami menstruasi secara teratur dengan siklusnya masing-masing. Setelah selesai, melakukan mandi wajib diharuskan sebelum dapat melaksanakan ibadah kembali.

5. Baru masuk islam

Seorang yang dahulunya non muslim kemudian menjadi muslim wajib melaksanakan mandi wajib terlebih dahulu.

Itulah tadi hal-hal yang membuat Anda harus melakukan kegiatan mandi wajib sebelum melakukan ibadah.

Adab Mandi Wajib dan Sunah yang Bisa Dilakukan Saat Mandi Wajib

Setelah kita mengenal apa itu mandi wajib dan sebab-sebab yang membuat kita harus melakukan mandi wajib, kini saatnya kita mengetahui bagaimana caranya melakukan mandi wajib. Ada tata cara yang harus dilakukan dalam melakukan mandi wajib. Nah, agar kita tidak keliru, mari kita pelajari bagaimana cara melakukan mandi wajib yang benar. Adapun adab nya adalah sebagai berikut.

1. Membaca niat

Dalam melakukan segala hal baik ibadah ataupun melakukan kegiatan lainnya, menguatkan hati dengan melakukan niat adalah hal yang penting. Niat dapat diucapkan atau hanya dari hati saja. Ada beberapa yang menyarankan untuk melaksanakan niat dengan diucapkan agar hati ikut tergerak, ada juga yang berpendapat niat di dalam hati sudah cukup. Keduanya boleh Anda lakukan karena keduanya memiliki tujuan yang sama baiknya. Maksud dari mengucapkan niat adalah agar kita tidak lupa tujuan kita melakukan mandi wajib ini, yaitu untuk bersuci. Tidak diucapkan pun tidak apa-apa asalkan kita sudah mantap bahwa kita akan melakukan mandi wajib. Jika Anda ingin mengucapkan niat, adapun bacaan niat tersebut adalah sebagai berikut.

Niat Mandi Wajib

2. Membasuh seluruh tubuh

Setelah membaca niat, yang harus Anda lalukan adalah membasuh anggota badan dari ujung kepala sampai ujung kaki hingga bersih termasuk bagian yang tersembunyi seperti rambut hingga kulit kepala, kemaluan, telinga, dan bagian lainnya.

Cara mandi wajib cukup sederhana dan dapat dengan mudah dilakukan, jadi tidak alasan untuk tidak melakukan mandi wajib karena tidak tahu caranya ya! Walaupun cara mandi wajib cukup sederhana, namun ada sunah yang dapat Anda lakukan untuk melengkapinya. Beberapa sunah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Membersihkan kotoran sebelum mandi wajib

Sebelum mandi wajib, Anda bisa membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh terlebih dahulu seperti menghilangkan najis dan membasuh kemaluan.

2. Berwudlu sebelum mandi wajib

Ada beberapa yang menganjurkan untuk melakukan wudlu terlebih dahulu sebelum mandi wajib seperti halnya berwudlu saat akan melaksanakan ibadah shalat.

3. Membaca basmalah di awal mandi

Sebelum memulai melakukan mandi wajib, dianjurkan untuk membaca bismillahirrahmanirrohiim terlebih dahulu.

4. Menghadap kiblat saat mandi

Pada saat mandi, jika memungkinkan Anda bisa menghadap kiblat. Sedangkan cara membasuh tubuh pertama kali Anda bisa mendahulukan anggota tubuh bagian kanan.

5. Membasuh badan 3 kali

Dalam membasuh tubuh pertama kali, Anda bisa membasuh sebanyak tiga kali.

Setelah selesai melakukan mandi wajib, Anda sebaiknya menyegerakan melakukan ibadah dengan langsung berwudlu dan melaksanakan ibadah shalat sesuai dengan waktunya. Menyegerakan shalat di awal waktu adalah hal yang baik.

Manfaat Mandi Wajib

Mandi wajib memang salah satu kegiatan yang harus dilakukan. Hal ini karena kita tidak bisa melaksanakan ibadah sebelum melakukan madi wajib dan kembali suci dari hadast besar. Selain memiliki tujuan untuk bersuci dari hadast besar, mandi wajib juga memiliki manfaat tersendiri terutama untuk membersihkan badan dengan baik dan menyeluruh sebelum kembali melaksanakan ibadah. Adapun beberapa manfaat lain dari mandi wajib diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mandi dapat membuat tubuh menjadi segar kembali setelah tubuh mengeluarkan cairan mani dan melakukan hubungan suami-istri.

2. Ditinjau dari segi kesehatan, mandi setelah melakukan hubungan suami-istri atau setelah mengeluarkan mani memiliki manfaat menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh.

3. Menghilangkan bau yang tidak sedap yang disebabkan oleh darah nifas atau menstruasi.

Nah, itu tadi beberapa manfaat lain dari mandi wajib. Mandi wajib membuat badan menjadi lebih segar dan bugar. Ibadah dapat dilaksanakan dengan baik dan benar karena kita sudah suci dari hadast besar. Jangan lupa berwudlu sebelum shalat untuk membersihkan hadast kecil.

Mandi wajib menjadi salah satu kegiatan yang penting karena menyangkut kesucian seseorang sebelum dapat melakukan ibadah. Dengan melakukan mandi wajib, Anda akan suci dari hadast besar dan dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan yang harus dipenuhi. Semoga ulasan mengenai mandi wajib dan berbagai seluk beluknya ini dapat menjadi salah satu penambah ilmu pengetahuan dalam kaitannya dengan ibadah dalam Islam bagi Anda. Terus semangat belajar!