Niat Wudhu, Doa & Tata Cara Urutan Wudhu Yg Benar Ala Nabi

Niat Wudhu, Doa & Tata Cara Urutan Wudhu Yg Benar Ala Nabi

Niat wudhu, doa setelah wudu, dan juga cara berwudhu yang benar kami ringkas disini dengan lengkap agar bisa segera dipelajari dengan tidak berbelit. Tentu anda juga bisa mengunjungi artikel kami lainnya yang masih berkaitan dengan hal ini. Dan senantiasa akan kami selaraskan lebih baik lagi dengan artikel yang bertema islami.

Sebagai muslim yang baik dan benar, sholat merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap harinya dari waktu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan juga Isya. Kelima sholat wajib itu tak boleh ditinggalkan. Akan lebih baik lagi ketika Anda mampu menunaikan sholat sunah untuk menambah pahala dalam beribadah. Sebelum melakukan sholat apapun itu hal paling pertama yang dilakukan itu adalah melaksanakan wudhu.

Wudhu merupakan syarat sebelum menunaikan ibadah sholat agar terhindar dari berbagai kotoran baik itu hadast besar maupun hadast kecil. Yang menjadi pertanyaan adalah, sudahkah Anda melakukan wudhu dengan baik dan juga tepat? Jika belum yakin dan masih ragu, maka pada kesempatan kali ini akan memberika Anda beberapa informasi seputar niat, doa, tata cara lengkap uruan wudhu yang benar.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Wudhu

Tentu saja ada berbagai hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan wudhu, seperti yang akan di jelaskan pada kesempatan kali ini yaitu:

1. Pastikan Anda melakukan wudhu pada pancuran atau air mengalir, hal tersebut diterangkan dalam suatu hadist yang dipercaya sokheh dan baik untuk dilakukan.

2. Sebelum wudhu bacalah niat wudhu, tak perlu keras-keras, hanya membaca niat dalam hati saja tidak apa-apa yang terpenting adalah membaca niatan dengan baik. Inilah bacaan doa niat wudhu:

3. Melakukan wudhu dengan rangkaian yang tepat yaitu pertama adalah kumur, kemudian membersihkan hidung, membasuh wajah, membersihkan lengan sampai dengan siku kanan dan juga kiri, kemudian basahi bagian dahi, bersihkan kedua telinga, barulah membasuh kaki kanan dan kiri setinggi mata kaki.

4. Sudah tahu kan, jika semua gerakan tersebut itu dilakukan sebanyak 3 kali?

5. Setelah selesai wudhu, yang harus dilakukan pertama adalah membaca doa setelah selesai wudhu. Berikut bacaan doa setelah wudhu:

Perlu Anda tahu jika melakukan wudhu itu memilki banyak sekali manfaat baik bagi kecantikan ataupun bagi kesehatan. Lantas apa saja rahasia dari manfaat air wudhu selain sebagai syarat utama sebelum melakukan sholat serta berbagai ibadah? Simak terus dengan seksama berbagai informasi berikut ini.

Manfaat wudhu untuk kesehatan dan juga kecantikan yaitu sebagai berikut:

1. Dapat memancarkan inner beauty dari dalam diri seseorang ketika ia sering melakukan wudhu sebelum melakukan berbagai ibadah.

2. Melakukan wudhu itu dapat membersihkan kuman pada areal yang terkena air wudhu sehingga sering melakukan wudhu pasti juga akan terjaga kesehatannya.

3. Bisa dibilang struktur wudhu itu sangatlah menyehatkan. Selain membersihkan kotoran serta menghilagkan bakteri yang menempel pada tubuh, struktur wudhu itu sangat runtun dan itu adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Untuk bisa mendapatkan wajah mulus bebas jerawat itu tak perlu melakukan perawatan mahal. Cukup dengan membasuh wajah dan melakukan wudhu sebelum melakukan berbagai ibadah saja sudah akan menjadikan kulit wajah Anda terjaga lembab dan bebas dari jerawat yang mengganggu.

5. Kebersihan adalah sebagian dari iman, melakukan wudhu merupakan salah satu cara untuk bisa menjaga kebersihan tubuh, sehingga bisa diartikan jika kita senantiasa menambah keimanan dengan melakukan wudhu setiap saat.

6. Perlu Ada tahu, pada saat melakukan wudhu itu seseorang akan senantiasa di doakan oleh malaikat. Hal tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dengan hadistnya, yakni [di sini]

7. Ketika Anda melakukan wudhu sebelum Anda tidur dan dalam tidur Anda dipanggil oleh sang Penguasa Alam Semesta Allah SWT, maka Anda akan dianggap sebagai mati syahid. Bisa dibilang, seseorang yang terlelap dalam keadaan suci atau berwudhu sebelum tidur, maka Ia akan mendapatkan posisi yang tinggi di sisi Allah SWT.

8. Dapat menjadikan otot-otot lebih rileks terlebih setelah melakukan berbagai aktivitas padat. Wudhu dan sholat dengan khusyuk akan menjadikan Anda merasakan ketenangan yang luar biasa.

9. Tentu saja degan berwudhu itu dapat mencerahkan seluruh bagian kulit yang terkena air wudhu. Sudah pasti lah seorang yang senantiasa melakukan ibadah dan berwudhu itu pasti memiliki paras yang bersih dan lebih bersinar.

10. Bisa dibilang, melakukan wudhu itu bisa menghindarkan tubuh dari penyakit kulit yang menyerang.

Manfaat Gerakan Wudhu

Itu tadi hanyalah manfaat berwudhu saja, tentunya belum sampai disitu saja karena masih ada manfaat lain dari gerakan wudhu yang dilakukan. Wudhu dengan menggunakan air sangatlah bermanfaat karena dapat menstimulasi irama dalam tubuh secara alami pada beberapa titik biologis yang ada pada tubuh manusia. Nah, berikut ini merupakan manfaat dari gerakan wudhu yang setiap hari diaplikasikan bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Berkumur

Akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit yang dapat menyerang kesehatan mulut serta gigi. Dengan melakukan gerakan kumur pada gigi, maka akan membersihkan berbagai sisa-sisa makanan yang ada dalam mulut. Dengan mulut yang bersih maka akan terhindar dan terbebas dari penularan penyakit mulut yang sering terjadi. Melakukan gerakan kumur itu sekaligus dapat mengencangkan otot wajah dan bisa juga melembabkan bibir.

2. Membersihkan lubang hidung

Dalam membersihkan lubang hidung dengan cara menghirup air dan dikeluarkan lagi itu dapat membawa kotoran keluar sehingga lubang hidung menjadi lebih bersih. Membersihkan hidung dengan cara ini juga lebih steril dan juga menyehatkan. Bahkan membersihkan hidung degan cara ini dapat mencegah Anda terserang infeksi saluran pernapasan atas dan juga TBC.

3. Membasuh wajah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, melakukan gerakan membasuh wajah ini dapat menjaga kulit wajah menjadi lembab dan juga halus.

4. Membasuh kedua tangan

Gerakan membasuh kedua tangan dengan air mengalir ini akan memberikan kompres dingin yang sangat baik menjaga kesehatan kulit.

5. Mengusap dahi sampai degan kepala

Gerakan ini akan membatu Anda untuk mendapatkan kesegaran pikiran dari berbagai stress yang melanda. Selain itu membasahi rambut ataupun mengusap bagian kepala ini juga dapat meminimalisir tekanan darah sehingga menjadikan pikiran lebih tenang sebelum melakukan ibadah sholat serta berbagai ibadah lainnya.

6. Membasuh telinga

Jangan salah, ternyata gerakan membasuh telinga pada saat berwudhu ini dapat menjadikan Anda lebih konsentrasi lebih baik serta dapat menambah daya ingat. Hal ini dikarenakan pada telinga itu terdapat titik syaraf yang menjadikan otak bekerja lebih baik. Selain itu tentu saja gerakan membasuh telinga ini juga dapat membersihkan telinga dari berbagai kotoran yang dapat mengganggu fungsi dari telinga.

7. Membasuh atau membersihkan kedua kaki

Gerakan terakhir yang dilakukan ini merupakan gerakan yang sangatlah membantu untuk membersihkan kotoran kaki yang menempel. Tak bisa dipungkiri jika kaki itu menginjak berbagai macam kotoran, maka dari itu harus sering-sering dibersihkan dengan baik.

Tata Cara Wudhu

Sepertinya itulah informasi yang bisa diberikan seputar niat, doa, tata cara lengkap urutan wudhu yang benar dan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Semoga informasi kali ini dapat memberikan Anda banyak pengetahuan serta ilmu baru yang bermanfaat.