Niat, Tata Cara, Bacaan, Doa Sholat Tahajud & Sholat Dhuha

Niat Sholat Tahajud dan Duha, Tata Cara Shalat Tahajud & Dhuha serta doa setelah melaksanakannya kami rangkum dengan lengkap dan bisa dipelajari dengan mudah. Dengan adanya konten ini moga kita bisa istiqomah melaksanakan kedua shalat sunnah ini.

Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh umat Islam untuk menunaikan sholat wajib selama lima kali dalam sehari. Selain sholat wajib ada juga sholat sunah yang disarankan untuk dilakukan oleh umat Islam untuk menyempurnakan ibadah mereka, terutama menutup dosa yang disebabkan melalaikan sholat wajib. Ada banyak sholat sunah yang bisa dilaksanakan oleh umat Islam seperti sholat Tahajud, sholat Dhuha, sholat Hajat dan masih banyak lagi. Dari banyak sholat sunah yang ada, sholat Tahajud dan sholat Dhuha merupakan dua sholat sunah yang paling sering dilaksanakan oleh umat Islam.

Sholat Tahajud
Sholat Tahajud merupakan sholat sunah yang dilaksanakan ketika malam hari. Biasanya sholat Tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam ketika manusia sedang tidur. Umat Islam disarankan untuk bangun pada sepertiga malam dan menunaikan sholat Tahajud karena ada banyak manfaat yang bisa dipetik dari sholat Tahajud, seperti yang disebutkan di bawah ini.
  • Meningkatkan Semangat dan Membersihkan Jiwa

Menurut Abu Hurairah, orang-orang yang menunaikan sholat Tahajud pada sepertiga malam akan mendapatkan suntikan semangat yang di pagi hari. Jiwanya pun menjadi semakin bersih. Sehingga, orang-orang yang rajin melaksanakan sholat Tahajud akan terhindar dari rasa malas dan jiwa yang kotor.
  • Menjadi Lebih Bersyukur

Orang-orang yang selalu melaksanakan sholat Tahajud akan menjadi pribadi yang lebih banyak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
  • Lebih Dekat dengan Allah SWT

Menurut Amr bin Absah, orang-orang yang rajin menunaikan sholat Tahajud akan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Hal ini dikarenakan waktu ketika Allah SWT berada paling dekat dengan hambanya adalah ketika mendekati akhir malam.
  • Mendapatkan Kebahagiaan Hidup

Orang-orang yang selalu bangun di sepertiga malam dan melaksanakan sholat Tahajud merupakan golongan orang-orang yang bahagia. Mereka menyempatkan waktu untuk mensyukuri semua nikmat dari Allah SWT. Selain itu, orang-orang yang melaksanakan sholat Tahajud termasuk orang-orang yang beruntung dan selalu menerima limpahan rahmat dari Allah SWT.
  • Mendapatkan Tempat Terbaik di Akhirat

Allah SWT telah memberikan jaminan kepada orang-orang yang selalu bangun di sepertiga malam dan bersujud pada-Nya tempat terbaik di surga. Orang-orang yang selalu melaksanakan sholat Tahajud adalah orang-orang yang selalu berbuat baik di dunia dan rela memiliki waktu tidur yang sedikit di malam hari demi berdoa kepada Allah SWT.
Dengan banyaknya manfaat penting dari melaksanakan sholat Tahajud maka ada baiknya kita meluangkan waktu di sepertiga malam untuk melaksanakan sholat sunah tersebut. Untuk melaksanakan sholat Tahajud maka kita harus mengucapkan niat yang berbunyi seperti ini.
Niat Sholat Tahajud

Setelah mengucapkan niat sholat Tahajud maka kita bisa menunaikan sholat Tahajud yang terdiri dari dua rakaat seperti menunaikan sholat biasa. Begitu sholat Tahajud sudah dilaksanakan maka kita harus berdoa.

Tata Cara Sholat Tahajud

Video Tata Cara Shalat Tahajud


Isi dari doa setelah sholat Tahajud berisi permohonan untuk ampunan dosa, rezeki yang selalu dilimpahkan, selalu diberikan kesehatan, dan perlindungan di hari kiamat. Untuk lebih lengkapnya di bawah ini adalah kalimat doa yang dibaca setelah sholat Tahajud.

Doa Setelah Shalat Tahajud

Doa Setelah Tahajud

Note: Diatas adalah 2 contoh doa setelah sholat tahajud, tentu saja anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan atau keperluan anda sendiri, tidak harus sama dengan yang kami contohkan diatas.

Sholat Dhuha
Jika sholat Tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan saat tengah malam, maka sholat Dhuha adalah sholat sunah yang dilaksanakan saat pagi hari. Sholat Dhuha terdiri dari dua rakaat yang umumnya dilaksanakan pada waktu matahari baru saja terbit sampai mendekati waktu sholat Dhuhur. Biasanya sholat Dhuha dilaksanakan pada jam 7 pagi sampai jam 11 siang. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menunaikan sholat Dhuha secara rutin. Secara umum, orang-orang yang rajin melaksanakan sholat Dhuha akan memperlebar terbukanya pintu rezeki dan kelancaran dalam mencari ilmu dan rezeki. Selain itu, sholat Dhuha juga memiliki manfaat secara jasmani dan rohani kepada manusia. 
Dari segi kesehatan, di bawah ini adalah beberapa manfaat menunaikan sholat Dhuna secara rutin.
  • Olahraga

Tanda disadari bahwa sholat Dhuha termasuk ke dalam bentuk olahraga. Hal ini dikarenakan waktu pelaksanaan sholat Dhuna pada pagi hari yaitu pukul 8 pagi sampai 11 siang. Waktu tersebut merupakan waktu yang paling baik untuk melaksanakan olahraga. Selain itu, gerakan tubuh yang dilakukan pada waktu menunaikan sholat Dhuha sangat baik untuk kesehatan sendi dan tulang pada bagian tangan, kaki, lutut, pinggang, dan pinggul.
  • Memperlancar Sistem Peredaran Darah

Gerakan tubuh yang dilakukan ketika menunaikan sholat Dhuha merupakan gerakan tubuh yang memiliki manfaat besar dalam memperlancar peredaran darah di dalam tubuh kita. Peredaran darah mulai diperlancar ketika kita mulai melakukan gerakan takbir, ruku, serta iktidal. Selain itu, posisi sujud merupakan posisi yang sangat baik untuk melancarkan peredaran darah ke kepala karena posisi kepala lebih rendah dari posisi badan. Sistem peredaran yang lancar membuat tubuh menjadi lebih segar dan risiko terkena penyakit yang disebabkan oleh sistem peredaran darah yang buruk bisa teratasi.
  • Wajah yang Lebih Berseri

Orang yang rajin menunaikan sholat wajib dan sholat sunah memiliki wajah yang lebih berseri. Ketampanan dan kecantikan mereka akan terpancar secara alami karena air wudhu yang selalu membasuh wajah mereka.
Selain manfaat secara jasmani, sholat Dhuha juga membawa manfaat yang besar secara rohani kepada umat Islam yang menunaikannya. Di bawah ini ada penjelasan mengenai manfaat sholat Dhuha secara rohani.
  • Memberikan Ketenangan Jiwa

Orang-orang yang secara rutin meluangkan waktu di pagi hari untuk menunaikan sholat Dhuna akan dikaruniai jiwa yang lebih tenang. Mereka tidak lagi merasa gusar, atau emosi mereka mudah terpancing. Ketenangan jiwa yang didapat dari sholat Dhuha berasal dari pintu untuk mencari rezeki yang semakin dipermudah.
  • Mengurangi Stres

Ketenangan batin yang didapatkan dari melaksanakan sholat Dhuna akan memberikan efek samping yang positif yang mana tingkat stres akan berkurang. Selain itu, stres yang berkurang bisa melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit karena stres yang berlebih adalah sumber utama datangnya penyakit. 
  • Memperlebar Pintu Rezeki

Orang-orang yang selalu melaksanakan sholat Dhuha selalu diberi kelancaran dalam mencari rezeki dan juga mencari ilmu. Oleh karena itu, orang-orang yang selalu mengeluh kekurangan rezeki sangat disarankan untuk menunaikan sholat Dhuha setiap pagi hari.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha sama saja seperti kita melakukan sholat dua rakaat lainnya.

Video Cara Melaksanakan Sholat Duha

Dengan adanya beragam manfaat dari sholat Dhuha, maka manusia harus memiliki kesadaran untuk meluangkan waktu beberapa menit di pagi hari untuk menunaikan sholat Dhuha. Untuk melaksanakan sholat Dhuha maka diawali dengan membaca niat sholat Dhuha seperti yang tertulis di bawah ini.
Niat Sholat Dhuha
Terkait dengan tata cara melaksanakan sholat Dhuha, tidak ada yang berbeda dengan melaksanakan sholat sunah pada umumnya. Sholat Dhuha terdiri dari dua rakaat. Akan tetapi, setelah membaca surat Al Fatihah, surat  yang disarankan untuk dibaca adalah surat Asy Syam pada rakaat pertama dan surat Al Lail pada rakaat kedua. 
Adapun setelah menunaikan sholat Dhuha ada doa yang harus dibaca untuk menyempurnakan sholat Dhuha. Doa yang dibaca setelah sholat Dhuha berbunyi seperti ini. 

Doa Setelah Sholat Duha

Demikian ulasan lengkap tentang sholat tahajud dan Sholat duha mulai dari niat, tata cara dan bacaan doa setelah sholat kami hadirkan untuk teman-teman semuanya.