Komunikasi Data dan Perangkatnya

Komunikasi DataKomunikasi Data dan Perangkatnya (08/05). Proses penyampaian data saat ini sudah banyak menggunakan konsep komunikasi data dengan menggunakan berbagai macam perlengkapan. Pengunaannya pun sangat beragam, mulai untuk melakukan komunikasi data untuk kepentingan pribadi, kepentingan bisnis atau kepentingan sosial. Pengertian komunikasi data itu sendiri adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan informasi berupa data yang menggunakan sebuah media transmisi berupa alat komunikasi yang berada dalam satu jaringan yang sama.

Media yang sering digunakan dalam proses komunikasi data dapat berupa kabel atau fiber optic, sedangkan alat komunikasi yang digunakan dapat berupa komputer. Komunikasi data terdiri dari pengolahan data yang menghasilkan informasi hasil pengolahan, untuk selanjutnya disebarluaskan sesuai dengan bidangnya. Penggunaan komunikasi data dapat mengefisiensikan dan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman dan penyebarluasan data atau informasi, karena prosesnya dapat diatur dari jarak jauh.

Selain itu, data yang memiliki jumlah dan kapasitas yang besar, tidak membutuhkan waktu dan proses yang lama untuk sampai ke tempat tujuannya. Perangkat yang digunakan dalam komunikasi data terbagi menjadi software dan hardware, sama seperti komputer. Perangkat penyusun komunikasi data yang tergolong kepada software adalah Telecommunication Monitor yang berperang sebagai pengaman untuk proses pengolahan data serta sebagai penghubung komputer-komputer yang berada dalam satu jaringan yang sama. Lalu ada Network Control Program yang akan melakukan proses routing yang berperan penting bagi keberlangsungan proses pengolahan data.

Sedangkan perangkat penyusun komunikasi data yang tergolong kepada hadrwareware adalah terminal yang berfungsi untuk mengumpulkan data atau informasi yang akan diolah dan host yang akan menjalankan proses pengolahan data termasuk mengawasi jalannya proses tersebut. Setelah data/informasi diterima dan diolah, selanjutnya data/informasi hasil pengolahan tersebut akan dikirimkan dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh modem yang akan memberikan proses pengiriman data/informasi secara efisien.

Proses penyampaian data/informasi dengan menggunakan komunikasi data dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu dengan menggunakan satelit ataupun melalui infrastruktur tertentu. Komunikasi data dengan memanfaatkan satelit saat ini sudah bukan hal yang awam lagi bagi para pecinta teknologi. Kemampuannya menjangkau wilayah yang sangat luas dan tidak membutuhkan biaya besar untuk proses pembangunan infrastruktur, menjadi pilihan para penyedia jasa layanan komunikasi data saat ini.

Akan tetapi, pemanfaatan komunikasi data dengan menggunakan infrastruktur juga cukup banyak digunakan, karena metode ini tergolong metode teknologi yang sudah ada sejak lama dan tergolong cukup stabil dalam proses pengiriman data/informasi. Akan tetapi dalam proses pembangunan infrastrukturnya membutuhkan biaya yang besar. Sehingga perlu banyak hal yang menjadi pertimbangan, seperti faktor transmisi data/informasi akan dipengaruhi oleh apa saja, kondisi lingkungan dan faktor keamanan yang dapat diberikan serta nilai tariff/biaya yang akan dibebankan kepada pengguna data/informasi tersebut.