17+ Contoh Gambar Jaring-Jaring Balok & Ukurannya Lengkap

17+ Contoh Gambar Jaring-Jaring Balok & Ukurannya Lengkap

Kamu pasti sering melihat soal tentang jaring jaring balok yang sering ada di lembaran soal ulangan sekolah. Hal ini adalah wajar mengingat bentuk balok merupakan salah satu bentuk yang bisa dihitung dengan rumus matematika. Ketika membahas tentang rumus membuat jaring ini, kamu akan secara otomatis teringat tentang matematika. Tidak bisa dipungkiri bahwa kamu pasti akan menemukan soal yang membahas tentang bagaimana menyusun balok yang benar dengan rangkaian gambar atau potongan gambar. Dari sebuah balok, kamu bakal menemukan fakta bahwa ada lebih dari satu cara untuk membuat kembali balok tersebut. Ada lebih dari satu cara untuk kembali menyusun balok tersebut dari rangkaian yang ada. Tertarik untuk tahu lebih lanjut? Yuk, simak terus ulasan ini.

Bagaimana Cara Menyusun Balok

Ketika melihat balok, hal yang terpikirkan mengenai bagaimana merangkai balok tersebut mungkin hanya terbesit satu cara. Padahal ada lebih dari satu cara yang bisa kamu coba untuk membangun satu balok yang sama. Agar lebih mudah, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa membuat daftar atau susunan langkah apa saja yang bisa diikuti. Sebelum memulai ke langkah pertama, sebaiknya kamu telah paham tentang bedanya balok dan kubus. Terkadang, sekilas bagi orang yang tidak teliti akan menganggap bahwa kubus dan balok ada satu bentuk yang sama. Kamu perlu ingat bahwa kubus memiliki ukuran yang lebih pendek dengan ukuran setiap sisi memiliki jumlah angka yang sama. Sedangkan, balok memiliki 2 ukuran yang berbeda.

Ukuran balok lebih panjang dari kubus. Bisa dilihat ada 2 sisi di bagian kanan dan kiri balok yang berukuran lebih kecil dengan bentuk relatif persegi. Kemudian untuk membangun sebuah balok yang sempurna maka dipasanglah 4 rangkaian yang memiliki panjang yang lebih panjang meski dengan tinggi yang sama dengan bagian sebelumnya. Ukuran yang lebih panjang inilah yang disebut sebagai balok. Lantas, bagaimanakah cara membuat jaring jaring balok? Cara membuatnya sesungguhnya sangatlah mudah. Khususnya bila kamu sudah terbiasa mengutak-atik benda. Agar lebih mudah dalam membuat kubus, sebaiknya setiap sudut ditulis dengan huruf seperti A,B,C,D,E,F,G. Ada 6 sisi yang memiliki sudut dengan nama yang berbeda.

Contoh Gambar Jaring-Jaring Balok

Langkah yang pertama, adalah dengan membuat balok dengan cara yang paling mudah. Seperti yang disebutkan sebelumnya ada 6 sisi yang harus dirangkai menjadi satu untuk menjadi sebuah balok. Kamu bisa memulai dengan 2 sisi yang paling kecil dengan bentuk persegi. Kamu harus mengangkat lembaran kubus tadi kemudian sisi selanjutnya adalah lembaran dengan ukuran yang lebih panjang. Kemudian dari sisi lain, bentuk persegi tersebut juga diangkat. Bagian ini terhubung dengan salah satu sisi yang lebih panjang. Kemudian bagaimana cara merangkai balok lain dengan menggunakan cara yang lain?

Macam Rangkaian Balok

Setidaknya ada 9 jenis cara untuk membangun sebuah balok. Seperti yang disebutkan sebelumnya ada 6 sisi lembaran yang dapat dirangkai menjadi sebuah balok dengan 9 cara yang berbeda. Ke-6 sisi ini dibagi menjadi 4 buah lembar panjang dan 2 lembar pendek berbentuk persegi.

Kemudian gambar jaring jaring balok yang pertama dan yang paling umum adalah gambar balok dengan rumus T. Maksudnya adalah bentuk lembaran membentuk huruf T yang harus dirangkai agar menjadi balok. Ini adalah cara yang paling popular dan yang paling mudah yang sangat sering digunakan. Kamu bisa menemukan contoh rangakaian balok ini di hampir semua soal tentang matematika. Untuk model berbentuk T ini bisa dirangkai dengan 2 cara yang berbeda. Cara pertama dilakukan dengan meletakkan bagian sisi yang lebih panjang secara sejajar sedangkan bagian persegi diletakkan disisi atas kiri dan kanan dan bagian balok paling ujung. Kemudian, kamu tinggal merangkai lembaran yang ada. Cara yang kedua juga hampir sama akan tetapi bagian persegi tidak berada di bagian ujung melainkan di bagian lembaran balok kedua.

Contoh Gambar Jaring-Jaring Balok

Special thanks to: Agus BW (SMPN 2 Way Seputih)

Kamu bisa menggunakan kedua cara ini dengan sangat mudah tanpa ada hambatan atau merasa kebingungan. Lalu, lanjut ke bagian model jaring jaring balok yang kesemuanya berhasil dibuat menjadi balok. Cara membuat balok ini dengan lembaran jaring yang bisa kamu buat sekilas terlihat rumit akan tetapi dapat dibuat menjadi balok dengan mudah. Bentuk jaring ini tidak lagi berbentuk T yang mudah dikenali tapi dengan bentuk lain. Bentuk jaring untuk membuat balok bisa meletakkan bagian sisi yang kecil atau persegi di bagian sisi luar. Sisi panjang berbaring menjajar sejumlah 4 biji. Kemudian, sisi persegi berada di bagian sisi yang pertama dan kedua. Model seperti ini juga bisa dibuat menjadi balok dengan mudah.

Contoh Jaring-Jaring Balok

Kemudian ada pula rangakaian jaring yang lain. Model kali ini sisi bagian luar adalah persegi dengan ukuran kecil. Kemudian diikuti dengan lembar persegi panjang yang berdempet sebanyak dua biji. Lalu satu buah persegi berada di tengah lembar persegi panjang selanjutnya. Pada dasarnya kesembilan bentuk yang ada semuanya dapat dibuat menjadi balok. Kamu hanya perlu menemukan contoh gambar tersebut kemudian kamu bisa bereksperimen dan mengeksplor kemampuan yang kamu miliki. Lantas, benda apa saja yang bisa kamu buat jadi bahan latihan? Paling mudah barang yang bisa kamu gunakan untuk membuat balok ini adalah kardus. Meski kamu bisa membuatnya dari kertas tapi mungkin bahan kertas terasa di lebih ringkih dan mudah sobek.

Cara Membuat Balok

Kamu bisa menggunakan bahan dari kardus atau karton yang memiliki tekstur yang lebih tebal dan stagnan. Kemudian, kamu harus menggambar terlebih dahulu rumus rangkaian jaring yang kamu tahu. Semakin banyak kamu menggambar jaring yang berbeda akan membuat semakin paham tentang membangun sebuah balok dengan sisi yang berbeda. Kamu bisa menggunakan pensil atau pena sesuai selera. Setelah selesai menggambar dari selembar karton atau kardus maka kamu perlu memotongnya agar tiap sisi menjadi lebih jelas. Setelahnya tekuk setiap sisi yang digaris dengan pensil atau pena. Setelah selesai menekuk maka kamu bisa mulai untuk menyusun jaring – jaring tadi menjadi sebuah balok.

Melatih Daya Pikir

Pada dasarnya, jumlah model jaring jaring balok ada lebih dari 9 jenis. Setiap model dibuat dan dirangkai dengan berbagai bentuk yang berbeda tapi akan menghasilkan balok yang sama. Semakin sering kamu berlatih, mengutak-atik jaring maka kamu akan bisa menemukan berbagai model rumus rangkaian yang berbeda. Tentunya latihan ini tidak hadir tanpa adanya manfaat buat kamu. Kiranya manfaat seperti apa yang bisa kamu dapatkan dari berlatih menyusun balok ini secara terus menerus dengan model yang berbeda? Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari latihan mengasah otak ini.

Pertama, permainan ini akan melatih daya pikirmu menjadi lebih baik dan tajam. Secara naluriah kamu juga akan menjadi lebih responsif. Otakmu akan dapat bergerak lebih cepat. Kegiatan ini juga akan melatih daya pikir otakmu dalam menghadapi suatu masalah dengan baik. Kamu akan menjadi lebih mudah memetakkan masalah dan mengatasi problem yang ada. Berlatih dan bermain menyusun dengan berbagai rumus yang berbeda ini membantumu mengatasi masalah dari berbagai sisi yang ada. Secara singkat, kegiatan ini akan meningkatkan kecerdasanmu secara signifikan. Berlatih memecahkan masalah, merangkai rumus, dan mengutaka-atik akan membantumu mengasah kepekaan daya pikir yang kamu miliki.

Belajar dengan hal yang berhubungan dengan matematika memang dapat membantu meningkatkan daya berpikir seseorang. Di sisi lain, kegiatan ini juga membantu meningkatkan daya ingat manusia. Hal ini karena otak diasah secara trampil untuk mengatasi masalah, dengan memecahkan masalah dan menemukan solusi untuk kembali pada tujuan yang hendal dicapai. Oleh karena itu, ada baiknya bila kamu membiasakan diri bermain dengan jaring jaring balok karena akan membantu meningkatkan daya pikirmu dengan sangat baik dan secara menyenangkan.