Islam: Ilmu Tauhid dan Maknanya

ilmu-tauhidMenyelami Ilmu Tauhid dan Maknanya. Manusia sejatinya diciptakan oleh Allah SWT sebagai mahluk tuhan yang sempurna. Manusia memiliki akal yang membantunya menjalani hidup di dunia ini dengan baik. Oleh karena manusia itu memiliki akal, maka ilmu merupakan pengetahuan yang manusia wajib miliki dan ketahui. Manusia akan lebih mengenal hidupnya ketika mereka tahu akan ilmu yang mengajarkan mereka bagaimana untuk hidup dan bagaimana untuk menjalani hidup. Allah SWT adalah tuhan yang maha satu. Tidak ada daya apapun yang mampu menandinginya.

Mencintai Allah adalah kewajiban bagi semua umat manusia. Tidak terkecuali mahluk tuhan yang lain seperti iblis dan setan. Manusia diberi ilmu untuk mengenal dan mengatahui apa yang terjadi, sehingga kedudukan ilmu sangatlah penting bagi manusia. Begitu juga kedudukan ilmu tauhid yang menjadi landasa ilmu pengetahuan mengenai keesaan Allah SWT. Kita sebagai umat muslim hendaknya kristis dengan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ketuhanan, termasuk ilmu tauhid ini.

Ilmu tauhid, pada dasarnya berasal dari kata Wahhada-Yuhawwidu yang bermakna keesaan. Maka dari itu ilmu tauhid diartikan sebagai ilmu keesaan Tuhan. Ada banyak definisi berbeda mengenai makna ilmu tauhid, seperti yang disampaikan oleh Syekh Muhammad Abduh bahwa “Tauhid ialah suatu ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat yang wajib tetap pada-Nya, sifat-sifat yang boleh disifatkan kepada-Nya, dan tentang sifat-sifat yang sama sekali wajib dilenyapkan dari pada-Nya. Juga membahas tentang rasul-rasul Alah, meyakinkan kerasulan mereka, apa yang boleh dihubungkan (dinisbatkan) kepada mereka, dan apa yang terlarang menghubungkan kepada mereka.”

ilmu tauhid

Definisi ini berbeda dengan definisi dari salah satu ulama yaitu Affandi al-Jasr yang mengatakan bahwa ilmu tauhid adalah ilmu yang membahas hal-hal yang menetapkan akidah agama dengan dalil-dalil yang meyakinkan. Adapun perbedaan akan definisi dari ilmu tauhid tidaklah mengubah esenssi makna yang sebenarnya. Perbedaan definisi hanyalah pada kalimat atau penyampaian gagasan oleh mereka yang mengetahui lebih jelas mengenai ilmu tauhid. Pada dasarnya ilmu tauhid adalah ilmu yang mengajarkan kita untuk percaya dan yakin tentang keesaan Allah dan sifat-sifatnya.

Ilmu tauhid itu sendiri adalah ilmu yang wajib dimiliki oleh setiap muslim karena ilmu ini akan menjadli landasan seseorang untuk percaya dan meyakini akan keesaan Allah. Banyak penamaan lain yang digunakan untuk menamai ilmu tauhid, diantaranya adalah ilmu ushuluddin. Semua muslim tahu bahwa ilmu tauhid adalah pengetahuan dasar tentang ketuhanan yang mesti kita jaga dan pelihara.

Maka dari itu, ilmu tauhid sangatlah jelas bertujuan untuk menjadi motivator utama untuk mendorong sesorang mencintai Tuhannya dengan mengetahui sifat-sifatnya, nama-namanya dan yang lainnya. Ilmu tauhid membimbing kita menuju jala kebenaran dengan mengenal Tuhan kita yaitu Allah SWT dengan lebih baik. Hendaknya kita menjadi lebih sadar, menjaga serta mempelajari ilmu tauhid sebagai ilmu dasar tentang keesaan Tuhan yang akan membawa kita kepada kebaikan.