30+ Gambaran Neraka & Surga Allah SWT dlm Al Quran & Sunah

Gambaran neraka maupun gambaran surga yang Allah SWT ciptakan bisa dilihat dari perspektif pegangan umat Islam, yaitu lewat Al Qur’an dan Hadits Nabi SAW (Sunnahnya). Kalau ingin lebih memahami gambar bidadari surga, foto surga dan neraka yang sesungguhnya anda tetap harus membaca artikel ini hingga tuntas. Dan pernik lainnya yang memang tentu saja kita harus menyesuaikan pencarian itu dengan Qur’an dan Sunah. Tentu saja agar pemahaman kita tidak keliru serta memperkaya khasanah pengetahuan pribadi.

Sederhananya didalam surga terkumpul ragam kenikmatan yang jauh lebih hebat, lebih indah, lebih nikmat dari apa yang ada didunia. Dan yang satunya adalah neraka, dimana didalamnya adalah siksa teramat mengerikan, pedih, menyakitkan, yang jauh lebih hebat, lebih panas, lebih mengerikan dari pada apa yang pernah kita bayangkan selama ini. Tentu saja, kita sebagai muslim mengharap belas kasih Allah SWT agar memasukkan kita kedalam Jannah-Nya.

GAMBARAN SURGA ALLAH SWT

1. Tingkatan Surga

Laksana langit & bumi ketika menggambarkan bagaimana luasnya surga Allah swt. Yang Maha Rahman menciptakan pohon dengan aneka buah-buahan. serta dengan bentangan sungai yang alirannya menyejukkan pandangan. Pun akan kita dapati istana2 bertingkat yang Allah kreasikan pula bersama peraduan singgasana beserta ranjang dengan bahan baku emas permata elok rupa. Dalam Al Qur’an disebutkan tingkatan surga yang akan ditempati oleh Hamba Allah yang Ia kehendaki. Setidaknya menurut ulama, 8 tingkatan ini termaktub dalam Kitabullah diantaranya:

a. Surga Firdaus

Bukan saja karena keistimewaannya yang terbuat dari emas. Surga firdaus tentu saja kita berharap akan memasukinya. Mereka yang senantiasa menjaga sholat, selalu memelihara lisan dengan baik, senantiasa amanah, kesucian diri tetap terpelihara, selalu menunaikan zakat. Dan tentu saja dengan amal saleh lainnya, insyaAllah akan menjadi penghuni surga Firdaus.Lihat firmanNya dalam surat Al-Kahfi  (107).

b. Surga Adn

Allah SWT telah membuat surga yang satu ini dr intan putih. Berkaitan dengan surga ‘Adn salah satunya tertera dengan jelas dalam Q.S Thaaha 76. Surga bagi yang selalu membersihkan diri dari perbuatan maksiat, yang senantiasa mentaati perintahNya dan menjauhi segala perihal yang Allah larang. Keindahan yang tidak mungkin ada didunia. Sungai-sungai yang mengalir begitu indah adalah salah satu yang digambarkan Allah SWT.

c. Surga Na’iim

Firman Allah dlm Q.S Al Hajj 56 sedikit banyaknya membawa kita pada sebuah pengetahuan tentang surga. Kita diberi sebuah kabar yang begitu membahagiakan, yaitu mereka yang beriman serta selalu berbuat amal kebaikan, telah menantinya surga dengan segala kenikmatan yang Allah hadirkan didalamnya. Tentu akan jauh dengan kenikmatan yang kita rasakan didunia ini. Surga yang satu ini diciptakan Allah, Dzat Yang Maha Agung dr perak putih.

d. Surga Ma’wa

MasyaAllah, Surga adalah sebaik-baiknya tempat manusia kembali. Tidak ada tempat terindah selain disurganya Allah SWT. Ma’wa yang telah Allah SWT cipta dr Zamrud hijau betapa berkilaunya. Semoga kaum muslimin dimanapun berada dan dari suku apa saja, akan dipertemukan dalam surganya yang indah. Tempat kediaman terbaik, yang menjadi dambaan. Perihal ini kita bisa membacanya dalam Q.S As Sajdah (19)

e. Surga Darussalam

Banyak penjelasan yang bisa kita dapati tentang Darussalam. Surga yang dipenuhi sesuatu yang menyenangkan, terbuat dr Yaqut merah. Didalamnya tidak ada hal yang membahayakan, tidak ada sesuatu yang kotor. Penghuninya adalah manusia-manusia terpilih yang tentu saja Allah kehendaki. Tentang surga yang satu ini, kita bisa melihatnya dalam QS. Yunus (25). Mereka yang Allah kehendaki, mereka yang senantiasa tidak membangkang dengan apa yang telah Allah suruh. Dan terus menjauhi apa yang senantiasa telah Allah larang.

f. Surga Daarul Muqoomah

Sungguh indahnya membayangkan surga yang satu ini. Daarul maqamah yang Allah buat dari permata putih. Teruntuk muslimin yang selama hidup didunia senantiasa berbuat baik dan sedikit sekali berlaku buruk. Tuhan Yang Maha Pengampun memberi tempat nan elok bagi hambanya. Untuk menjumpai surga yang satu ini, marilah kita sama-sama hidup dalam ketaatan dan terus menerus berbuat banyak kebaikan bagi sesama tanpa mengenal lelah. Lihat dalam QS. Faathir (34-35).

g. Surga Al Maqoomul Amiin

Dengan bertahtakan emas nan berkilau, dan kenikmatan lainnya yang Allah kekalkan bagi hamba-hamba yang bertaqwa. Orang-orang yang telah sebenarnya beriman. Para Muttaqin yang semasa didunia tidak pernah merasa berat dengan apa yang telah Allah perintahkan. Mereka yang memiliki tingkat ketaqwaan dan kesalehan hidup yang luar biasa akan bernaung didalamnya. Baca QS. Ad Dukhan (51).

h. Surga Khuldi

Allah menciptakan surgaNya dari beragam bahan terbaik yang tentu saja jauh dari jangkauan kemampuan manusia. Seperti surga yang satu ini terbuat dr Maran merah & kuning. Bagi yang pernah ke Bali atau ketempat terindah dibelahan dunia ini, tentu akan terkesima dengan betapa indahnya pemandangan yang ada. Nah jika dibandingkan dengan surga Allah, Alam ciptaanNya yang ada didunia tidak ada apa2nya kalau dibandingkan surga yang telah menanti kaum Muslimin diseluruh dunia. Semoga kita termasuk bersama orang-orang yang merasakan kenikmatan dan kedahsyatan disurga. Aamiin.

2. Gambaran Para Penghuni Surga

Mereka yang beriman merupakan penduduk surga. Seperti yang termaktub dlm Surah Al Baqarah (82), dijelaskan disana mereka yang beriman dan senantiasa mengerjakan amal saleh adalah penghuni yang kekal dalam JannahNya.

Makhluk atau pun hamba Allah yang pertama sekali mengetuk pintu surga adalah Nabi SAW. Kita bisa melihat keterangan ini dalam hadits riwayat Muslim (196). Betapa indahnya ketika kita sebagai umat terakhir dan pengikut Rasulullah berada dibelakang beliau, berbondong-bondong memasuki Surga secara bersama-sama. Subhanallah, menetes mata ini ketika membayangkannya.

Umat Rasulullah memang adalah umat akhir zaman. Dimana Al qur’an adalah kitab suci yang senantiasa menjadi pegangan. Namun demikian dalam sebuah hadits riwayat muslim (855) termaktub sebuah penjelasan yang menyejukkan bahwa umat islam, umat Muhammad SAW adalah yang pertama-tama memasuki pintu surga. Betapa sungguh beruntungnya kita sebagai muslim yang mendapatkan keutamaan ini.

3. Surga adalah Tempat Keabadian yang Aman

Kalau didunia kita memiliki batas usia, bahkan barang pecah belah pun memiliki batasan usianya. Berbeda dengan disurga, kita akan merasakan keabadian yang sesungguhnya. Didunia mungkin terkadang kita tidak merasa aman, entah dari rongrongan penjahat atau orang0orang yang memusuhi kaum muslimin, sedangkan disurga kita akan merasa aman tentram tanpa kekhawatiran apapun. Tidak ada hal-hal yang ditakutkan seperti saat kita masih didunia. Yang ada hanyalah keindahan dan rasa aman yang sebenarnya. (Ad Dukhan 51).

4. Kehidupan di Surga Penuh Kedamaian

Jika kita membaca Al-Hijr Ayat 45, kita akan mendapati bagaimana indahnya kebun-kebun disurga dengan sembulan mata air yang menawan hati. Selain itu kita tidak lagi ada perasaan dendam serta sifat iri pada makhluk lainnya. Seluruh penghuni surga merasakan bagaimana persaudaraan diantara mereka. Jadi mutlak bisa dikatakan, kedamaian dan kenyamanan tersuguhkan dengan sempurna didalam surga.

5. Penghuni Surga Hidup dgn Semua Keindahan, Kemewahan serta Segala Perhiasan

Ketika hidup didunia, kita senantiasa dianjurkan untuk tidak sombong. Tidak memakai perhiasan secara berlebihan. Tidak bermewah-mewahan dengan karunia yang Allah berikan. Berbeda dengan disurga nanti, Allah menganugerahkan kepada kita bukan saja tempat terbaik dengan sungai yang mengalir begitu mempesonanya, tapi kita juga diberikan perhiasan gelang emas terbaik yang tidak ada bandingannya didunia ini, kemudian Allah berikan pakaian terbaik sutra hijau yang begitu halusnya. Bahkan dalam sebuah hadits riwayat Imam Ahmad menyebutkan lebih kurangnya, cambuk disurga lebih baik dari dunia & bahkan 2X lipatnya. Jadi bayangkan saja, bahkan cuman cambuk semata begitu dahsyatnya penggambaran yang diberikan.

6. Penghuni Surga Dikaruniai Rezeki yg Tidak Pernah ada Habis

Penghuni surga sungguh mendapatkan karunia rizki dari Allah yang tiada habis, senantiasa berkesinambungan tidak terputus. Tidak ada lagi kesulitan-kesulitan dalam mencari rezeki seperti waktu masih didunia. Semua serba ada. Buah-buahan yang senantiasa tersedia dalam jumlah yang melimpah, dengan perlengkapan terbaik seperti piring & gelas yang berbahan emas. Kenikmatan tersebut senantiasa kekal, dan apa-apa yang terbersit dalam hati senantiasa hadir disana. Tidak lagi akan merasakan penderitaan dan kesulitan. (Shad ayat 49-54  dan Az-Zukhruf 43:71).

7. Penduduk Surga Senantiasa Diliputi Kemudahan

1000% berbeda dengan didunia, kita tidak lagi akan menjumpai halangan dan rintangan jika menginginkan sesuatu. Semua bisa tersedia dengan mudah. Pelayan disurga akan selalu menyediakan makanan serta minuman yang kita ingini. Ketika hasrat ingin menyantap buah-buahan, kita tidak lagi akan bersusah payah dalam menggapainya. Karena buah-buah tersebut akan mendekat dan kita bisa memetiknya secara gampang.

8. Penduduk surga senantiasa dalam Keadaan Bersih, Sehat, Tampan serta Wangi

Alangkah nikmatnya hidup disurga. Pakaian penghuni surga tidak akan lusuh, mereka selalu kelihatan cantik dan ganteng. Selalu nampak muda tidak pernah menua. Tubuh mereka senantiasa harum dengan wewangian yang dahsyat. Disurga mereka tidak lagi BAB dan BAK, tidak seperti didunia yang senantiasa rutin buang air kecil & besar. Dalam hadits Muslim disebutkan penduduk surga kebanyakan terdiri dr orang miskin dan juga lemah. Mereka tidak lagi merasakan sakit-sakitan, senantiasa sehat bugar.

9. Makanan & minuman yang ada di Surga

Seperti yang pernah kami singgung dibagian atas artikel ini, bahwasanya didalam Jannah terdapat aneka pohon dan buah yang begitu banyaknya. Allah Yang Maha Pengampun memberikan semua itu kepada penduduk surga sebagai hidangan diantara salah satu kenikmatan surga. Apa yang kita minta akan ada disana. Semua yang serba terbatas waktu didunia, didalam surga bisa kita memilikinya. (Arrahman ayat 54 & 68 <=> Fushshilat/41:31-32).

10. Kuda dan Onta yang Indah di Surga

Dalam salah satu hadits riwayat Imam Tirmidzi, didapati keterangan bahwasanya dalam surga nanti akan ada kuda dr yakut yg merah. Serta Onta yang mereka itu berjalan diantara sela daun disurga. Keduanya adalah kendaraan bagi penghuni surga. Tentu saja kita jangan berpikir bahwa kuda dan unta yang berada didalam Jannah sama dengan yang kita jumpai didunia ini. Hanya Allah semata yang mengetahui persis seperti apanya. Namun informasi ataupun kabar yang kita peroleh ini cukuplah menjadi bahan bagi diri agar makin termotivasi untuk memperbanyak amal saleh dan kebaikan-kebaikan lainnya.

11. Para Bidadari Surga yang Cantik Jelita

Kita mungkin pernah mendengar sebuah kalimat, kecantikannya laksana bidadari. Itu hanyalah gombalan basi, karena sesungguhnya Bidadari itu hanyalah ada disurga. Orang yang berkata itu tentu saja belum ke surga. Dalam penggalan Ar-Rahman ayat 58 “Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.” Tidak perlu kita membayangkannya, cukuplah mengetahui bahwa bidadari tersedia untuk melayani penghuni surga dengan sangat setianya. Jika lah memang bidadari itu sebening Yaqut serta seputih Marjan, itu tetap saja akan berbeda dengan apa yang kita bayangkan. Karena kecantikannya sulit untuk manusia bayangkan.

12. Puncak Kenikmatan Penduduk Jannah

Dalam hadits riwayat Imam Muslim (181) kita bisa mengetahui bahwasanya segala kenikmatan untuk penduduk surga telah Allah berikan, mulai dari wajah yang bercahaya, dan karunia Allah karena telah memasukkan kedalam surga serta menghindarkannya dari Neraka. Dan kenikmatan lainnya yang tidak bisa dihitung. Ada satu yang dahsyat yang merupakan puncak kenikmatan tertinggi di dlm surga yaitu melihat wajah Rabbul ‘alamin. Dimana Allah SWT membuka hijabNya. Dan nampaklah bahwa nikmat itu jauh lebih mereka sukai dibandingkan dengan yang lainnya. Subhanallah.

GAMBARAN NERAKA DAN SIKSA NERAKA YANG MENGERIKAN

Kita akan melanjutkan pembahasan ini dengan serangkaian gambaran neraka menurut islam. Naar yang bermakna api yang menyala. Dari artinya saja kita sudah paham betapa hal ini sangatlah mengerikan. Balasan bagi para mereka yang ingkar, yang tidak mengerjakan perintahnya dan senantiasa gemar melanggar apa yang Allah larang. Pada kenyataannya, kita tidak bisa menggambarkan secara pasti bagaimana dahsyatnya siksa api neraka.

Naar itu sendiri terdiri dari beberapa tingkatan. Tingkatan-tingkatan ini juga sebagai pembeda tingkat pedihnya siksa yang akan diterima oleh penghuninya.

Nama-nama neraka tersebut adalah:

1. Hawiyah

Neraka Hawiyah termaktub dalam QS. Al Qariah: 8-11. Teruntuk bagi yang timbangan kebaikannya sangat sedikit. Hawiyah merupakan api yang sangat panas.

2. Jahim

Diperuntukkan bagi mereka yang lalai. Saat masih hidup hanya bermegah ria semata. Dan hanya senantiasa menyibukkan diri dengan urusan duniawi. Keterangannya bisa ditemukan di Q.S At Takaatsur: 6-8, Q.S Asy Syu’araa: 91. Dalam hadits Turmudzi yang ia hasan sahihkan, terangkum bahwa siksa dineraka jahim diantaranya dituangkan air mendidih ke kepala mereka yang durhaka. sampai tembus ke perut hingga isi perutnya keluar. Sampai telapak kaki meleleh.

3. Saqor

Ihwal neraka Saqar termaktub diantaranya dalam QS 74:26-30. Neraka Saqar adalah pembakar kulit manusia. Senantiasa Allah SWT menggambarkan neraka yang satu ini agar keimanan kita semakin kuat dan orang-orang kafir sadar tentang kekeliruan yang mereka perbuat selama ini.

4. Sa’ir

Neraka Sa’iir merupakan api yang menyala-nyala. Balasan bagi mereka yang selama hidupnya selalu menjadi penentang Allah SWT. Mereka mendurhakai Allah. Dan bagi mereka yang tidak percaya akan adanya balasan dihari akhir berupa Surga & Neraka.

5. Huthomah

Neraka bagi mereka yang semasa hidupnya selalu berlaku sombong, arogan, selalu mencela orang lain, terbiasa mengumpat, sibuk dengan menumpuk kekayaannya. Dan bahkan ia beranggapan apa yang ia miliki (kekayaan) itu bisa membuatnya kekal.

6. Ladho

Lihat isi QS. Al Ma’arij: 15-18, dimana ada gambaran yang mengerikan bagaimana api dalam neraka itu senantiasa bergejolak. Diperuntukkan bagi mereka yang senantiasa gemar mengumpulkan harta benda tanpa membelanjakannya dijalan Allah. Yang senantiasa mereka itu berpaling dari Agama Allah. Ketamakan itu menghantarkan pada siksa yang sangat pedih ini.

7. Jahannam

Jahanam yaitu neraka tmpt penyiksaan yg memiliki 7 pintu serta dalam tiap pintu (tingkat), telah ditetapkan buat golongan trtentu dr para makhluk Allah SWT. Didalam Jahannam, ada 19 malaikat yang dipanggil Zabaniyah bertugas menyiksa penghuninya. Gerbang jahannam sendiri dipimpin oleh Malaikat Malik. Neraka yang sangat mengerikan, segala macam siksa ada disana. Didalamnya hanya ada kepedihan. Naudzubillah.

Neraka jahannam salah satu neraka yang penuh dengan berbagai macam siksa. Celakalah, orang akhirnya masuk ke dalamnya. Apalagi apabila berada di dalamnya selama-lamanya.

Allah SWT berfirman yaitu, “Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat”. (QS. Ghafir: 46)
Bahan bakar neraka
Kita mungkin akan bertanya, terdiri dari apakah bahan bakar yang digunakan dalam neraka? Untuk menjawabnya, cobalah kita baca kembali Q.S Al baqarah ayat 29, dimana disana diterangkan bahwa neraka bahan bakarnya berupa manusia dan batu. Sungguh sangat mengerikan jika membayangkannya.
Pohon dineraka
Dalam Al qur’an (As shaffat ayat 63- 67) diterangkan disana bahwa Allah SWT menjadikan Zaqqum sbg siksaan bagi mereka yang zalim selama hidup didunia. Pohon zaqqum sendiri dalam salah satu hadits Nabi, disana dijelaskan ketika penghuni neraka meminta makanan, disediakanlah makanan dari pohon zaqqum. ketika mereka menyantapnya maka isi perut mereka akan keluar berhamburan, serta mulutnya keluar api, otak mereka akan mendidih dsb.
Apa saja yang ada dineraka?
Seperti dibagian depan, kami telah jelaskan bahwa beraneka siksaan ada dalam neraka. Beberapa diantaranya didalam neraka terdapat 70rb bukit, dimana dalam setiap bukitnya memiliki 70rb jurang, sedangkan didalam jurang itu ada 70rb nyala api. Dalam setiap api yang menyala tersebut ada 70rb mahligai, dan didalam setiap mahligai terdapat 7 rumah, sedangkan dlm setiap rumah itu terdapat 70rb ular serta 70rb kala jengking (disetiap kala jengking itu memiliki 70rb ekor untuk menyengat). Selain yang kami sebutkan itu, dalam neraka juga memiliki rantai dan belenggu2 lainnya.
Jembatan dineraka
Sirath atau dengan nama lainnya jembatan berada persis dibagian atas neraka. Jembatan yang begitu licinnya serta sangat gampang menggelincirkan. Dengan bentuk yang lbh lembut jika dibandingkan rambut manusia, namun sangat tajam lebih dari sebuah pedang. Dan begitu gelapnya.
Situasi penghuni neraka
1. Tdk hidup & tdk mati
Kalau kita membaca QS Faathir ayat 35,36 & 37, kita akan paham dengan maksud tdk hidup tapi juga tdk mati. Penghuni neraka dikatakan tidak hidup adalah dikarenakan mereka tdk sekalipun merasakan hidup walaupun sesaat scara wajar,  Dikataan tdk mati adlh dikarenakan mereka tdk prnh terlepas dari siksaan yang menyengsarakan.
2. Dipukul dengan palu besi
Kita bisa mengetahui hal ini dengan membaca QS. Al anfal ayat 50 & 51.  Para penghuni neraka akan disambut dengan pukulan oleh Malaikat. Pemukul yang digunakan tersebut dibikin dari besi api neraka. Penderitaan penghuni neraka sulit untuk dibayangkan.
3. Selalu berganti kulit
Penegasan tentang hal ini termuat dalam QS. An Nisa (56) dimana ketika kulit yang terkupas dikarenakan terbakar, lalu akan diganti kembali dgn kulit yg baru. Hal itu terjadi seperti siklus yang tidak pernah berhenti.
4. Pakaian ahli neraka
Mari kita lihat pakaian yang dikenakan mereka dalam QS. Al hajj ayat 19 – 22. Dimana dijelaskan dengan gamblang bahwa besi kuningan yang panasnya tak terkira menjadi pakaian penghuni neraka. Naudzubillah
5. Disediakan rantai rantai dan belenggu belenggu
Kita melangkah kebagian selanjutnya, mari kita telaah QS. Al haqqah (31-33). Dimana belenggu2 & rantai2 senantiasa mengikat para penghuni neraka. Dengan panjang 70 hasta. Lihat juga QS. Al insan (ayat 4).
6.Dimasukkan ke dlm lautan
Rujukan kali ini kita lihat QS. Ar rahman (43-44) & Q.S Al mu’min (71-72). Sungguh, lautan air mendidih bukanlah tempat yang menggembirakan untuk disinggahi, dimana para penghuni naar disiksa dengan cara direbus (direndam). Siksaan yang tidak pernah terbayangkan bagaimana pedihnya.
7. Makanan Ahli neraka
Rujukan tentang hal ini bisa ditemukan di Q.S Ad dukhan ayat 43-46. Diatas telah diterangkan bahwa pohon zaqqum adalah salah satu makanan mereka penghuni naar. Selain pohon Zaqqum, penghuni naar juga mendapatkan makan dari phon penuh duri, yang sama skali tdk mengenyangkan perut namun memberi rasa sakit. Dan minumannya berupa darah dengan campuran nanah. (Baca penjelasannya dalam Q.S Al Ghosyiyah ayat 6- 7 & Q.S Al Haqqah ayat 36-37)
8. Minuman Ahli Neraka
Mari kita baca Alqur’an suah Al Ghosyiyah 4-5. Diatas juga kami sudah sebutkan minuman ahli naar diantaranya darah dgn campuran nanah, selain itu pula mereka diberi minuman mata air yang mendidih panasnya, dari minuman (air) yang begitu sangat teramat dinginnya. Dan semuan minuman itu sama sekali tidak membuat mereka baik, namun memperburuk keadaan mereka sendiri.
Demikian dalam perjumpaan hari ini kami telah pautkan gambaran detail surga dan neraka yang Allah SWT telah ciptakan. Sesungguhnya kita telah beruntung hidup dalam keadaan iman dan islam. Tidak ada yang lebih baik dari itu. Sehingga patutlah kita untuk mengamalkan segala yang telah Tuhan perintahkan, dan juga sekuat diri menjauhi larangannya.