10+ Fungsi Hati Manusia (Fungsi Utama Organ Hati) + Gambar

10+ Fungsi Hati Manusia (Fungsi Utama Organ Hati) + Gambar

Hati adalah salah satu organ tubuh manusia yang memiliki fungsi sangat penting. Organ hati berada pada bagian dada dan berdekatan dengan organ jantung. Hati memiliki ukuran tidak tidak terlalu besar namun tidak juga terlalu kecil. Setiap orang perlu untuk mengetahui mengenai Fungsi hati agar lebih berhati hati dalam menjaga kesehatan dan salah satunya adalah fungsi dari hati. Ketika hati mengalami masalah maka nantinya tubuh akan mengalami masalah yang benar benar serius. Pengetahuan mengenai hati adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele. Manusia memiliki hati yang telah di desain oleh allah dengan fungsinya yang sangat istimewa untuk menjaga kondisi tubuh tetap baik.

Hati bukan hanya dimiliki oleh manusia saja namun binatang juga memiliki hati. Hati manusia dengan binatang memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda. Namun ukuran hati manusia dengan binatang tentu saja berbeda karena ukuran tubuh binatang juga beragam tergantung dengan jenisnya. Semakin besar binatang maka akan semakin besar juga hati yang dimiliki. Fungsi hati ini akan membuat kita sadar bahwa hati sangat baik untuk dijaga. Ketika hati mengalami kerusakan, harus dilakukan pengobatan yang benar benar serius dan bahkan terkadang jika kerusakan sudah parah seseorang bisa saja meninggal.

Menjaga kesehatan fungsi hati adalah hal penting

Fungsi dari hati adalah untuk membersihkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh manusia setiap hari bekerja dengan sangat keras agar manusia bisa melakukan aktivitas tanpa sadar. Banyak manusia yang melakukan aktivitas yang ternyata bisa meracuni tubuh. Makanan yang masuk kedalam tubuh manusia bisa saja meracuni tubuh apabila makanan tersebut mengandung bahan bahan yang kurang baik. Selain makanan, minuman seperti gula, minuman keras, minuman dengan pemanis, minuman dengan pewarna, dan jenis minuman yang beragam dan dibuat dengan bahan kimia bisa saja membuat tubuh atau hati harus bekerja dengan sangat keras untuk mengeluarkan racun yang masuk.

Beberapa Fungsi Utama Hati

Bukan hanya makanan dan minuman saja yang bisa meracuni tubuh namun polusi, kebiasaan buruk, emosi yang tidak dimanage dengan baik juga bisa membuat hati bekerja dengan sangat keras. Ketika hati bekerja terlalu keras maka nantinya bisa menyebabkan hati cepat mengalami masalah. Anda harus waspada mengenai hal ini. Fungsi organ hati harus dijaga dengan baik dengan cara cara yang tepat. Ketika anda sudah mengetahui mengenai fungsi hati serta beberapa penyebab yang bisa menyebabkan hati mengalami kerusakan maka anda harus lebih sadar untuk selalu menjaga kondisi hati agar selalu sehat. Menjaga kesehatan adalah hal yang teramat penting. Tanpa kesehatan, seseorang tidak akan bisa menjalani aktivitas dengan nyaman.

Hati manusia memiliki pasangan yang menjadikan pekerjaan hati benar benar bekerja dan berjalan dengan baik. Fungsi hati adalah untuk membersihkan racun namun ketika tidak ada empedu dan pankreas maka fungsi dari organ ini tidak akan maksimal atau bahkan bermasalah. Ketika anda mengetahui ini mengenai fungsi dari ketiga organ tersebut maka akan semakin paham mengenai fungsi dari hati. Hati bisa dikatakan sebagai kelenjar yang terbesar yang ada pada tubuh manusia. Hati berada di bagian dada sebelah kanan. Warna dari hati adalah merah kecoklatan atau bahkan hampir berwarna coklat.

Bentuk dari hati terbentuk seperti topi baret yang terdapat bagian tipis dan bagian tebal. Di dalam hati terdapat pembuluh darah yang memiliki fungsi untuk mengalirkan darah. Hati bisa mendapatkan suplai darah dari pembuluh nadi atau arteri hepatika dan juga vena porta atau pembuluh gerbang. Hati yang terlihat berwarna coklat terdapat selaput yang melindunginya yang disebut sebagai capsula hepatika. Di dalam hati ada pembuluh darah dan juga empedu. Kedua bagian ini digabungkan oleh selaput jaringan ikat atau capsula glison. Fungsi hati sangatlah penting karena di dalamnya terdapat sel perombak darah merah yang sudah lama atau sudah tua.

Fungsi dan Peranan Hati Dalam Tubuh Manusia

Jika dikaitkan dengan empedu, hati sangatlah erat sekali kaitannya. Hati adalah organ yang menghasilkan empedu. Cairan empedu berwarna jernih kehijauan karena didalamnya terkandung bilirubin, garam empedu, kolesterol, dan juga bakteri dan juga obat obatan. Zat yang mewarnai empedu adalah hasil dari rombakan eritrosit. Fungsi dari organ ati sangatlah luar biasa karena dalam empedu terdapat zat zat yang bisa mengobati. Jika di bahas secara detail, hati memiliki fungsi yang bukaan hanya satu saja namun sangatlah banyak. Fungsi yang pertama adalah mengatur jumlah dari karbohidrat yang ada di dalam tubuh anda. Selain itu, hati juga bisa menjaga kadar glukosa agar terjaga dalam kadar yang normal.

Tubuh manusia terdapat lemak yang bisa saja bertambah sehingga menyebabkan kegemukan. Hati bisa membantu untuk menyeimbangkan lemak di tubuh. Keseimbangan amino, asam lemak, kolesterol, dan juga trigliserida juga akan di atur oleh hati. Sirkulasi hormone di dalam tubuh akan seimbang ketika hati dalam kondisi yang baik. Fungsi organ hati bukan hanya berhenti di situ saja. Masih ada banyak fungsi lain yang perlu untuk di ketahui. Seperti yang sudah disebutkan tadi, hati bisa menghasilkan empedu yang sangat penting dalam membersihkan tubuh. Protein plasma yang ada dalam tubuh juga di produksi oleh hati. Jika anda sering mengkonsumsi obat maka hatilah yang berfungsi untuk membersihkan racun. Kelebihan mengkonsumsi obat bisa membuat hati bekerja terlalu keras sehingga bisa sangat membahayakan.

Kita sering mengkonsumsi obat obatan jika sedang sakit, hal ini harus di sadari bahwa jika terlalu banyak obat yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan kerusakan hati. Anda tentu sering membaca peringatan jika obat yang dikonsumsi bisa menyebabkan kerusakan hati. Anda harus tetap selalu berusaha untuk menjaga kesehatan tubuh dan salah satunya adalah hati. Fungsi yang lainnya masih ada lagi yakni membersihkan sisa dari anti bodi yang diproduksi oleh tubuh, memakan antigen, memakan mikro organisme, menyimpan vitamin yang larut lemak, memproses emulsi lemak, menghambat kerja obat dan yang terakhir adalah menyimpan mineral di tubuh. Fungsi organ hati yang begitu banyak ini tentu bukan hal yang sederhana. Organ yang tidak terlalu besar ini ternyata menyimpan fungsi yang sangat mengagumkan.

Memahami mengenai Fungsi hati adalah sesuatu yang memang sangat diperlukan sejak kecil. Pemakanan mengenai fungsi dari organ satu ini akan membuat orang orang menjadi sadar bahwa ternyata hati memiliki fungsi yang sangat penting. Kesadaran untuk menjaga kesehatan dan fungsi hati akan semakin meningkat dengan memahami fungsi dan penyebab dari kerusakan hati. Ketika hati mengalami kerusakan, nantinya tubuh akan lebih mudah menyebar ke tubuh dan bisa menyebabkan hal yang sangat buruk. Mencegah akan lebih baik dibandingkan mengobati. Jika sudah mengalami masalah hati akan sangat sulit untuk bisa kembali berfungsi seperti semula. Hati adalah salah satu organ penting yang membuat tubuh bersih dan terhindar dari racun.