5 Contoh Surat Pribadi + Cara Menulisnya Yang Baik & Benar

5 Contoh Surat Pribadi + Cara Menulisnya Yang Baik & Benar

Contoh surat pribadi untuk saudara, teman, sahabat pena, untuk guru, untuk orang tua dll memberikan banyak pengetahuan tentang cara berkomunikasi yang sudah di gunakan sejak lama. Sebelum era digital dengan munculnya beragam jenis alat komunikasi baru, seperti smartphone, internet, dan lain sebagainya, manusia berkomunikasi jarak jauh dengan mengandalkan surat. Surat di tulis di selembar kertas dan di kirim melalui jasa ekspedisi. Memang, surat baru akan sampai setelah beberapa hari lamanya, oleh karena itu, komunikasi dengan surat ini di anggap kurang efektif. Namun, faktanya, surat masih di gunakan hingga saat ini untuk beberapa keperluan, terutama surat pribadi. Berikut kita akan membahas beberapa contoh surat pribadi.

Sebelum melihat contoh dari surat pribadi tersebut, tahukah kamu apa itu surat pribadi? Nah, surat pribadi merupakan salah satu jenis surat yang ada. Seperti namanya, surat pribadi bersifat pribadi atau perseorangan dan biasanya di tulis dengan bahasa yang santai dan sehari-hari. Selain itu, surat pribadi biasanya berisi tentang kabar, ungkapan perasaan, dan lainnya. Berbeda dengan surat resmi, sebenarnya tidak ada struktur yang mutlak dalam surat pribadi. Hanya saja, penulis di sarankan untuk melihat tujuan dari surat tersebut.

Penulisan surat pribadi

Nah, setelah kita mengetahui sedikit lebih banyak terkait pengertian dari surat pribadi tersebut, hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah penulisan dari surat pribadi. Sebagaimana di jelaskan di awal bahwa sebenarnya tidak ada struktur resmi dan khusus dari surat pribadi tersebut. Hal ini berarti bahwa sebenarnya kamu bisa saja merasa bebas saat membuat surat pribadi. Namun, kamu tetap harus memperhatikan beberapa unsur dari surat pribadi agar surat yang hendak kamu buat akan mudah di mengerti oleh seseorang yang hendak kamu kirimkan. Nah, simak beberapa unsur dari surat pribadi di bawah ini.

     Tempat dan tanggal pembuatan surat

Unsur pertama adalah tempat dan tanggal pembuatan surat. Dengan menyertakan unsur ini, seseorang yang hendak kamu kirimi surat akan memahami kapan surat tersebut di buat dan dimana surat tersebut di buat. Hal ini penting agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar serta up to date. Nah, contoh dari penulisan tempat dan tanggal pembuatan surat yang benar adalah Yogyakarta, 12 Mei 2017.

     Tujuan dan alamat surat

Tentu, untuk memastikan bahwa surat yang kamu kirim tidak salah alamat, maka kamu harus menuliskan tujuan surat dengan baik dan benar. Namun, karena surat ini bersifat pribadi, maka kamu bebas saja untuk menuliskan tujuan dari surat yang kamu tulis, misalnya: teruntuk sahabatku, Ummi di Yogyakarta.

     Salam pembuka

Kenapa salam pembuka ada dalam unsur surat pribadi? Nah, salam pembuka dalam unsur ini bertujuan untuk mencairkan suasana dan membuka obrolan sebelum mengarah pada bahasan inti. Nah, sebagaimana sudah di jelaskan bahwa tidak ada patokan resmi dari surat ini, maka kamu bisa menggunakan beberapa alternative salam pembuka, seperti:

  1. Salam manis,
  2. Salam rindu,
  3. Assalamu’alaikum Wr. Wb, dan lainnya

     Pembuka surat

Unsur selanjutnya adalah pembuka surat. Unsur ini cukup penting untuk membuka percakapan dengan seseorang yang kamu tuju. Dengan adanya pembuka surat, maka conversation yang terbangun akan lebih cair dan dekat. Nah, bisa saja kamu menanyakan kabar dalam pembuka surat ini.

     Isi surat

Isi surat merupakan unsur yang paling penting dari surat pribadi yang hendak kamu buat. Pada bagian inilah kamu bisa menuliskan apa yang ingin kamu sampaikan pada rekan atau kerabat yang kamu kirimi surat. Nah, dalam hal ini, kamu bisa bercerita tentang kehidupan, keadaan yang berubah, atau yang lain. Ingat, pakailah bahasa yang mudah di mengerti sekalipun kamu bebas menggunakannya.

     Penutup surat

Setelah isi, unsur selanjutnya adalah penutup surat. Nah, penutup ini merupakan pelengkap yang sebaiknya tidak lupa untuk kamu tambahkan saat membuat surat.

     Nama pengirim dan tanda tangan

Dalam contoh surat pribadi yang nanti hendak kita tampilkan, kamu akan melihat adanya nama pengirim serta tanda tangan di situ. Nah, nama pengirim dan tanda tangan ini cukup penting sebagai tanda verifikasi jika surat yang di tulis adalah real bikinan kamu, sehingga rekan yang menerima tidak merasa bingung.

Identifikasi bahasa surat pribadi

Sebagaimana sudah di jelaskan di awal bahwa surat pribadi memiliki struktur yang lebih bebas daripada surat resmi. Salah satu hal yang membedakan surat resmi dan juga surat pribadi adalah identifikasi bahasa yang di gunakan. Surat resmi tentu saja menggunakan bahasa yang cenderung resmi. Lantas, bagaimana identifikasi bahasa dari surat pribadi ini? Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait identifikasi bahasa dari surat pribadi ini. Simak paparan di bawah.

     Struktur kalimatnya sederhana

Dalam pemilihan struktur kalimat saat hendak membuat surat pribadi, sebaiknya kamu menggunakan struktur kalimat yang sederhana. Berbeda dengan struktur kalimat surat resmi yang terkesan baku, pada surat pribadi kamu lebih bebas untuk berkreasi. Susunan kalimat dalam surat pribadi tergolong sederhana, seperti bagaimana jika nanti ketika liburan kita main ke pegunungan bersama?

     Pilihan kata yang komunikatif

Dalam beberapa contoh surat pribadi, bisa di lihat bahwa pilihan kata yang di gunakan adalah kata yang komunikatif. Hal ini bertujuan agar kedua belah pihak, baik yang mengirim atau menerima dapat menyampaikan isi surat dengan baik dan benar, seperti misalnya, nanti, kamu jangan lupa membalas suratku ya!

     Ragam bahasa yang akrab

Surat pribadi adalah surat yang bersifat personal. Oleh karena itu, ragam bahasa yang di gunakan adalah bahasa sehari-hari yang tentu saja akan membuat hubungan menjadi semakin akrab. Nah, kamu tidak perlu sungkan untuk menggunakan bahasa sehari-hari selagi bisa di mengerti, seperti gimana kabarmu sekarang? Wah, sombong, mentang-mentang sudah besar!

Contoh surat pribadi yang baik

Nah, untuk kamu yang ingin membuat surat pribadi, ada salah satu contoh surat yang bisa kamu lihat di bawah ini. Simak contoh surat tersebut dan lihatlah beragam unsur di dalamnya.

Surat Pribadi Untuk Sahabat

Yogyakarta, 01 Juli 2017

Teruntuk sahabatku, Nur

di Pekanbaru

Salam kangen,

Hai, Nur. Apa kabar? Lama tidak berjumpa denganmu. Senang rasanya jika surat ini bisa di terima dengan baik. Bagaimana kabarmu sekarang? Aku dan keluarga merasa sehat dan kuat. Semoga kamu beserta keluarga pun begitu.

Nur, berkenaan dengan surat ini, ku kabarkan bahwa aku akan segera menikah. Alhamdulillah, setelah menanti berapa lamanya, akhirnya ada seseorang yang datang ke rumah kemarin dan melamarku. Aku sangat senang. Akhirnya aku akan memiliki imam yang hendak membimbingku. Bila kau berkenan, dua minggu lagi aku akan melaksanakan akad. Datanglah. Aku akan menyambutmu.

Sudah dulu ya. Maaf bila mengganggu hari mu. Semoga kita masih di izinkan untuk bertemu. Balas suratku bila sempat.

Salam,

Linda

⇔ ⇔ ⇔ ⇔

Surat Pribadi Untuk Saudara (Adik)

⇔ ⇔ ⇔ ⇔

Surat Pribadi Untuk Teman (Sahabat)

⇔ ⇔ ⇔ ⇔

Surat Pribadi Untuk Guru

⇔ ⇔ ⇔ ⇔

Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Nah, dari salah satu contoh surat pribadi tersebut, kita dapat melihat beragam unsur di gunakan. Buatlah surat pribadi mu dan kirimkan ke orang terdekat!