6 Contoh Surat Pengunduran Diri – Resign Kerja Yg Sopan

6 Contoh Surat Pengunduran Diri – Resign Kerja Yg Sopan

Contoh surat pengunduran diri atau yang juga sering disebut dengan surat resign sebenarnya dilatarbelakangi oleh ragam alasan yang berbeda-beda dari setiap orang. Entah bagi yang ingin resign dari tempat kerja di perusahaan yang selama ini ia bernaung dibawahnya atau dari jabatan tertentu, dan bisa pula pengunduran diri dari sebuah keanggotaan dalam suatu organisasi yang selama ini di ikuti. Tentu saja bahasa yang digunakan wajib mengandung kata-kata yang baik dan sopan serta tidak mengakibatkan ketersinggungan pada yang menerima surat itu nantinya.

Seperti yang telah kami sampaikan diatas memang banyak alasan seseorang untuk resign dari kerja. Diantara itu ada beberapa alasan umum yang melatarbelakangi hal ini diantaranya dia tidak merasa berkembang diperusahaan yang lama dan demi kemampuan diri yang lebih baik, tentu resign adalah salah satu langkah yang bisa diambil. Alasan lain yang cukup banyak kita jumpai adalah adanya keinginan untuk berwirausaha (menjadi pengusaha) dan berlepas diri dari tempat kerja sebelumnya.Untuk alasan ini, tentu anda memang harus memikirkannya dengan sangat matang.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

  1. Contoh Surat Resign Kerja
  2. Contoh Surat Resign dari PT (Perusahaan)
  3. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan
  4. Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Sopan

Adanya prospek tawaran kerja yang lebih baik ditempat lain juga menjadi “argumen” yang sangat kuat untuk seseorang pada akhirnya mengundurkan diri diperusahaan terdahulu. Ini juga perlu adanya sebuah surat resign yang tepat jika memang ingin pindah tempat kerja. Dengan bahasa yang baik, biasanya tidak akan ada masalah untuk hal yang semacam ini. Yang selanjutnya, faktor resign adalah alasan keluarga, dimana biasanya untuk alasan yang satu ini cenderung banyak terjadi pada perempuan dimana mereka harus ikut suami atau mengasuh anak misalnya.

Ketika kita melihat adanya gelagat yang kurang baik pada sebuah perusahaan, bagi karyawan yang visinya jauh kedepan tentu tidak ingin menghabiskan waktunya bertahun-tahun bekerja disana. Lebih baik resign dan mencari tempat kerja yang jauh lebih menjanjikan buat masa depan. Soalan lain yang terkadang muncul dalam sebuah perusahaan yaitu adanya kebijakan baru yang membuat karyawan tidak nyaman, sehingga sangat memungkinkan sekali untuk pada akhirnya memutuskan mengundurkan diri.

Beberapa diatas adalah contoh alasan seseorang untuk resign. Memang sangat banyak alasan yang bisa di ungkapkan dan terkadang dari satu orang ke orang lainnya jauh sangat berbeda. Bisa saja si A memutuskan mundur dari tempat ia bekerja karena karirnya ditempat itu mengalami kemandekan, tidak ada peningkatan yang berarti sedangkan pengabdiannya telah bertahun-tahun. Alasan karyawan B bisa saja misalnya tentang perasaan yang mulai bosan dan mengalami kejenuhan hingga ujungnya ia memutuskan tidak lagi ingin bekerja disana.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Partai

Banyak, dan rasanya tidak bisa disebutkan satu persatu jika ingin dikupas mendalam. Yang pasti kami menampilkan contoh surat pengunduran diri atau surat resign ini dengan bahasa yang se-sopan mungkin sehingga tidak adanya konflik akibat keputusan ini. Masalah apakah akan adanya sesuatu yang baru di masa depan nanti, itu adalah langkah berikutnya yang tentu saja bisa dipikirkan beberapa episode kedepan. Yang pasti dalam membuat surat resign hendaklah adanya penggunaan kalimat yang tepat.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi OSIS

Memang dalam prakteknya ada beberapa kasus dimana surat pengunduran itu dibuat berdasarkan paksaan dari pihak perusahaan. Kita ambil sampel sederhana saja misalnya ada seorang karyawan yang sering sakit-sakitan dan karena penyakitnya itu mengakibatkan ia sering tidak masuk kerja dan bahkan pekerjaannya menjadi terlantar, tidak sesuai dengan target dan lain sebagainya. Tentu perusahaan yang berpandangan bahwa yang bersangkutan tidak lagi memiliki kemampuan bekerja yang layak terkadang mengambil sikap untuk meminta yang bersangkutan mengajukan surat resign. Dan terkadang hal ini menjadi masalah ketika si karyawan merasa masih bisa bekerja dengan baik. Jika mengalami kebuntuan, bisa saja hal ini berakhir di pengadilan dan nanti hakimlah yang akan memutuskan.

Sebagai tambahan informasi silahkan baca petikan dibawah ini

Batasan surat pengunduran diri yang diatur dalam Pasal 162 UU No. 13 Tahun 2003 yaitu :

(1) Pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri, memperoleh uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4).

(2) Bagi pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri, yang tugas dan fungsinya tidak me-wakili kepentingan pengusaha secara langsung, selain menerima uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4) diberikan uang pisah yang besarnya dan pelaksanaannya diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama.

(3) Pekerja/buruh yang mengundurkan diri sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) harus memenuhi syarat :

a. mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri;

b. tidak terikat dalam ikatan dinas; dan

c. tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.

(4) Pemutusan hubungan kerja dengan alasan pengunduran diri atas kemauan sendiri dilakukan tanpa pene-tapan lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

(sumber: gagasanhukum.wordpress.com)

Demikian yang kami sampaikan perihal contoh surat pengunduran diri / resign yang tepat, benar, baik dan sopan sesuai dengan etika kepatutan dan norma tata krama di negeri ini. Hal lain yang terkait dengan artikel ini jika diperlukan kemudian hari tentu akan kami lengkapi dengan yang lebih baik dan tentu saja akan kami sajikan dengan kalimat terbaik dan pasti akan menjadikannya lebih lengkap dan berdaya manfaat bagi pembaca website 3zebras.com. Terima kasih atas kesetiaannya!