7 Contoh Resensi Buku (Fiksi – Non Fiksi) Lengkap

Contoh resensi buku akan memberikan banyak pengetahuan mengenai resensi yang bertujuan menambah pengetahuan teman-teman semuanya mulai dari buku fiksi (novel, dongeng, cerpen) dan non fiksi (karya ilmiah maupun lainnya) kami lengkapi hari ini. Resensi buku merupakan salah satu hal yang biasa kita jumpai dalam masalah akademik. Nah, namun apakah anda sudah tahu apa itu resensi buku? Menurut sejarahya, resensi berasal dari bahasa latin ‘revidere’ atau ‘recensere’ yang berarti menimbang, melihat, dan menilai kembali. Di ambil dari asal katanya, resensi buku adalah hal yang di lakukan untuk memberikan pertimbangan pada seseorang mengenai sebuah buku agar ia menjadi tertarik dan memahami isi dari buku tersebut. Nah, dalam kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal penting terkait resensi dan juga contoh resensi buku yang bisa anda jadikan pedoman. Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Tujuan Resensi

Sebagaimana di jelaskan di awal bahwa resensi berfungsi untuk memberikan pandangan dan juga pertimbangan kepada pembaca terhadap salah satu buku. Nah, namun resensi juga memberikan beberapa tujuan lain yang sekiranya penting untuk di ketahui. Adapun beberapa tujuan dari resensi adalah:

  • membantu pembaca untuk mengetahui gambaran atau penilaian buku secara umum
  • mengetahui latar belakang dan juga alasan dari penerbitan sebuah buku
  • menguji kualitas dari buku tersebut serta membuat semacam perbandingan dengan buku lain yang memiliki tema sama atau sama penulis
  • memberikan masukan kepada penulis buku berupa saran atau kritik yang membangun terhadap isi buku, cara penulisan dan hal lainnya

Unsur Dalam Resensi

Sebelum membuat resensi buku, tentu saja anda harus mengetahui unsur apa saja yang ada di dalam resensi tersebut. Nah, ada beberapa unsur atau poin penting dari sebuah resensi yang tentu saja akan membuat hasil resensi yang kita buat menjadi lebih mudah di terima oleh pembaca. Ada beberapa hal yang harus ada di dalam sebuah resensi, seperti:

  • Identitas buku

Hal pertama yang harus ada adalah identitas buku. Dalam resensi, ini sangat penting untuk di cantumkan. Jika buku yang anda resensi adalah buku terjemahan, maka sebaiknya anda menuliskan judul asli dari buku tersebut. Demikian juga pengarang. Jangan sampai lupa untuk menuliskan siapa pengarangnya.

  • Judul resensi

Judul resensi juga harus ada. Judul ini tentu saja harus memiliki keselarasan dengan judul buku yang akan anda resensi. Usahakan judul mengandung sedikit banyak unsur seni yang akan membuat pembaca menjadi tertarik dengan resensi yang anda buat.

  • Data buku

Sebagaimana di jelaskan di awal, resensi adalah salah satu cara untuk memberi informasi terhadap buku. Oleh karena itu, dalam resensi harus menyertakan data buku secara lengkap. Adapun data buku yang harus ada adalah: judul buku; pengarang; penerbit; tahun terbit dan cetakan; dimensi buku; dan harga buku.

  • Ikhtisar atau isi resensi buku

Poin selanjutnya adalah inti dari resensi itu sendiri, yakni ikhtisar atau isi resensi. Ini adalah bentuk singkat sebuah karangan yang menjelaskan secara global isi buku tersebut.

  • Kelebihan dan kekurangan buku

Penulis resensi harus menyertakan kelebihan dan kekurangan buku. Hal ini akan di gunakan sebagai bahan pertimbangan dari pembaca untuk membeli atau tidak buku yang anda resensi tadi.

  • Penutup

Pada bagian penutup, dalam beragam contoh resensi buku biasanya berisi tentang alasan tentang penulisan buku tersebut, tujuan dari penulisan, serta kritik dan saran kepada pribadi penulis buku.

Cara Membuat Resensi Yang Baik

Setelah memahami beberapa unsur dari resensi buku, kita tentu dapat menyimpulkan bahwa resensi bukanlah suatu hal yang bebas. Ya, ada beberapa aturan yang mengikutinya. Berikut, kita juga akan membahas cara membuat resensi yang baik agar anda bisa membuat resensi dengan lebih mudah.

  • Menentukan buku

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan buku apa yang hendak anda resensi. Hal ini tentu saja merupakan dasar yang sangat penting untuk anda lakukan. Pilihlah buku yang sekiranya menarik dan di minati oleh pembaca, seperti roman, novel, biografi atau yang lainnya.

  • mencatat anatomi buku

Setelah menentukan jenis buku, maka catatlah anatomi buku. Anatomi buku adalah segala hal yang berhubungan dengan buku, seperti jenis buku, nama pengarang buku, penerbit, tahun terbit, tahun cetak, halaman buku, jenis kertas, dimensi dari buku, dan juga harga dari buku. Catat pula hal lain, seperti format buku, jenis huruf yang di gunakan, dan lainnya.

  • membaca buku dengan teliti

Untuk membuat resensi yang baik, tentu saja anda harus menguasai isi dari buku tersebut. Nah, dalam hal ini tidak ada cara lain selain membaca buku dengan teliti. Oleh karena itu, sebelum membuat resensi, maka bacalah buku dengan teliti beberapa kali hingga mendapatkan poin demi poin dengan matang.

  • membuat ikhtisar dari buku

Ikhtisar sudah di bahas sebelumnya. Membuat ikhtisar bertujuan untuk menulis kembali gagasan yang di dapatkan dari proses pembacaan buku tersebut.

  • menulis isi resensi

Setelah mencatat segala pokok buku dalam ikhtisar, maka selanjutnya adalah anda membuat isi dari resensi. Nah, isi resensi tertentu saja mencakup beragam hal terkait isi dari buku tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan, yaitu:

–     membuat informasi umum terkait buku yang di resensi

–     menentukan judul resensi

–     membuat ringkasan

–     memberikan penilaian buku

–     memberi perhatian khusus dari sisi lain buku

–     mengulas manfaat buku untuk pembaca

–     menilai kelangkapan karya, EYD, dan lainnya

     kesimpulan

Setelah membuat isi dari resensi, simpulkanlah resensi yang anda buat. Berikan saran, kritik dan rekomendasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi pembaca.

Contoh Resensi Buku Fiksi dan Non-Fiksi

Beberapa penjelasan di atas merupakan teori dan cara membuat resensi yang baik. Nah, sekarang, kita akan menampilkan salah satu contoh resensi buku yang sekiranya bisa di jadikan sebuah pedoman bagi anda yang hendak membuat sebuah resensi buku yang benar dan baik.

  1. Contoh resensi Buku Non Fiksi:

Pengantar Filsafat Pendidikan

Identitas buku

Judul buku          : Pengantar Filsafat Pendidikan

Penulis                 : Drs.Handy Maulana, M.Pd

Penerbit              : Alfabeta, CV

Cetakan               : Kedua

Tebal buku          : 189 halaman

Tahun terbit       : 2005

Ikhtisar

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan pendidikan, manusia mampu menerjemahkan apa yang di dapat indera menjadi sebuah pengetahuan yang baru. Cakupan dari pendidikan ini sangat luas, baik dari dalam maupun luar.

Banyak jalan untuk mendapatkan pendidikan, baik secara akademik ataupun empirik yang berdasar pada pengalaman yang di alami oleh masing-masing individu, juga dengan perenungan personal. Dengan begitu, pendidikan akan menjadi suatu yang kompleks. Perenungan yang di lakukan akan menghasilkan gagasan yang tentu saja akan menghasilkan sebuah teori yang akan mendasari praktek dari pendidikan tersebut.

Kelebihan buku

Buku tentang filsafat pendidikan ini merupakan buku yang cerdas karena mampu memberikan informasi yang lengkap mengenai sumber nilai dan bagaimana cara seseorang memperoleh nilai tersebut. Selain itu, buku tersebut menegaskan sekali lagi fungsi pendidikan dalam harkat hidup manusia dan menekankan bahwa pendidikan tidak bisa di pisahkan dari makna serta nilai kehidupan.

Kekurangan buku

Buku ini sengaja/tidak kurang tepat untuk pembaca pemula. Meskipun buku ini bertajuk pengantar, namun bahasa yang di gunakan terlalu tinggi dan susah di mengerti. Perlu menggunakan kamus atau buku lain untuk memahami istilah yang ada di dalamnya.

®

2. Contoh Resensi Buku Non Fiksi

3. Resensi Buku Novel (Fiksi)

 

4. Resensi Buku Non Fiksi

 

5. Contoh Resensi Buku Novel (Fiksi)

6. Contoh Resensi Buku Novel (Fiksi)

 

7. Contoh Resensi Buku Non-Fiksi

8. Contoh Resensi Buku Novel (Fiksi)

Nah, dari contoh resensi buku diatas anda bisa belajar banyak. Ayo, segera buat resensi buku pertamamu!