23 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Paling Inspiratif

23 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Paling Inspiratif

Contoh iklan layanan masyarakat ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi anda sebagai pengguna atau yang ingin mendapatkan ide terbaik dalam membuat sebuah iklan untuk mengkampanyekan sesuatu. Biasanya iklan jenis ini lebih tersegmentasi untuk menyadarkan sekelompok atau sejumlah besar masyarakat luas tentang sebuah isu yang disajikan. Dalam penyajiannya, iklan jenis ini sering kali kita temukan simbol-simbol yang penuh dengan bahasa sarkasme, sindiran. Sehingga mampu merengkuh bagian emosi orang yang melihatnya.

Ketergugahan inilah yang menjadi poin penting dalam kampanye iklan layanan masyarakat. Iklan adalah bagian promosi yang sangat penting untuk diperhatikan tiap detailnya. Bahkan bisa dikatakan, iklan adalah seni. Seni untuk mempromosikan sebuah ide, barang, jasa dan perihal lainnya agar lebih dikenal luas. Dalam iklan komersial biasanya tujuan akhirnya adalah membuat produk yang ditawarkan menjadi lebih dikenal luas dan produk tersebut menjadi banyak dibeli oleh masyarakat luas.

Untuk iklan komersial, biasanya pihak pengusaha atau pemilik usaha menggunakan teknik ini untuk memperluas marketnya atau memperkenalkan produk terbarunya. Biaya yang dikeluarkan bukan sedikit, namun tentu saja hal tersebut sebanding dengan apa yang akan mereka peroleh. Untuk iklan dengan bentuk video tentu akan menarik minat lebih banyak karena adanya tampilan visual yang tentu lebih menarik dibandingkan dengan gambar atau tulisan saja.

Namun seringkali kita, entah itu saat dijalanan atau melihat dimedia lainnya. Kita menjumpai iklan layanan masyarakat yang membuat kita tersenyum, miris bahkan merasa prihatin sesudah melihat iklan itu. Ketika kita merasa tergugah, atau ada bagian emosi kita yang tersentuh, entah itu dengan bagian emosi yang menyenangkan semisal tersenyum atau kita merasa sedih sesudah melihat iklan tsb, itu berarti bisa dikatakan iklan yang dibuat cukup berhasil dan memiliki daya tarik yang bagus.

Inilah pentingnya membuat sebuah iklan, karena keberhasilan sebuah iklan erat kaitannya dengan kemampuan dalam mengolah, menampilkan, dan membuat sebuah paduan yang unik, berkesan dan memberi pesan yang tepat. Khusus untuk iklan layanan masyarakat, biasanya cenderung mengedepankan pesan dengan tema tertentu yang berpengaruh besar bagi banyak orang. Contoh iklan layanan masyarakat yang sering kita jumpai misalnya: Iklan tentang menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, iklan tentang kebakaran hutan, iklan tentang bahaya merokok, iklan tentang bahaya narkobah, dan sebagainya.

Beda iklan layanan masyarakat dengan iklan komersial yaitu: kalau iklan layanan masyarakat lebih cenderung mengangkat sebuah tema yang berkenaan dengan kepentingan umum atau yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat secara lebih luas, sedangankan iklan komersial biasanya lebih cenderung mempromosikan keunggulan dan kelebihan produknya dengan tujuan laba sebesar-besarnya bagi pemilik usaha itu sendiri. Sedangkan tujuan iklan layananan masyarakat, seperti yang telah kami singgung diatas, lebih kepada menggugah kesadaran masyarakat akan isu-isu tertentu sesuai dengan materi iklannya.

Dibawah ini kami akan memberikan beberapa contoh iklan layanan masyarakat yang mungkin bisa menginspirasi teman-teman semuanya.

Iklan tentang pentingnya Keluarga Berencana

Tema iklan tentang pentingnya pendidikan

Stop Kekerasan pada wanita

Iklan patuhi rambu lalu lintas

Jangan Menggunakan Hape Saat Berkendara

Stop Kekerasan

Iklan Bahaya Rok0k

Pentingnya Menjaga Lingkungan Dan Efek Global Warming

Pelestarian Alam, Pentingnya Menjaga Hutan

Tentang Penyakit Menular

Bahaya Asbes

Narkob@ Membunuhmu

Generasi Peduli Pajak

Kekerasan Pada Anak

Anti Miras

Kampanye Peduli Pangan

Pencemaran Udara

Kampanye Anti Korupsi

Kampanye Hemat Listrik

Beberapa materi iklan diatas memang sangat populer dan umum kita jumpai, entah yang ada di bilboard pinggir jalan atau yang ada di televisi dan tentu saja kita harus menangkapnya sebagai pesan positif. Demikian beberapa yang bisa kami sampaikan. Semoga contoh iklan layanan masyarakat diatas bisa dijadikan sebagai sebuah materi baru dalam mencari ide yang lebih terfokus dan mampu membuat yang lebih baik dari apa yang kami sampaikan diatas. Semoga berguna.