10 Contoh Cerpen Bahasa Inggris + Cara Membuatnya Secara Mudah

10 Contoh Cerpen Bahasa Inggris + Cara Membuatnya Secara Mudah

Beberapa contoh cerpen bahasa inggris untuk story telling tentang persahabatan, tentang binatang, tentang liburan untuk anak-anak dsb lengkapnya disini. Apakah kamu termasuk orang yang suka menulis? Ya, menulis sebenarnya merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Dengan menulis, maka kamu bisa mengekspresikan ide, perasaan dan pendapat yang ada di dalam jiwa kamu dengan baik dan positif. Selain itu, melalui tulisan, kamu juga bisa memprotes sesuatu, seperti hal yang terjadi di kalangan masyarakat. Salah satu bentuk tulisan yang biasanya di pilih adalah cerpen atau cerita pendek. Pada kesempatan ini, kita akan membahas hal-hal berkaitan dengan cerpen bahasa Inggris. Sudah siap?

Seperti namanya, dalam membuat cerpen ini, tentu saja kamu harus menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa penyampaiannya. Nah, hal inilah yang terkadang membuat seseorang merasa susah untuk membuatnya. Kamu tidak perlu khawatir karena membuat cerpen dengan bahasa Inggris secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu, khususnya dalam writing skill. Tentu saja, kamu tetap perlu belajar tentang tata bahasa Inggris agar cerpen yang kamu buat bisa di baca dengan baik oleh pembaca. Selain itu, perkaya kosakata bahasa Inggris untuk mengungakapkan ide dan pendapat kamu melalui cerpen dengan lebih baik dan menarik.

Tips membuat cerpen berbahasa Inggris

Sebelum membuat cerpen berbahasa Inggris, ada beberapa tips yang harus kamu pahami. Tips ini tentu saja akan membantu kamu untuk membuat cerpen yang berkualitas, mudah di baca dan juga sarat dengan amanat atau isi yang bisa memberikan pengetahuan yang baru bagi pembaca. Apa saja tips yang harus di siapkan dalam pembuatan cerpen ini? Ada beberapa tips yang harus kamu ketahui, seperti:

     Memahami kosakata

Sebagaimana sudah di bahas di awal bahwa salah satu hal terpenting saat kamu hendak membuat cerita pendek bahasa Inggris adalah memahami kosakata bahasa Inggris sendiri. Hal ini tentu saja penting karena penguasaan kosakata akan sangat mempengaruhi hasil dari cerpen yang kamu buat. Meskipun kamu memiliki keterbatasan kosakata bahasa Inggris, namun kreatif lah dalam menggabungkan beberapa kosakata tersebut. Kemampuan mengolah kosakata inilah yang nantinya akan membawamu menjadi penulis cerpen yang handal.

     Mengetahui unsur cerpen

Sama seperti cerpen berbahasa Indonesia, saat hendak membuat cerpen bahasa Inggris, tentu saja kamu harus memahami beberapa unsur di dalam cerpen. Unsur inilah yang akan membantu kamu untuk membuat cerpen sebagaimana yang kamu inginkan. Dengan beberapa unsur tersebut, tentu saja cerpen yang kamu buat dapat menjadi cerpen yang sempurna. Nah, secara umum, unsur membuat cerpen di bedakan menjadi dua, yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

  1. Unsur intrinsik

Unsur pertama dalam cerpen adalah unsur intrinsik. Menurut pengertian, unsur intrinsic di sebut juga unsur-unsur yang membangun cerpen dari dalam. Jika di ibaratkan sebagai bangunan, unsur intrinsik adalah komponen dari bangunan tersebut. Lack dalam unsur ini akan membuat cerpen menjadi tidak berbobot dan juga gagal.

Ada beberapa unsur intrinsic dalam cerpen yang sebaiknya kamu ketahui, seperti:

–     Tema

Unsur intrinsic yang pertama adalah tema. Tema adalah nyawa dari cerpen yang hendak kamu buat. Ini adalah gagasan mendasar yang akan membangun cerita dari idea yang kamu miliki. Tema memiliki sifat umum dan dapat di ambil dari tema sekitar, tergantung maksud dari cerita yang hendak kamu bangun.

–     Tokoh dan penokohan

Unsur kedua adalah tokoh (character) dan penokohan (characterization). Untuk tokoh, kamu bisa menentukan siapa saja tokoh yang akan bermain di dalam cerpen yang sedang kamu buat, misalnya seperti John, Michael, atau lainnya. Sedang penokohan atau characterization adalah watak dari tokoh tersebut. Nah, penokohan ini di bagi menjadi beberapa pilihan, yaitu tokoh protagonist atau pemeran utama dalam cerita, tokoh antagonis atau lawan dari tokoh utama (biasanya berlawanan sifat), tritagonis atau tokoh penengah, dan figuran atau tokoh tambahan.

–     Alur

Alur termasuk unsur yang sangat penting di dalam cerpen. Alur harus ada di dalam cerpen karena ini akan menentukan jalannya cerita dalam cerpen yang hendak kamu buat. Ada beberapa tahapan alur yang harus ada dalam sebuah cerita, seperti pengenalan, penanjakan, klimaks, anti klimaks, dan tahap penyelesaian. Selain itu, alur secara umum di bagi menjadi beberapa tipe, yakni alur maju, mundur, dan campuran.

–     Setting

Setting adalah tambahan informasi di dalam cerita. Setting di bagi menjadi beberapa hal, seperti setting tempat, waktu, dan suasana.

–     Sudut pandang

Sudut pandang sering juga di sebut sebagai strategi penyampaian cerita dari penulis. Nah, oleh karena itu, kamu sebaiknya memahami tentang detail dari sudut pandang ini. Sudut pandang di bagi menjadi beberapa hal, yakni sudut pandang pertama, kedua, serta ketiga.

–     Gaya bahasa

Gaya bahasa berhubungan dengan diksi. Sebagaimana sudah di bahas sebelumnya, pengolahan bahasa akan mempengaruhi hasil dari cerpen bahasa Inggris yang hendak kamu buat.

  1. Unsur ekstrinsik

Unsur kedua adalah unsur ekstrinsik atau beberapa unsur yang terdapat di luar cerita. Nah, unsur ini merupakan pendukung dari cerpen berbahasa Inggris yang kamu buat. Adapun beberapa unsur ini adalah latar belakang masyarakat, latar belakang penulis, dan juga amanat dari cerita. Ketiga unsur ini memang tidak wajib, hanya saja akan membuat cerita terlihat lebih nyata dan menarik.

Contoh cerita pendek berbahasa Inggris

Setelah memahami beberapa teori terkait membuat cerita pendek berbahasa Inggris, mari kita simak contoh singkat cerpen tersebut di bawah ini.

I know her as the most beautiful woman around my home. She is always charming in her appearance. Every day, she wears good cloth with the great color. When I see her appearance near my home, my feeling is flying like a bird in the sunset. However, I just keep it inside my heart.

I just imagine there is a way to know who her name is. It will be good for me because I could write her name down inside my dream. I will call her every night and I will make a good story with her.

⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔

⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔

⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔

⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔

⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔

⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔

⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔

⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔

⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔⇔

Beberapa sampel di atas adalah contoh dari cerita pendek bahasa inggris. Memang, cerita tersebut mungkin belum lengkap karena hanya sebatas beberapa tema saja. Namun, dari contoh cerpen bahasa Inggris di atas, kita dapat melihat beberapa unsur yang di gunakan. Cerpen tersebut menggunakan sudut pandang orang pertama dengan penggunaan subjek I. Selain itu, alur cerita tersebut maju serta latar tempat adalah berada di sekeliling rumahnya. Hal lain yang dapat di ambil adalah karakter dari tokoh I tersebut termasuk melankolis. Nah, dalam pembuatan cerpen, tentu saja kamu harus menggunakan beragam unsur yang sudah di bahas di atas demi tercapainya sebuah ide atau gagasan melalui cerita yang bisa menginspirasi pembaca dan juga banyak orang lain diluar sana.