Buah Buahan : Khasiat dan Manfaat

 Edukasi

ragam-buah-buahanBuah Buahan mengandung banyak manfaat dan fungsi yang baik bagi tubuh. Ibu hamil adalah orang paling hati-hati dalam memilih makanan. Adanya jabang bayi yang ada dalam perut lah yang harus menjadi bahan pertimbangan seorang ibu dalam mengonsumsi sesuatu. Karena tidak semua makanan itu baik untuk seorang ibu yang sedang mengandung. Lebih selektif dan protektif adalah sifat yang wajib dimiliki oleh seorang wanita yang sedang hamil. Karena apa yang dikonsumsi biasanya secara tidak langsung akan berpengaruh pada keadaan sang calon bayi. Ketika berada dalam perut sang jabang bayi akan mengonsumsi makanan yang sama dengan apa yang ibunya makan. Makanan itu bisa dikonsumsi sang jabang bayi melalui plasenta. Jadi, penting memang bagi seorang calon ibu dalam menjaga pola makan baik itu buah-buahan ataupun sayuran. Hal itu dilakukan demi kesehatan dan kebaikan sang jabang bayi pula.

Dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, sang ibu memang dituntut harus pilih-pilih. Setiap makanan memiliki pengaruh yang berbeda bagi kesehatan sang jabang bayi. Ada yang baik bagi kebutuhan sang calon bayi dan sebaliknya ada pula yang membahayakan. Jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika kita hamil diantaranya yaitu brokoli, bayam, paprika merah, kacang-kacangan, telur, yoghurt dan wortel. Untuk jenis buah-buahan ternyata juga tidak semuanya baik bagi sang jabang bayi. Ada beberapa buah-buahan yang bisa tergolong membahayakan kesehatan dan keberadaan sang jabang bayi. Jenis buah yang seperti ini biasa digunakan untuk menggugurkan calon bayi oleh para orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Adapun jenis buah-buahannya sebagi berikut :
buah buahan

· Nanas Muda : Yang dapat menggugurkan kehamilan adalah jenis nanas yang masih muda. Karena pada nanas ini terdapat kandungan enzim bromelin yang sifatnya panas sehingga dapat melemahkan keadaan sang calon bayi. Untuk para ibu hamil yang biasanya ngidam rujak manis sebaiknya menghindari memakan buah nanasnya jika tidak mau calon bayinya celaka.

· Pepaya Muda : Pepaya muda ini ternyata juga dapat mengugurkan kandugan. Tapi pepaya yang tidak melalui proses permasakan terlebih dahulu. Adanya kandungan enzim papain yang tinggi itulah yang menyebabkan papaya dapat menggugurkan kandung. Biasanya orang yang ingin menggurkan kandungan mengonsumsi pepaya muda ini dengan cara meminum air perasan dari parutan pepaya muda.

· Durian: Kandungan alkohol dan asam arachidonat pada durian yang menyebabkan keguguran. Apalagi jika kita mengonsumsinya durian dalam jumlah yang cukup tinggi. Maka dari itu bagi para calon ibu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi durian ketika hamil.

Selain buah-buahan yang membahayakan bagi tubuh, tentunya terdapat buah-buahan yang baik bagi kesehatan sang bayi. Jenis buah yang termasuk ke dalam buah yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah :

· Alpukat : Kandungan asam folat pada alpukat inilah yang dibutuhkan oleh ibu hamil

· Mangga : Kandungan vitamin A dan C pada mangga selain dapat memperlancar pencernaan ternyata juga baik untuk wanita yang sedang mengandung

· Jeruk Nipis/Lemon : Selain dapat membersihkan tubuh dari racun-racun karana sifat buah ini sebagai detoksifikasi ini ternyata berguna juga dala memperlancar pencernaan, mual-mual , mual-mual serta morning sickness ketika masa kehamilan.

· Berries : Kandungan antioksidannya dapat membantu para ibu hamil dalam melakukan proses diet harian.

· Pisang : untuk mengatasi masalah sembelit yang sering melanda para wanita ketika memasuki masa kehamilan

· Apel Merah : Kandungan quercetin pada apel merah ini ternyata ampuh untuk mengatasi stress dan depresi yang seringkali menyerang ibu hamil.

Itulah jenis buah-buahan yang tepat dikonsumsi bagi ibu hamil. Diperlukan sikap selektif dan protektif ketika akan mengonsumsi sesuatu bagi ibu yang sedang hamil.

Related Posts