20 Sifat Wajib Bagi Allah & 20 Sifat Mustahil Allah, Lengkap

20 Sifat Wajib Bagi Allah & 20 Sifat Mustahil Allah, Lengkap

20 sifat wajib bagi Allah tentu juga di iringi dengan sifat mustahil bagi Allah yang kami kupas lebih dalam bisa segera diketahui dibawah ini. Allah memiliki sifat wajib yang harus diketahui oleh umat muslim. Manusia bisa mengambil pelajaran dari sifat wajib Allah dan membuat manusia lebih mengenali Allah melalui sifat wajib Allah. Allah adalah tuhan semesta alam yang tidak ada celah yang bisa mengalahkannya. Semakin banyak kita memahami mengenai sifat Allah maka akan semakin banyak pelajaran yang akan kita dapatkan. Menjadi umat muslim haruslah memiliki ilmu. Oleh karena itu, Allah memberikan pahala yang sangat besar bahkan seperti pahala orang yang berjihad bagi orang yang senang menuntut ilmu. Ilmu bisa di dapatkan dari mana saja bahkan dari setiap kejadian yang kita alami ada ilmu Allah yang bisa di ambil.

Menjadi hamba Allah adalah sebuah keberuntungan yang sangat besar karena tanda kekuasaan Allah sangat sulit dibantah oleh siapa saja. Dosa yang tidak bisa diampuni adalah dosa menyekutukan Allah setelah Allah memberikan petunjuk. Al quran adalah pedoman hidup manusia. Jika manusia dekat dengan Allah, dekat dengan al quran serta selalu mencintai rasul maka kehidupan yang dijalani akan terasa semakin mudah. Agama dalam bahasa lain bisa diartikan sebagai agama atau pegangan. Pegangan yang kuat akan menjadikan seseorang tidak mudah terseret arus zaman yang semakin membahayakan iman.

Dengan mengetahui sifat wajib Allah, kita akan semakin yakin dengan agama serta semakin banyak informasi yang didapatkan. Siapapun baik anak anak hingga orang tua, belajar adalah sebuah keharusan. Setelah anda mengetahui suatu ilmu maka selanjutnya anda bisa membagikannya kepada anak, saudara, teman atau kepada siapa saja, karena Allah memerintahkan manusia untuk menyampaikan ilmu. Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang disebarluaskan dengan niat yang baik. Meskipun hanya satu ayat, jika disampaikan dengan sungguh sungguh dan dengan hati yang bersih maka akan lebih mudah masuk kepada hati seseorang. Berikut ini sifat Allah yang bisa menjadikan kita semakin mencintainya dan semakin yakin bahwa apapun yang Allah ciptakan dan kehendaki benar benar terjadi.

  1. Wujud

Allah itu wujud yakni ada. Jika Allah tidak ada maka tidak akan ada kita manusia, tidak ada bintang bulan dan tidak ada alam semesta ini. Bukti bawa Allah ada adalah adanya kita. Karena segala sesuatu itu ada yang menciptakan. Apapun yang diciptakan oleh Allah disebut sebagai makhluk. Sedangkan Allah adalah sang pencipta atau sang khalik dan bukan makhluk melainkan dzat yang maha agung. Allah ada namun gaib sehingga mata manusia tidak akan bisa melihatnya. Hanya orang pilihan Allah yang pernah bertemu langsung dengan Allah seperti para nabi dan rasul.

  1. Qidam

Allah memiliki sifat qidam yang berarti awal. Segala sesuatu memiliki awal dan memiliki ujung. Allah yang maha pencipta adalah awal dari segala keberadaan makhluk. Alam semesta di ciptakan oleh Allah sehingga begitu tertata dengan baik. Peristiwa yang terjadi di alam semesta ini tentu ada yang menciptakan dan yang menciptakan semuanya adalah Allah.

  1. Baqa

Allah adalah kekal atau baqa. Allah yang maha menciptakan tentu akan kekal selamanya. Jika Allah tidak kekal maka tidak akan ada yang mengurus alam semesta sehingga akan terjadi kehancuran. Bahkan daun yang gugur ada yang mengaturnya. Hingga hari kiamat dan hingga tak terhingga Allah akan selalu ada dan menjaga mahkluknya baik di dunia ataupun hingga zaman akhirat.

  1. Mukholafatu lil hawadisi

Allah adalah dzat yang berbeda dengan makhluk. Dia adalah pencipta dan tidak ada yang menyamainya. Bahkan tiada sekutu bagi Allah. Bisa dibayangkan jika tuhan itu ada dua atau lebih, alam semesta ini tentu akan hancur karena terdapat kekuatan yang berbeda. Namun Allah adalah satu dan yang maha segalanya sehingga tidak ada yang berhak dan tidak ada yang mampu menyamainya.

  1. Qiyamuhu bi nafsihi

Sifat wajib dari Allah yang selanjutnya adalah qiyamuhu bi nafsihi yang berartiberdiri sendiri, bahkan sebelum ada alam semesta Allah sudah ada. Zat yang maha agung dengan kekuatan yang tidak terbatas dan mampu mengatur seluruh alam dengan sangat mudah. Allah menciptakan banyak hal hingga kita tidak bisa menghitung apa yang telah Allah ciptakan dengan segala kesempurnaan. Hanya dengan menyebut qun faya kun maka Allah menjadikan sesuatu terjadi sesuai dengan kehendaknya.

  1. Wahdaniyah

Allah bersifat wahdaniayah atau satu. Tidak ada sekutu bagi Allah. Allah tidak beranak dan tidak diperankan. Allahlah yang menciptakan segala sesuatu sendiri tanpa memerlukan bantuan siapapun. Alam semesta yang begitu luar biasa luas tak terhingga ini adalah ciptaan Allah yang maha esa tanpa ada sekutu baginya.

  1. Qudrat

Allah memiliki sifat qudrat yang maha kuasa. Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini semua adalah ketentuan Allah.Daun yang jatuh dan hal sekecil apapun Allah telah mengaturnya sehingga kita sebagai manusia harus mengimani sifat wajib Allah yang satu ini agar lebih tenang dalam menjalani hidup karena semua sudah ada yang mengatur.

  1. Irodat

Sifat wajib Allahyang selanjutnya adalah irodat yang berarti maha berkehendak. Allah memiliki sifat yang maha berkehendak sehingga ketika Allah sudah berkehendak tidak akan ada yang menghalanginya. Manusia bisa berusaha namun untuk hasilnya semuanya harus dikembalikan kepada Allah dengan rasa yakin dan selalu berkhusnuzon kepada Allah karena Allah sesuai dengan prasangka hambanya.

  1. Ilmu

Sifat Allah yang juga harus kita imani adalah ilmu yang berarti mengetahui. Apapun yang ada di langit atau di bumi, Allah mengetahui segalanya. Allah juga memberikan ilmu kepada makhluknya. Jika ilmu Allah dituliskan dengan buku maka tinta sebanyak air laut yang ada di bumi tidak akan cukup untuk menuliskan ilmu Allah. Kita manusia hanya mengetahui sedikit dari ilmu Allah jadi tidak baik kita sebagai manusia bersifat sombong dengan alasan apapun.

  1. Hayat

Sifat wajib Allah lainnya yang juga harus kita imani adalah hayat yang berarti hidup. Allah maha hidup dan tidak akan pernah mati. Kita harus percaya bahwa Allah akan selalu ada sampai kapanpun. Allah memiliki banyak makhluk yang harus dijaga dan diatur. Jika Allah tidak ada maka tidak akan ada makhluk di alam semesta ini. Meyakini akan sifat sifat Allah adalah keharusan. Semakin kita belajar mengenai ilmu Allah maka akan semakin mudah kita untuk membaca keadaan yang Allah takdirkan kepada makhluknya. Sifat wajib yang lainnya tentu masih ada banyak karena sifat wajib yang dimiliki Allah ada 20.

Sifat Allah yang selanjutnya adalah sama’ yang berarti mendengar, basor yang artinya melihat, kalam dengan arti berfirman, kodiron dengan arti maha kuasa, muridan yang memiliki makna maha berkehendak, aliman artinya maka mengetahui, hayan dengan arti yang maha hidup, sami’an yakni maha mendengar, basiron yang artinya maha melihat dan yang terakhir adalah mutakaliman dengan arti maha berkata kata. Sifat wajib bagi Allah yang telah disebutkan di atas memang sebaiknya diimani dan diresapi sehingga umat islam bukan hanya beriman saja namun juga bertaqwa kepada Allah.